Tumbuhan Langka di Indonesia dan Dunia

Diposting pada

Tumbuhan Langka di Indoneisa dan Dunia

Spesies tanaman ada yang dapat tumbuh di bawah berbagai kondisi dan tempat yang berbeda-beda, tapi ada pula yang hanya dapat tumbuh di tempat-tempat khusus atau tidak biasa. Di beberapa pengertian cagar alam hanya spesies umum yang dapat ditemukan, sementara di beberapa daerah, seseorang mungkin menemukan spesies tanaman langka.

Pada dasarnya kelangkaan tidak hanya terjadi pada tumbuhan saja, tapi spesies hewan juga dapat mengalami kelangkaan. Kelangkaan pada spesies tertentu yang diwakili oleh sejumlah kecil organisme di seluruh dunia, biasanya kurang dari 10.000. Hampir 75% spesies yang diketahui dapat diklasifikasikan sebagai “langka”. Baik di Indonesia maupun di dunia terdapat spesies tumbuhan langka. Artikel ini akan mengulas tentang macam-macam tumbuhan langka yang ada di Indoensia dan dunia.

Tumbuhan Langka

Spesies langka adalah sekelompok organisme yang sangat jarang, langka, atau jarang ditemui. Penetapan ini dapat diterapkan pada takson tanaman atau hewan, dan berbeda dari istilah yang terancam atau terancam punah. Penunjukan spesies langka dapat dilakukan oleh badan resmi, seperti pemerintah nasional, negara bagian, atau provinsi.

Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam menggunakan istilah “langka” sebagai sebutan untuk spesies yang ditemukan di lokasi geografis yang terisolasi. Mereka tidak terancam tetapi diklasifikasikan sebagai “berisiko”.

Suatu spesies mungkin terancam punah atau rentan, tetapi tidak dianggap langka jika memiliki populasi yang besar dan tersebar. Spesies langka umumnya dianggap terancam karena ukuran populasi yang kecil lebih mungkin untuk tidak pulih dari bencana ekologi.

Pengertian Tumbuhan Langka

Tanaman dikatakan langka karena total populasi spesies yang hanya beberapa individu, atau dibatasi untuk rentang geografis yang sempit, atau keduanya. Beberapa tanaman langka jarang ditemukan di area yang luas. Beberapa tanaman langka memiliki banyak individu, tetapi berada di area yang sempit.

Dalam hal kasus ini misalnya dalam beberapa satu negara. Jenis ketiga tanaman langka adalah mereka yang memiliki jumlah yang sedikit dan rentang geografis yang sempit, ini adalah tanaman yang paling langka.

Tumbuhan Langka di Indonesia dan Dunia

Adapun macam-macam tumbuhan yang tergolong langka di Indonesia dan Dunia, antara lain adalah sebagai berikut;

Tumbuhan langka di Indonesia

Indonesia adalah surga bagi flora yang tumbuh di tanahnya. Negara dengan puluhan ribu pulau ini merupakan “rumah” lebih dari 28.000 spesies tanaman bunga, di antaranya adalah beberapa tanaman langka dan unik. Selain 2.500 jenis anggrek yang berbeda, ada juga 122 jenis bambu, 350 spesies rotan dan 400 spesies dipterocarpus, sejenis tanaman obat.

Adapun contoh-contoh tumbuhan langka yang ada di Indoensia, antara lain:

Kantong Semar

Kantong semar memiliki enzim proteolase atau cairan asam yang berfungsi untuk mencerna tubuh serangga yang terjerat. Di dunia ada 129 spesies tanaman ini dan 64 di antaranya ada di Indonesia. Tanaman ini merupakan satu-satunya tanaman yang sangat aneh karena dianggap sebagai tanaman karnivora. Kantong Semar tersebar di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Raflesia Arnoldi

Raflesia adalah tanaman parasit yang tumbuh di dalam batang liana (sejenis tanaman merambat). Saat mekar bisa mencapai diameter 70 – 110 cm dengan tinggi 50 cm dan berat 11 kilogram.

Ada 30 spesies Rafflesia Arnoldi di dunia, 15 spesies di antaranya ada di Indonesia. Tanaman yang telah ditemukan sejak 1818 dapat ditemukan di Bengkulu, tanah yang dikenal sebagai tanah Rafflesia oleh dunia.

Edelweiss

Bunga Edelweiss dianggap sebagai bunga abadi karena memang bunga ini tidak akan layu meski dipetik dari tangkai. Bunga Edelweiss yang umum dikenal di Indonesia adalah tumbuh di dataran pegunungan Jawa.

Sayangnya, bahkan pada tahun 1988 saja, catatan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tercatat sebanyak 636 batang yang diambil dari wilayah ini. Bahkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengatakan tanaman ini telah punah.

Daun Sang

Daun Sang muncul langsung dari lapisan tanah. Tanaman langka dan unik ini termasuk spesies palem-paleman (arecacae). Panjang daun bisa mencapai 6 meter dengan lebar 1 meter. Umumnya tanaman ini hidup di Sumatera dan Kalimantan.

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai merupakan bunga berbau busuk yang memiliki ukuran bunga tertinggi dari bunga lainnya. Tanaman ini bahkan dapat melakukan dua fase kehidupan, fase vegetatif dan fase generatif. Ada sekitar 170 jenis bunga bangkai yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis.

Kiara Kenong

Tanaman ini adalah tanaman parasit yang menempel pada pohon lain. Sebagai tanaman parasit, tanaman ini akan menyerap nutrisi dari pohon yang melekat padanya. Tumbuh di Indo Cina, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Pohon Ulin

Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Tanaman langka ini juga dikenal sebagai kayu besi. Tumbuhan ini merupakan khas Kalimantan yang mempunyai diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. Tanaman langka ini adalah salah satu kayu komoditi yang paling laku karena kualitas kayunya.

Cendana

Cendana wangi merupakan tanaman langka yang memproduksi kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai bumbu, bahan untuk dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta selubung keris. Pada awal perkecambahannya cendana sebagai parasit membutuhkan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena akarnya sendiri tidak mampu mendukung kehidupan.

Bantal Sulam

Bantal Sulam adalah sejenis pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 45 meter dengan diameter batang sekitar 45 cm. tumbuhan ini banyak dijumpai di daerah berketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut atau kawasan rawa gambut. Persebaran yaitu di daerah Sumatera, Kalimantan Timur, dan Malaysia. Nama latin bantal sulam adalah palaquium walsurifolium. Ini dikenal juga dengan nyatoh, nyato, beitis, dan margetahan.

Bayur

Bayur dapat digunakan untuk  bahan pembuatan bangunan dan furniture. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 59 meter, dengan diameter kurang lebih 54 cm. Pohon bayur bisa ditemukan juga pada kawasan batu gamping, kawasan 600 meter di atas permukaan air laut atau daerah pegunungan. Persebarannya yaitu di daerah Kalimantan Timur, Serawak, Sabah, dan India.

Damar

Damar merupakan salah satu tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Ketinggiannya mencapai 60 meter dan diameternya mencapai 2 meter. Persebarannya yaitu di daerah Papua dan Nusa Tenggara dengan beragam jenis sesuai dengan daerahnya dan mempunyai karakteristik yang sangat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Tengkawang

Tengkawang adalah sejenis pohon yang buahnya dapat menghasilkan minyak nabati. Tumbuhan ini mempunyai 13 spesies dan termasuk tumbuhan yang dilindungi. Tengkawang menjadi maskot daerah Kalimantan Barat, tapi dapat dapat dijumpai di kawasan Sumatera dan Kalimantan.

Sarang Semut

Sarang semut termasuk jenis tumbuhan epifit yang berasal dari Papua ini. Tumbuhan ini biasanya hidup menempel di batang pohon besar dengan ketinggian sekitar 8 meter, dan tinggi kawasan antara 1100-2500 di atas permukaan air laut. Sebagaimana namanya, tanaman sarang semut memang sangat disenangi oleh semut sebagai tempat tinggal mereka.

Anggrek Hitam

Anggrek hitam atau black orchid mempunyai bunga yang khas, yaitu warna lidah bunga hitam. Di Kalimantan Timur tumbuhan ini dikenal dengan nama Kersik Luai. Persebarannya yaitu di Kalimantan timur, namun hal ini semakin sulit ditemukan semakin banyaknya tambang dan pembukaan lahan di sana.

Anggrek Larat

Anggrek larat atau cooktown orchid memiliki beberapa kerabat dekat, diantaranya yaitu anggrek merpati, albert, jamrud, stuberi, kelembei, dan anggrek karawai. Tumbuhan ini masih terdapat di daerah di Indonesia, dan terdapat di Bangka Belitung, Hutan Jambi dan banyak di daerah kalimantan.

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan jenis anggrek raksasa yang berat dan besarnya melebihi ukuran anggrek pada umumnya. Serumpun dewasa spesies anggrek tebu bisa mencapai berat sampai dengan 1 ton, panjang malai (rangkaian atau untaian bunga) sampai dengan 3 meter dengan diameter sepanjang 1,5 hingga 2 cm. persebarannya yaitu di Jambi, kalimantan, dan di hutan papua.

Mimba/Mimbo

Ketinggian pohon ini dapat mencapai lebih dari 20 meter. Mempunyai kulit batang yang tebal, batangnya sedikit kasar dan daunnya menyirip dengan tepian memiliki gerigi dan runcing-runcing. Pohon ini hanya berbuah 1 sampai 2 kali dalam kurun waktu setahun. Buahnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 1 cm. Daging buah yang kekuningan diselimuti oleh kulit keras dengan warna cokelat dan kulit buahnya putih.

Tembesu

Tembesu memiliki ketinggian hingga 40 meter dan diameter batang ada yang sampai 80 cm bahkan lebih. Pohonnya tinggi tegak dengan kulit batang berwarna cokelat sampai dengan hitam dan agak mengelupas. Kayunya yang keras dan awet mempunyai warna batang kayu kuning emas cenderung tua atau cokelat jingga. Persebaran di Indonesia untuk tumbuhan tembesu masih terdapat di daerah Kalimantan dan Jawa.

Korma Rawa

Korma rawa merupakan sejenis tanaman berumpun dengan tinggi pohon mencapai 5 meter, dengan daun sirip dan panjangnya kira-kira dua meter. Pangkal daunnya memiliki duri. Korma rawa banyak terdapat di indonesia bagian timur seperti sulawesi dan papua.

Tumbuhan langka di Dunia

Adapun contoh-contoh tumbuhan langka di dunia, antara lain:

Welwitschia mirabilis

Tumbuhan ini berasal dari Namibia. Tumbuhan ini hanya mempunyai 2 daun, sistem perakaran, dan batang, yang semakin lama akan kian menebal dan daunnya juga bakal terus tumbuh. Tumbuhan ini tak bertambah tinggi, maksimal hanya mencapai 2 meter, tapi dapat melebar sampai dengan 8 meter. Umur tanaman panjang antara 400-15 abad. Dapat hidup tanpa guyuran hujan selama 5 tahun.

Tanaman bola baseball

Tumbuhan ini hanya dapat dijumpai di Great Karoo, Afrika Selatan. Bentuknya unik, membuatnya banyak diambil oleh kolektor tanaman. Terjadinya perburuan terhadap tumbuhan ini menyebabkan Pemerintah Afrika Selatan mengambil langkah untuk melindungi tanaman ini agar tidak punah dan semakin rusak.

Tanaman menari

Tumbuhan ini mendapat julukan dari Darwin yaitu Hedysarum. Tumbuhan ini mempunyai nama lain rumput menari atau dancing grass dan tanaman semaphore (semaphore plant), karena daunnya dapat bergerak seolah seperti tengah menari atau membuat gerakan semaphore.

Tanaman kebangkitan/Tanaman Jericho

Tumbuhan ini merupakan sejenis tanaman gurun (biasanya di Gurun Cihuahua) yang dapat hidup di wilayah yang kering dan bertahan ketika terjadi kekeringan atau kemarau panjang. Ketika musim kering tiba, batang dari tanaman kebangkitan akan menggulung layaknya bola dan mengkerut, sedangkan tatkala musim hujan datang tanaman ini pun melepaskan diri dari gulungan dan normal kembali.

Pohon dinamit/ pohon neraka dan pohon kotak pasir (sandbox tree)

Tumbuhan ini berasal dari Hutan Amazon. Batangnya tertutupi duri-duri yang tajam dengan getah pohon yang beracun. Masyarakat setempat memanfaatkan getah yang beracum untuk melumuri mata panah. Jika sudah matang, buah dinamit ini akan meledak cukup kuat hingga membuat hewan dan manusia yang tengah lewat dekat pohon dinamit luka.

Pohon darah naga/ Pohon naga Socotra

Tumbuhan ini berasal dari Kepulauan Bentuk pohon ini unik karena menyerupai payung dengan getah yang berwarna merah seperti darah. Getahnya banyak dimanfaatkan sebagai obat serta pewarna merah alami karena warna merahnya yang terang dan mencolok.

Pohon botol/ pohon baobab

Tumbuhan ini dapat ditemukan di Madagaskar, Australia, Afrika. Pohon ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan botol dan bisa menyimpan air sampai dengan 300 liter. Pohon botol bisa tumbuh sampai dengan 500 tahun lamanya, tergolong tumbuhan yang tahan dan tangguh.

Silk floss tree

Tumbuhan ini hanya bisa ditemui di kawasan hutan subtropis dan tropis Amerika Selatan (Paraguay, Argentina, Brazil, dan sebagainya). Ketinggiannya mencapai 81 kaki. Tumbuhan ini mempunyai duri kerucut raksasa tersebar di cabang serta batangnya yang berguna untuk penghematan air.

Rainbow eucalyptus

Rainbow eucalyptus merupakan jenis pohon cemara yang ketinggiannya mencapai 246 kaki. Dapat ditemukan di Indonesia sampai dengan Filipina. Cabang dan batang pohonnya memiliki gurat-gurat mencolok warna-warni (merah, ungu, hijau, pink, kuning, oranye).

Methuselah

Tumbuhan ini kira-kira berumur 4.841 tahun dan diperkirakan lebih tua dari peradaban manusia. Tumbuhan ini bertunas ketika zaman perunggu, 2000 tahun sebelum kota Roma didirikan dan beberapa ratus tahun sebelum dibangunnya great pyramid Giza. Pertumbuhannya pada daerah dingin dan termasuk dalam golongan lambat tumbuh. Kayu pohon Methuselah memiliki ketahanan terhadap serangan berbagai penyakit dan padat.

Angel oak

Tumbuhan ini tumbuh di wilayah South Carolina, tepatnya di Johns Island, berumur sekitar 1.500 tahun. Luas kanopinya 1.200 meter persegi. Memiliki keliling pohon 28 meter, dengan panjang cabang sekitar 100 kaki. Tumbuhan ini termasuk dalam kategori pohon tangguh yang dapat bertahan dari berbagai macam gempuran dalam pengertian bencana alam di sekelilingnya seperti, banjir, badai, serta gempa bumi.

Elia bouybon/ olive tree of vouves

Pohon zaitun tertua ini masih berbuah tiap tahunnya. Usia pohon sekitar 3500-4000 tahun. Terletak di desa Ano Vouves, Crete. Banyak orang yang datang untuk melihat pohon zaitun kuno ini, kurang lebih 20.000 orang per tahunnya.

Encephalartos woodii

Tumbuhan ini tumbuh liar di hutan Ngoya di Zululand, di Afrika Selatan pada tahun 1895. Tumbuhan ini spesies jantan dan betinanya terpisah. Sayangnya, tidak ada tanaman betina yang ditemukan sejak itu, yang menunjukkan bahwa jumlahnya sangat terbatas.

Erysimum menziesii

Tumbuhan ini  berada di daerah pantai berpasir California, Humboldt, Mendocino, dan Monterey. Pertumbuhannya tidak lebih dari 15 cm. tumbuhan ini terdiri dari daun panjang dan lurus dengan batang tebal, berbulu. Mempunyai kumpulan bunga kuning yang tebal dengan kelopak bundar tumbuh di bagian atas masing-masing batang.

Manzanita

Tumbuhan langka ini dapat ditemukan di Amerika Utara, terutama di daerah British Columbia, Washington dan California, Meksiko, dll. Cabang-cabang dan kulit pohon yang berliku-liku sangat halus, bonggol atau cabangnya berwarna oranye atau merah.

Pennantia baylisiana

Hanya terdapat satu pohon yang dapat yang bertahan di Three Kings Islands di lepas pantai Selandia Baru. Ada banyak temuan kontroversial yang berkaitan dengan jenis kelaminnya. Ada beberapa ahli botani merasa bahwa ini adalah spesies betina, tapi ada yang menyatakan sebaliknya.

Snowdonia hawkweed

Tumbuhan ini dapat ditemukan di lembah Snowdonia, di Wales, Inggris. Tanaman langka ini memiliki bunga yang sangat sederhana, memiliki beludru dengan kelopak kuning.

Venusta Hackelia

Tumbuhan ini dapat ditemukan pada wilayah topografi kecil di Kota Chelan, United States. Tumbuh hingga 20 hingga 40 kaki dan merupakan semak abadi yang memiliki beberapa daun. Bunga-bunga tanaman langka ini bermekaran di bulan April dan Mei. Tanah berbatu yang berpasir dengan matahari ekstrim adalah kebutuhan dasar tanaman ini.

Anggrek bawah tanah (Western underground orchid)

Anggrek yang tidak biasa ini menghabiskan seluruh hidupnya di bawah tanah. Bahkan berbunga di bawah tanah, pada akhir Mei dan awal Juni, menghasilkan lebih dari seratus krim untuk memerahkan bunga dan menghasilkan aroma yang kuat. Tumbuhan ini hanya hidup di semak belukar Broom di Australia barat. Tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat menyerap energi dari sinar matahari seperti kebanyakan tanaman lainnya.

Demikianlah artikel tentang penjelasan berbagai macam tumbuhan langka yang ada di Indonesia dan dunia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *