Warna Pelangi dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Warna Pelangi

Warna merupakan unsur pokok yang menunjukkan wujud benda agar dapat diterima oleh retina mata sehingga otak mencerna secara sempurna. Tanpa adanya warna, benda bersifat tembus pandang seperti yang terjadi pada gelas bening. Dasar munculnya jenis warna dimulai dari hitam dan putih. Kemudian dari warna dan putih tersebut bercabang menjadi tujuh warna dasar yaitu merah, jingga, kuning, hijau, nila, dan ungu (mejikuhibiniu).

Mejikuhibiniu dalam kehidupan manusia pertama kali dilihat pada kenampakan warna pelangi. Pelangi biasanya muncul setelah terjadinya proses hujan. Keindahan pelangi seperti tontonan gratis yang memanjakan mata dan dapat meredakan stress. Mood seseorang dapat kembali ceria hanya dengan menonton wujud pelangi sehabis hujan. Pengertian tentang warna dan pelangi dilanjutkan dengan makna 7 warna pelangi dapat disimak sebagai berikut.

Pelangi

Pelangi adalah sekumpulan spektrum warna yang berasal dari radiasi sinar matahari mengenai presipitasi air hujan sehingga membentuk wujud setengah lingkaran bervariasi warna. Pelangi termasuk dalam pembahasan siklus hidrologi. Warna pelangi terdapat 7 macam yaitu merah, jingga, kuning, hijau, nila, dan ungu (mejikuhibiniu).

Untuk mengetahui secara lengkapnya berikut ini penjelasan ke 7 warna pelangi yang umumnya mudah ditemukan di masyarakat. Antara lain;

7 Warna Pelangi

Pada saat siang hari yang terasa menyengat, sinar matahari nampak berwarna putih. Meskipun jika dilihat dari luar angkasa warna matahari nampak oranye, pada dasarnya sinar yang dipancarkan matahari berwarna mejikuhibiniu. Gelombang mejikuhibiniu mengenai presepitasi air hujan sehingga membentuk lengkungan garis pararel. Simaklah uraian materi sebagai berikut untuk mengetahui penjelasan 7 warna pelangi.

Warna Merah

Warna merah melambangkan keberanian, maka dari itu bendera pusaka Indonesia berwarna merah dan putih. Merah artinya berani dan putih artinya suci.

Asal muasal warna merah terbentuk karena perpaduan magenta dan cyan. Magenta berasal dari atmosfer bumi. Di lapisan ozon terdapat sinar ultraviolet yang terkumpul akibat radiasi sinar matahari. Ultraviolet bertemu birunya langit akhirnya terbentuk warna merah pada pelangi.

Susunan warna mejikuhibiniu yang menempati urutan pertama adalah merah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembentukan pelangi, sinar ultraviolet dan birunya langit menjadi pendonor terbesar pada rangkaian warna. Jika pelangi diperhatikan secara seksama, nampak jelas bahwa pembagian warnanya paling tebal adalah merah. Maka dari itu unsur warna pada pelangi, merah menjadi komponen terpenting.

Dalam kepribadian individu, merah digambarkan sebagai semangat dan hasrat ingin puas. Warna merah sering terlihat dalam background perlombaan supaya para kompetisi mengeluarkan seluruh kemampuannya. Restoran juga lebih suka memasang warna merah di temboknya. Merah dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan karena penggambaran hasrat ingin puas.

Warna Jingga

Warna jingga melambangkan kesehatan, kesejahteraan, dan kemampuan. Banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang berwarna jingga. Maka dari itu jingga dipilih sebagai warna lambang kesehatan. Sehat itu mahal harganya, karena sehat harus dijaga supaya tidak jatuh sakit. Orang yang sehat tentu hidupnya sejahtera dan dapat melakukan aktifitas dengan maksimal sehingga menggambarkan kemampuan diri.

Warna jingga dalam susunan struktur pelangi menempati urutan ke 2. Asal warna jingga dari bara api matahari yang sinarnya masuk permukaan bumi. Istilah jingga mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Penamaan jingga lebih mudah disebut oranye agar seluruh lapisan masyarakat memperoleh gambarannya. Pada saat kenampakan pelangi pudar, jingga menjadi warna yang terkahir menghilang wujudnya.

Warna Kuning

Kuning melambangkan keceriaan dan suka cita. Bayangkan terdapat 2 orang memakai baju yang satu berwarna kuning dan lainnya hitam. Tentu saja orang berbaju hitam terlihat lebih berwibawa dan baju kuning nampak membawa keceriaan. Dalam struktur pelangi, kuning berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pepohonan. Klorofil yang terdapat di tanaman memantulkan sinar matahari sehingga partikel kuning tersebar di angkasa.

Membuat warna kuning secara manual cukup dengan mencampurkan warna hijau dan biru. Dengan kata lain, spektrum warna kuning yang nampak pada tampilan pelangi bisa dikatakan berasal dari evaporasi zat hijau daun mengenai birunya langit. Warna kuning bersifat mudah mengalami kamuflase. Sehingga saat kenampakan pelangi mulai pudar, kuning menjadi warna yang pertama kali hilang.

Warna Hijau

Hijau melambangkan kesuburan tanah dan tanaman. Dalam kenampakan peta, hijau merupakan simbol daratan. Warna hijau terbentuk dari perpaduan kuning dan biru. Sehingga struktur hijau pada pelangi berasal dari birunya langit yang mengalami degradasi sinar matahari. Tampilan peta persebaran hutan menunjukkan warna hijau dari tahun ke tahun kian menipis.

Dalam hal ini warna hijau menggambarkan jumlah hutan sebagai paru-paru dunia karena menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan binatang. Hutan yang semakin menipis menyebabkan pemanasan global. Yang ditakutkan dari fenomena tersebut adalah naiknya permukaan air laut. Abrasi di berbagai tempat pesisir pantai kian tidak dapat ditanggulangi terjadinya.

Warna Biru

Warna biru melambangkan kedamaian dan ketenangan jiwa. Mayoritas tempat ibadah dan rumah permukiman sering dicat dengan warna biru agar jiwa penghuni/pengguna merasa selalau damai dan nyaman. Pada kenampakan peta, warna biru disimbolkan sebagai perwujudan dari air (laut, sungai, danau, dan lain sebagainya). Arti air merupakan unsur terpenting dalam kehidupan setelah oksigen.

Untuk membuat warna biru secara manual, cukup melakukan percampuran warna hijau dan kuning. Jadi dapat dikatakan bahwa warna biru yang terdapat di struktur spektrum pelangi berasal dari evaporasi zat hijau daun bercampur dengan sinar matahari. Terkadang pelangi tidak menampakkan warna biru, sebab wujud dari awal sudah berkamuflase dengan background berupa pelangi.

Warna Nila

Nila adalah warna yang melambangkan makna kesederhanaan. Jika asing dengan istilah nila, penjelasannya yaitu warna ungu tua yang mendekati biru tua.

Warna nila pada susunan struktur pelangi berasal dari ultraviolet pada lapisan atmosfer bumi yang mengalami degradasi karena proses presipitasi air hujan. Pada kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan warna nila untuk menjadi dasar warna sekolah.

Warna Ungu

Warna ungu melambangkan kemewahan, jadi berbanding terbalik dengan nila. Maka dari itu istilah janda sering dilambangkan dengan warna ungu. Susunan struktur pelangi mendapatkan warna ungu dari gelombang sinar ultraviolet matahari.

Nah, ulasan diatas merupakan uraian materi secara singkat yang membahas penjelasan tujuh warna dasar pelangi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam tujuan menambah ilmu pengetahuan. Sekian dan terima kasih.

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *