5 Ciri Pasar Oligopoli dan 5 Contohnya di Indonesia

Diposting pada

Karakteristik Pasar Oligopoli

Jenis pasar dari adanya bentuk pasar pesaingan tidak sempurna adalah pasar oligopoli. Pasar oligopoli merupakan pasar yang memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan ciri pasar monopoli. Perbedaan dalam pasar ini dengan pasar monopoli ialah jumlah penguasa pasar. Penguasa pasar jenis pasar ini lebih dari satu penjual.

Contoh jenis pasar ini yang sering kita lihat anatara lain perusahaan semen yang ada di Indonesia. Jumlah perusahaan semen di Indonesia memang tidak banyak dan mungkin para pemilik perusahaan telah menetapkan harga sesuai dengan kualitas masing-masing produk.

Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah jenis pasar dimana di dalamnya hanya terdapat beberapa penjual saja. Sehingga dalam hal ini dominasi penjual tersebut sangat kuat dan saling bersaing satu sama lain untuk merebut posisi yang paling tinggi dalam pasar.

Selain itu juga dalam kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli ini dikelompokkan menjadi beberapa bagian dalam menjalin hubungan dengan penjual di lingkungan pasar oligopoli, antara penjual satu dengan yang lain tidak terdapat hubungan dan antara pengusaha satu dengan yang lain terdapat ikatan tertentu yang mungkin saja ikatan tersebut sempurna atau tidak sempurna.

Ciri Oligopoli

Adapun karakteristik yang melakat dalam pasar oligopoli ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Jumlah penjual sedikit

Menjadi pengakuan yang mafhum jikalau dalam pasar oligopoli ini jumlah penjual dalam tidak lebih dari tiga orang karena memang jumlah penjualnya dibatasi. Dalam hal inipula proses inovasinya menunjukan geliat yang meningkat.

  1. Dapat Menentukan Harga Barang

Disisi lain karakteristik dalam pasar oligopoli ini si penjual yang berada di pasar tersebut dapat menentukan harga sendiri sesuai dengan keinginan penjual itu sendiri. Dalam hal inipula sistem pemerintahan tidak wewenang untuk mengatur sebagimana yang dilakukan dalam contoh pasar persaingan tidak sempurna.

  1. Persaingan antar penjual sangat ketat

Karakteristik lainnya dalam pasar oligopoli ini jumlah penjual yang sedikit membuat penjual saling bersaing dalam kalitas, harga, dan lain-lain yang sangat ketat. Proses ini juga senantiasa menempatkan bahwa konsumen adalah raja yang harus terpenuhi pelayanannya.

  1. Produsen baru sulit memasuki pasar

Selain hal ciri-ciri diatas, mendekatkan dengan pasar oligopoli ialah produsen baru sangat sulit memasuki pasar. Hal ini karena sudah memiliki kepercayaan yang tinggi pada produk tertentu maka untuk menerima sebuah produk baru dirasa sulit.

Perusahaan yang sudah terlebih dahulu ada juga akan menghalangi masuknya perusahaan baru agar tidak terdapat pesaing yang akan mengancam keberadaan perusahaan.

  1. Harga bersifat kaku

Harga yang ditetapkan dalam pasar oligopoli tidak gampang, artinya senantiasa berubah karena suatu kondisi tertentu. Perubahan harga akan terjadi apabila terdapat sesuatu yang memiliki pengaruh besar dalam perusahaan tersebut.

Bentuk Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli memiliki dua bentuk yaitu;

  1. Oligopoli Ketat, Oligopoli ketat adalah beberapa perusahaan besar yang bergabung menjadi satu sehingga dapat menguasai pangsa pasar 60%-100%. Besarnya pangsa pasar tersebut jelas tidak memberikan ruang gerak pada pengusaha lain.
  2. Oligopoli longgar, Oligopoli longgar adalah gabungan beberapa perusahaan yang mendominasi pangsa pasar sebesar 40%. Kedua jenis oligopoli ini sama-sama memiliki peran yang besar apalagi oligopoli ketat yang benar-benar tidak memberikan ruang gerak untuk perusahaan lain.

Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia

Pasar Oligopoli di Indonesia

Untuk memberikan kelengkapan kepada segenap pembaca maka berikut ini adalah contoh-contoh nyata yang masuk dalam pasar oligopoli di Indonesia. Antara lain;

  1. Ojek Online

Ojek online akhir-akhir ini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan, perusahaan berbasis digital ini juga bisa disebut sebagai bagian daripada pasar oligopoli lantaran hanya ada 2 perusahaan yang dikenal oleh masyarakat. Yaitu Grab dan Gojek.

Keduanya bersaing secara ketat dengan terus berinovasi, salah satu diantaranya memberikan diskon besar-besaran. Atas femona inilah perusahaan sama dengan basis digital sangat sulit untuk bersaing dengan mereka, lantaran selain membutuhkan banyak modal juga masyarakat sudah terlegitimasi dengan kedua perusahaan ojek online ini.

  1. Industri rokok

Pabrik rokok yang ada di Indonesia memang tidak banyak. Apabila kita lihat dapat dihitung dua jari. Bahkan terdapat beberapa rokok yang sebenarnya milik satu perusahaan tetapi melakukan ekspansi dengan nama perusahaan yang baru.

Jumlah pabrik rokok yang saat ini sudah mampu memnuhi semua permintaan pembeli. Bagi pengusaha baru yang ingin memasuki industri ini akan merasa berat dengan segala kosekuensi yang akan ditanggung. Saat ini tak banyak perusahaan kecil yang bergerak dibidang industri rokok. Tinggal beberapa perusahaan bersar yang sudah go publik.

  1. Industri mobil

Perusahaan yang bergerak dibidang otomotif memang harus memiliki jumlah modal yang besar. Industri ini memang belum sepenuhnya ada di Indonesia, mengingat sumber daya manusia dan modal yang sangat besar. Perusahaan pada industri ini rata-rata hnaya melakukan perakitan mobil. Perusahaan baru yang akan memasuki industri ini akan merasa kesulitan dengan segala jenis persaingan. Hal tersebut terjadi tidak hanya di dalam lingkup nasional tetapi juga internasional.

Kejadian yang mungkin beberapa tahun terakhir ialah perusahaan mobil dari China yang akan memperluas pangsa pasar salah satunya negara Indonesia.

Kondisi saat perusahaan China ingin memasukki Indonesia, Indonesia telah terikat kontrak dengan industri mobil dari Jepang, sehingga sangat sulit berkembang. Akhir-akhir ini sudah tidak terdapat berita tentang mobil jenis tersebut, mungkin pihak China tidak sanggup menghadapi persaingan yang ada sehingga memilih pangsa pasar lain.

  1. Industri semen

Salah satu perusahaan yang menggunakan bahan baku dari alam. Beberpa perusahaan besar yang ada di Indonesia adalah semen gresik, tiga roda, dan holcim. Beberapa perusahaan ini menawarkan produk yang sama, namun terdapat perbedaan kualitas.

Perbedaan kualitas tersebut juga tidak terlalu terlihat. Tiga perusahaan yang sudah disebutkan diatas juga memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda sesuai dengan harga sasaran dalam pemasaran. Ada yang memiliki sasaran masyarakat menengah ke atas dan menengah ke bawah.

Perusahaan ini merupakan perusahaan besar dan ada juga yang merupakan perusahaan milik BUMN. Pesaing baru yang akan memasuki industri ini sangat sulit, selain karena peasing yang merupakan perusahaan besar tetapi juga akses perizinan untuk mendapatkan bahan baku pembuatan produk tersebut. Apabila memasuki industri ini harus memiliki modal yang besar juga.

  1. Jasa penerbangan

Jasa penerbangan di Indonesia saat ini yang paling terkenal kualitasnya adalah Garuda Indonesia. Beberapa tahun terakhir memang terdapat perusahaan baru milik swasta namun tidak bertahan lama dalam melayani jasa penerbangan ini.

Jasa penerbangan di Indonesia di dominasi oleh perusahaan asing. Dikatakan perushaan oligopoli dapat dilihat dari jumlah perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa dalam pasar oligopoli yang jumlah penjualnya lebih dari satu bisa saja itu hanya strategi. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa pelaku dalam pasar oligopoli benar-benar bersaing secara sehat guna meningkatkan inovasinya.

Sehingga atas penjelasan inilah pasar oligopoli merupakan bagian dari jenis pasar persaingan tidak sempurna yang didominasi oleh penjual. Hal tersebut dapat dilihat dari ciri-ciri pasar ini. Dominasi beberapa penjual merupakan salah satu ciri yang mencolok yang dapat kita lihat dengan kasat mata. Beberapa orang yang berperan dalam pasar tersebut pasti memahami akan hal tersebut.

Itulah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa disbeutkan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam ciri-ciri pasar oligopoli, bentuk, dan contohnya di Indonesia. Semoga memberikan wawasan juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *