Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Suatu hal yang dapat dikatakan dengan pasar adalah kegiatan yang berisi unsur jual beli di dalamnya. Jual beli dalam dunia perdagangan mutlak terjadi karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup. Sifat dari penjual adalah menekan biaya seminim mungkin untuk mendapatkan untung semaksimal mungkin. Sedangkan sifat dari pembeli adalah mencari sesuatu dengan modal yang sedikit untuk mendapatkan kualitas yang maksimal.

Dalam dunia pasar terdiri dari klasifikasi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna adalah klasifikasi pasar yang kita tahu selama ini seperti pasar tradisional. Lalu apa itu pasar persaingan tidak sempurna? Pembahasan mengenai pengertian pasar persaingan tidak sempurna, ciri-ciri, jenis, dan contohnya.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Fenomena sosial seperti marak produk kendaraan bermotor yang di dominasi atas salah satu pengertian negara maju di Asia, yakni jepang mampu menyebabkan terbentuknya pasar persaingan tidak sempurna. Contoh nyatanya seperti adanya produk kendaraan bermotor asal India bernama Bajaj tidak memiliki kharisma yang dapat menarik minat bagi konsumen masyarakat Indonesia. Akibatnya terjadi pasar persaingan tidak sempurna disini. Dimana produk kendaraan bermotor dari Jepang lebih diminati di pasaran Indonesia.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah kegiatan jual beli yang memiliki penjual yang sedikit namun pembelinya sangat banyak sekali. Hal ini dikarenakan penjual yang menyediakan barang tersebut jumlahnya sedikit namun peminatnya di masyarakat sangat banyak. Jika kita kaji lebih dalam maka contoh dari pasar persaingan tidak sempurna adalah penjualan kendaraan bermotor.

Indonesia sebagai salah satu pengertian negara berkembang yang menjadi target pemasaran industri kendaraan bermotor dari negara maju seperti Jepang. Industri kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Jepang menjual produk kendaraan bermotor kepada Indonesia. Produk kendaraan bermotor yang menguasai pasaran Indonesia seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki adalah segelintir produk raksasa yang menguasai pasaran Indonesia. Baca jugaCiri-Ciri Negara Berkembang dan Contohnya

Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki ciri-ciri yang membedakan pasar jenis ini berbeda dengan jenis pasar persaingan sempurna. Ciri utama yang melekat di dalam pasar persaingan tidak sempurna, antara lain adalah sebagai berikut;

Jumlah penjual yang lebih sedikit dari jumlah pembeli

Akibat dari jumlah pembeli yang membludak dengan tidak tersedianya produsen yang memasarkan barang serupa maka penjual tersebut akan memasang tarif yang tinggi untuk setiap produknya.

Tingginya harga yang ditawarkan penjual tersebut tidak menurunkan minat konsumsi bagi para pembeli karena barang yang diminati hanya disediakan oleh penjual itu saja. Tingginya harga yang ditetapkan oleh produsen barang di pasar persaingan tidak sempurna sesuai dengan prinsip ekonomi dimana jika permintaan naik maka harga juga ikut naik.

Jika hal ini terus terjadi maka tidak heran jika rupiah terus melamah terhadap dollar. Melemahnya rupiah terhadap dollar karena pelaku produsen pasar persaingan tidak sempurna mayoritas berasal dari luar negeri.

Secara tidak langsung maka sama saja dengan Indonesia terus melakukan impor barang. Ketika melakukan impor barang maka mata uang yang digunakan adalah mata uang dollar. Kembali lagi kepada hukum ekonomi dimana permintaan naik maka harga akan naik. Hal ini yang menyebabkan harga dollar terhadap rupiah naik karena dollar terus-menerus dibutuhkan Indonesia untuk melakukan impor barang.

Sulitnya produsen baru menarik pembelian masyarakat

Dalam pasar persaingan tidak sempurna, produsen baru akan kesulitan untuk masuk di dalam persaingan perputaran pasar. Kesulitan untuk masuk di dalam persaingan pasar ini dikarenakan masyarakat atau konsumen sudah terdoktrin untuk percaya kepada produk yang ditawarkan produsen lama. Hal ini mengakibatkan apabila produsen baru tidak memberikan inovasi menarik untuk konsumen maka akan kesulitan untuk mendapatkan pembeli.

Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa jenis di dalamnya. Jenis pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistik, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang berjenis memiliki 1 produsen dalam lingkup besar hingga mencakup penguasaan pasar seluruh negeri dan banyak dicari konsumen yang mana pada hal ini disebut sebagai konsumen pasar. Pasar monopoli diambil dari bahasa Yunani yaitu kata monos yang berarti 1 dan polein yang berarti menjual. Jadi pasar monopoli merupakan pasar yang hanya memiliki 1 produsen atau penjual yang besar.

Produsen dalam pasar monopoli punya andil yang cukup besar dalam kegiatan perdagangan. Peran besar para penggerak perekonomian papan atas ini membuat produsen kecil kalah saing untung turut meramaikan pasar. Produsen besar pasar monopoli memiliki peran yang besar dikarenakan mereka punya modal dan keuangan yang besar sehingga masyarakat secara luas telah mengenal.

Pasar monopoli memiliki kekuatan yang besar yaitu hak paten dan hak ekslusif untuk barang dagangan yang mereka sediakan. Hak paten dan hak eksklusif membuat produsen kecil yang akan membuat produk yang sejenis dianggap sebagai peniru dan akhirnya diberi cap sebagai barang tiruan. Pemberian label sebagai barang tiruan membuat produsen kecil sulit untuk berkembang.

Mempertahankan kualitas produk jika tidak disertai dengan menetapkan harga yang sesuai akan membuat konsumen menjadi ragu untuk memakai barang produsen pasar monopoli. Selain itu produsen pasar mopoli juga harus memperhatikan inovasi perkembangan barang penawaran agar membuat konsumen terkesan dan tertarik dengan barang tersebut. Contoh dari pasar monopoli adalah PLN, PDAM, Telkom, dan lain-lain

Pasar Oligopoli

Jenis kedua dari pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar oligopoli. Pasar oligopoli adalah pasar dimana beberapa produsen di dalamnya menjual barang-barang yang hampir sama dari produsen 1 dengan produsen lainnya. Oligopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu Oligos yang memiliki arti banyak serta polein yang memiliki arti menjual. Contoh dari pasar oligopoli adalah industri pakaian, industri pulsa, industri rokok, industri pasta gigi, dan lain-lain. Baca jugaPengertian Pasar Oligopoly, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Pasar Monopolistik

Jenis ketiga dari pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar monopolistik. Pasar monopolistik adalah pasar persaingan tidak sempurna dimana produsen menjual produk yang sama dengan produsen lain tetapi memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari setiap jenis produknya. Contoh dari pasar monopolistik adalah industri makanan, industri minuman, industri handphone, industri alat elektronik, dan lain sebagainya.

Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah pasar persaingan tidak sempurna yang menggunakan sistem negosiasi. Pasar monopsoni contohnya adalah apabila kita menjual handphone secara tunggal, maka pembeli akan melakukan negosiasi untuk meraih harga serendah-rendahnya. Namun kita sebagai penjual akan tetap mempertahankan harga untuk mendapatkan untung semaksimal mungkin.

Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni adalah pasar persaingan tidak sempurna yang menjual hasil alam. Namun tetap pada pengertian pasar persaingan tidak sempurna dimana hanya terdapat sedikit penjual dengan jumlah pembeli yang banyak. Contoh dari pasar oligopsoni adalah penjualan beras mutu tinggi, penjualan jagung kualitas terbaik, penjualan gula mutu terbaik, penjualan apel kualitas tinggi dan lain sebagainya.

Nah, contoh diatas adalah segelintir penjelasan dari materi pengertian pasar persaingan tidak sempurna, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi para pelajar Indonesia. Terima kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *