Pengertian Pulau, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Pulau Adalah

Istilah ‘pulau‘ mengacu pada sebidang tanah yang seluruhnya dikelilingi oleh air. Pulau biasanya lebih kecil dari arti benua. Pulau dapat terjadi di laut, samudera, sungai atau danau. Dari sudut pandang geografis, satu-satunya perbedaan antara pulau dan benua adalah ukuran. Meskipun benua juga dikelilingi oleh air, mereka tidak dianggap pulau karena mereka memiliki massa daratan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pulau.

Sekelompok pulau yang terkait secara geografis atau geologis disebut sebagai negara kepulauan.  Ada enam jenis utama pulau yang bervariasi dalam ukuran dari daratan yang sangat luas hingga pulau-pulau kecil di sungai. Contoh pulau misalnya Greenland, yang merupakan pulau terluas di dunia.

Pulau

Pulau adalah badan daratan yang dikelilingi oleh air. Benua juga dikelilingi oleh air, tetapi karena benua begitu besar, benua tidak dianggap pulau. Australia, benua terkecil, lebih dari tiga kali luas Greenland, pulau terbesar. Pulau di sungai atau pulau danau bisa disebut eyot atau ait, dan pulau kecil di lepas pantai bisa disebut holm. Pulau-pulau sedimen di delta Gangga disebut chars.

Ada banyak pulau di lautan, danau, dan arti sungai di seluruh dunia. Pulau sangat bervariasi dalam ukuran, iklim, dan jenis organisme yang menghuninya. Banyak pulau yang cukup kecil, meliputi kurang dari setengah hektar (satu acre).

Pulau-pulau lain sangat besar, misalnya Greenland, yang meliputi area sekitar 2.166.000 kilometer persegi (836.000 mil persegi). Beberapa pulau, seperti Kepulauan Aleut di negara bagian A.S. Alaska, dingin dan tertutup es sepanjang tahun.

Lainnya, seperti Tahiti, terletak di perairan tropis yang hangat. Banyak pulau, seperti Pulau Paskah di Samudra Pasifik Selatan, berjarak ribuan kilometer dari daratan terdekat. Pulau-pulau lain, seperti pulau-pulau Yunani yang dikenal sebagai Cyclades di Laut Aegean, ditemukan dalam kelompok-kelompok yang berjarak sangat dekat, sehingga disebut kepulauan.

Banyak pulau tidak lebih dari batu tandus dengan sedikit tanaman atau hewan di atasnya. Lainnya adalah salah satu tempat paling ramai di Bumi. Tokyo, salah satu kota terbesar di dunia, berada di pulau Honshu di Jepang.

Pengertian Pulau

Pulau adalah area daratan yang lebih kecil dari benua dan seluruhnya dikelilingi air. Pulau-pulau dapat terjadi di lautan, laut, danau, atau sungai. Sekelompok pulau disebut kepulauan. Pada umumnya, ketika mendefinisikan pulau sebagai badan daratan yang sepenuhnya dikelilingi oleh air, badan air yang sempit seperti kanal tidak dipertimbangkan. Sebagai aturan dasar, badan air itu sendiri harus lebih luas daripada sebidang tanah.

Sebagai contoh, Sungai Orinoco terbagi menjadi dua cabang di dekat Tamatama, di negara bagian Amazonas, Venezuela. Cabang selatan mengalir ke selatan dan bergabung dengan Rio Negro, dan kemudian Amazon.

Dengan demikian, semua Guyana (Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis) dan sebagian besar Brazil dan Venezuela dikelilingi oleh air (sungai atau laut). Contoh tersebut umumnya tidak dianggap pulau. Di sisi lain, sebuah pulau masih dapat digambarkan seperti itu meskipun ada jembatan darat, seperti Singapura dan jalan lintas atau berbagai pulau delta di Belanda, seperti IJsselmonde.

Oleh karena itu, mempertahankan deskripsi pulau mungkin hanya karena alasan historis,  meskipun jembatan tanah sering memiliki sifat (geologis) yang berbeda (misalnya pasir bukan batu), dan dengan demikian pulau-pulau tetap menjadi pulau di pengertian yang lebih ilmiah juga.

Pengertian Pulau Menurut Para Ahli

Adapun definisi pulau menurut para ahli, antara lain:

  1. UNCLOS (1982), Pulau adalah daratan yang terbentuk secara alami, dikelilingi oleh air dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang tertinggi.
  2. New World Encyclopedia, Pulau adalah area daratan yang lebih kecil dari benua terkecil dan seluruhnya dikelilingi oleh air. Pulau-pulau dapat ditemukan di lautan, laut, danau, atau sungai. Pulau-pulau yang dikelompokkan secara erat disebut sebagai kepulauan.

Macam Pulau dan Contohnya

Ada enam (6) jenis utama pulau beserta masing-masing contohnya, antara lain:

  1. Pulau Kontinental

Pulau-pulau kontinental mewakili massa daratan yang terhubung ke suatu benua pada suatu saat, tetapi telah terpisah dari benua-benua oleh pergeseran lempeng tektonik untuk membentuk pulau-pulau yang dikelilingi di semua sisi oleh air.

Bagaimana pulau kontinental terbentuk?

Sejumlah pulau kontinental terbentuk ketika benua yang bergeser di dunia pecah jutaan tahun yang lalu. Menurut para ilmuwan, pada awalnya, hanya ada satu massa besar tanah yang disebut Pangea. Selama periode waktu tertentu, gerakan kerak bumi menyebabkan kerak pecah menjadi beberapa bagian dan terpisah.

Kegiatan tektonik semacam itu melahirkan berbagai benua di dunia dan menyebabkan pembentukan pulau-pulau benua. Contoh pulau yang terbentuk dengan cara ini yaitu Greenland dan Madagaskar, keduanya pulau yang sangat besar.

Proses pembentukan pulau kontinental lainnya terjadi karena perubahan permukaan laut ribuan tahun yang lalu. Selama periode gletser terbaru, sekitar 18.000 tahun yang lalu, sebagian besar daratan kontinental diselubungi oleh gletser besar. Karena banyak air yang terkunci di gletser, permukaan laut lebih rendah daripada sekarang.

Ketika dunia menjadi lebih hangat, gletser berkurang dan pencairan es meningkatkan permukaan laut secara signifikan. Perubahan permukaan laut ini memicu banjir jalur luas wilayah pesisir, merendam bidang tanah secara permanen dan meninggalkan beberapa pulau.

Contoh pulau yang terbentuk dengan cara ini misalnya Kepulauan Inggris. Proses pelapukan dan erosi juga dapat menyebabkan pemisahan sebidang tanah dari daratan, menghasilkan sebuah pulau.

  1. Pulau Oseanik/Samudra

Pulau-pulau samudera adalah pulau-pulau yang tidak duduk di landasan benua, tapi naik ke permukaan dari dasar cekungan samudera. Pulau-pulau ini sering disebut sebagai “pulau-pulau tinggi”.

Pulau-pulau samudera asal vulkanik terbentuk ketika lava dimuntahkan oleh aktivitas gunung berapi bawah laut yang terbentuk berlapis-lapis untuk mencapai permukaan lautan dan muncul di atas permukaan air. Dengan demikian, pulau-pulau samudra merupakan puncak gunung berapi bawah lapisan tanah.

Bagaimana pulau oseanik Dibentuk?

Pulau-pulau oseanik terbentuk dengan cara yang berbeda, diantaranya yaitu ketika lempeng tektonik bergeser di zona subduksi, letusan gunung berapi mungkin terjadi dan mengarah pada pembentukan pulau.

Contoh pulau yang terbentuk dengan cara ini yaitu Pulau-pulau Jepang. Negara Jepang terletak di lokasi 4 lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Amerika Utara, lempeng Pasifik, lempeng Filipina.

Lempeng Eurasia dan Amerika Utara, yang lebih ringan dari dua lempeng samudera, yaitu lempeng Pasifik dan lempeng Filipina. Dengan demikian, selama aktivitas tektonik, lempeng samudera yang berat ditundukkan di bawah lempeng benua yang lebih ringan yang mengarah ke aktivitas vulkanik dan pembentukan pulau.

Pulau-pulau samudera juga terbentuk ketika lempeng tektonik terpisah satu sama lain. Sebagai contoh, pada tahun 1963, pemisahan lempeng Amerika Utara dari lempeng Eurasia menyebabkan aktivitas vulkanik yang kuat yang melahirkan pulau Surtsey. Ini adalah salah satu pulau terbaru di dunia.

Pulau-pulau samudera juga terbentuk di atas “hot spot” atau titik panas ketika sebuah benua bergeser dari “hot spot”. Hot spot dalam geologi adalah retakan atau kerak di kerak bumi yang memungkinkan bahan dari mantel naik. Bahkan jika kerak di atas hot spot bergeser, hot spot tetap cukup stabil di bawah kerak.

Pulau-pulau samudera Hawaii dibentuk oleh satu titik panas. Hot spot bahkan aktif hari ini dan menjadi tuan rumah dua gunung berapi di atasnya, Kilauea dan Mauna Loa. Hot spot juga melahirkan pulau Hawaii terbaru, Loihi yang juga terletak di hot spot.

  1. Pulau Penghalang (Barrier)

Pulau-pulau sempit yang terletak sejajar dengan garis pantai, dan memisahkan daratan dari lautan, dikenal sebagai pulau penghalang. Pulau-pulau penghalang berfungsi untuk melindungi garis pantai dari badai dan gelombang. Pulau-pulau dipisahkan dari daratan oleh suara atau laguna.

Bagaimana pulau barrier terbentuk?

Pembentukan pulau-pulau penghalang dapat terjadi dengan berbagai proses. Misalnya, pulau penghalang dapat dibuat oleh pengendapan sedimen seperti kerikil, pasir atau lumpur oleh arus pantai.

Sandbars adalah contoh dari pulau penghalang yang dibentuk oleh akumulasi pasir di sepanjang pantai oleh arus laut. Dalam jangka panjang, batang-batang pasir ini mungkin juga terkikis oleh arus yang sama yang membentuknya.

Pulau-pulau penghalang juga dapat dibuat dari milyaran eksoskeleton karang. Selain itu, bisa juga  terbentuk selama retret gletser setelah Zaman Es terakhir. Ketika es mencair dan permukaan laut naik, daerah pantai berpasir tenggelam dan hamparan pulau berpasir tertinggal. Contoh dari jenis pulau ini adalah pulau Outer Banks di lepas pantai tenggara AS.

Pulau-pulau penghalang juga telah dibentuk oleh morain glasial. Ketika gletser mencair selama Zaman Es terakhir, mereka meninggalkan tumpukan kerikil, tanah, dan batu yang disebut morain. Ketika kenaikan permukaan laut memicu banjir di sepanjang pantai, morain di dekat pantai dikelilingi oleh air laut, meninggalkan pulau-pulau.

  1. Pulau Karang

Pulau-pulau karang yang dibangun dari karang terletak di perairan hangat di lautan tropis dunia. Karang adalah makhluk laut kecil yang mengeluarkan eksoskeleton keras di sekitar mereka yang terbuat dari kalsium karbonat.

Karang tumbuh di koloni dan secara bertahap ukuran koloni tumbuh dan mengembang dan sering muncul di atas air untuk menghasilkan pembentukan pulau karang. Pasir dan semen membantu mengikat struktur berbasis karang di pulau-pulau tersebut. Pulau karang berfungsi sebagai habitat penting bagi keanekaragaman makhluk air. Contoh pulau karang termasuk pulau Bahama.

  1. Pulau Pasang Surut

Pulau pasang surut adalah pulau kontinental yang muncul sebagai pulau saat air pasang. Di sini daratan tidak sepenuhnya terputus dari pulau tetapi tanah penghubung antara keduanya terendam air selama pasang tinggi.

Pulau pasang surut adalah salah satu jenis Kepulauan yang paling umum di dunia. Contoh-contoh umum termasuk Jindo dan Mondo di Korea Selatan, Gunung St. Michael di Inggris, Pulau Cramond di Skotlandia dan banyak lainnya.

Pulau pasang surut biasanya terhubung ke daratan melalui jalan lintas buatan atau secara alami. Jalan lintas buatan terutama menguntungkan karena mereka meningkatkan akses mudah ke pulau pasang surut sambil melindungi wisatawan dan pengunjung dari bahaya yang terkait dengan gelombang pasang tinggi.

  1. Pulau Buatan

Ini adalah jenis pulau yang dibuat oleh orang-orang. Berbagai niat ada di balik penciptaan pulau-pulau buatan, seperti Estetika dan pembentukan situs objek wisata. Dalam menciptakan pulau-pulau buatan, sebuah situs baru dapat dibangun melalui penggunaan bahan-bahan yang dibawa dari tempat lain, sementara di sisi lain pulau-pulau yang ada dapat diperluas atau dimodifikasi.

Seringkali, pulau-pulau alami telah diperluas secara artifisial dengan mengalirkan air di sekitar pulau-pulau ini atau menambahkan bahan untuk memperpanjang pulau. Misalnya, Pulau Vasilyevsky diperluas ke arah barat dengan jarak sekitar 0,5 km selama pembangunan Pelabuhan Penumpang St. Petersburg.

Contoh pulau buatan baru yang dibuat menggunakan bahan yang bersumber dari tempat lain adalah pulau Dubai seperti Dunia, Palm Jumeirah, dan Palm Jebel Ali. Pulau-pulau besar ini diciptakan dengan menyimpan pasir yang dikeruk dari Teluk Persia di laut dekat pantai Dubai.

Pulau buatan dibuat menggunakan bahan alami seperti pasir, tanah, dan batu atau dengan menggunakan bahan sintetis seperti beton atau limbah daur ulang.

Demikianlah artikel lengkap yang bisa kami berikan pada kalian. Berkaitan dengan pengertian pulau menurut para ahli, macam, dan contohnya. Semoga bisa memberikan literasi, referensi, dan menambah edukasi bagi semuanya saja ya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *