Jenis Pulau dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Pulau

Pulau biasanya didefinisikan sebagai objek yang lebih kecil dari arti benua, sedangkan benua didefinisikan lebih besar dari pulau. Garis antara pulau dan benua telah ditarik secara sewenang-wenang. Namun hanya fitur yang diterima secara tradisional yang dapat membedakan pulau dari benua dan secara wilayah formal tidak mungkin untuk menarik garis antara dua objek geografis.

Argumen yang mendukung penarikan garis antara pulau/benua dalam kasus Greenland dan Australia cenderung menjadi perbedaan yang signifikan dalam ukuran dua objek. Karakteristik benua Australia hampir tiga setengah kali lebih besar dari Greenland. Namun, Greenland pada gilirannya hampir tiga kali lebih besar dari Papua yang merupakan salah satu pulau yang terdapat di Indonesia.

Pulau

Pulau adalah daratan yang sepenuhnya dikelilingi oleh air. Kondisi ini bisa berupa semua jenis lapisan tanah. Pulau ini juga dapat dikelilingi berbagai jenis air seperti laut, sungai dan danau. Ada banyak pulau terkenal di dunia. Salah satu bentang alam pulau yang paling terkenal adalah pulau Hawai.

Ada 100 pulau di Negara Bagian Hawaii. Pulau terkenal lainnya adalah Kepulauan Galapagos. Ini memiliki berbagai jenis spesies. Itu dibuat terkenal oleh ilmuwan dan penjelajah terkenal Charles Darwin.

Jenis Pulau

Berikut ini jenis-jenis pulau beserta contohnya yang ada di berbagai belahan dunia, antara lain:

  1. Pulau Kontinental

Para ilmuwan mengatakan bahwa jutaan tahun yang lalu, hanya ada satu benua besar. Superkontinen  ini disebut Pangea. Akhirnya, gerakan lambat kerak struktur bumi memecah Pangaea menjadi beberapa bagian yang mulai terpisah. Ketika perpisahan terjadi, beberapa bongkahan tanah berukuran besar membelah. Fragmen tanah ini menjadi pulau.

Contoh pulau kontinental, diantaranya yaitu:

  1. Pulau Greenland

Greenland sejauh ini merupakan pulau terbesar di dunia. Ini mencakup 822.706 mil persegi yang lebih dari dua kali lipat pulau terbesar kedua, Papua. Untuk pulau sebesar itu, Greenland memiliki populasi sekitar 56.000 orang yang menjadikannya salah satu tempat paling padat penduduknya di dunia.

Ini karena sebagian besar Greenland ditutupi oleh es. Greenland adalah bagian dari benua Amerika Utara, tetapi secara politis secara umum telah menjadi bagian dari Eropa melalui negara Denmark.

  1. Pulau Madagaskar

Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Itu terletak di lepas pantai tenggara Afrika. Madagaskar adalah rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini. Sekitar 80% kehidupan tanaman dan hewan di pulau itu hanya dapat ditemukan di Madagaskar. Sangat unik sehingga beberapa ilmuwan menyebutnya sebagai benua kedelapan.

  1. Pulau Jawa

Jawa adalah pulau vulkanik yang terletak diantara Pulau Sumatra dan Pulau Bali. Pulau Jawa berbatasan dengan Samudra Hindia di selatan dan Laut Jawa di utara. Dengan populasi lebih dari 141 juta (hanya Jawa) atau 145 juta (termasuk penduduk pulau-pulau di sekitarnya), Jawa memiliki 56,7 persen populasi Indonesia dan merupakan pulau terpadat di dunia.

Terbentuk sebagian besar sebagai hasil dari letusan gunung berapi dari subduksi geologis antara Lempeng Sunda dan Lempeng Australia, Jawa adalah pulau terbesar ke-13 di dunia dan terbesar kelima di Indonesia dengan daratan sekitar 138.800 kilometer persegi (53.600 mil persegi).

  1. Pulau Oseanik

Pulau oseanik merupakan jenis pulau tidak terletak di landas benua tetapi naik ke permukaan dari dasar cekungan samudera. Pulau-pulau ini berasal dari gunung berapi, Ooleh karena itu, disebut juga sebagai ‘pulau vulkanik’. Selama pembentukan pulau jenis ini, lava terakumulasi sampai pada titik di mana ia menonjol dari cekungan samudera dan akhirnya naik di atas permukaan laut, di mana ia secara fisik dilihat sebagai sebuah pulau.

Contoh pulau osenaik misalnya:

  1. Pulau Hawai

Pulau Hawai adalah adalah pulau terbesar yang terletak di negara bagian Hawaii di AS. Ini adalah yang terbesar dan paling tenggara dari Kepulauan Hawaii, rantai pulau-pulau vulkanik di Samudra Pasifik Utara. Dengan luas 4.028 mil persegi (10.430 km2), 63% daratan dari pulau ini bergabung dengan kepulauan Hawaii, dan merupakan pulau terbesar di Amerika Serikat. Namun, hanya 13% dari penduduk Hawaii.

  1. Pulau Ternate

Pulau Ternate adalah salah satu barisan pulau-pulau Indonesia yang membentang ke selatan di sepanjang pantai barat pulau Halmahera ke Kepulauan Bacan di sebelah timur Laut Maluku. Pulau Ternate terletak di provinsi Maluku Utara (Maluku Utara) dan terletak 14 mil (23 km) di barat Halmahera.

Kota Ternate adalah ibukota dan pusat komersial utama Maluku Utara. Pulau ini didominasi oleh gunung berapi dengan tiga puncak, yang tertinggi mencapai 5.646 kaki (1.721 meter).

  1. Pulau Pasang Surut

Pulau jenis ini adalah pulau yang keberadaannya sangat tergantung pada pasang surut air laut. Ini mengacu pada potongan-potongan tanah yang lebih terlihat pada saat air surut tetapi terendam selama aksi pasang tinggi. Pulau pasang surut adalah salah satu jenis Kepulauan yang paling umum di dunia.

Pulau pasang surut biasanya terhubung ke daratan melalui jalan lintas buatan atau secara alami. Jalan lintas buatan terutama menguntungkan karena mereka meningkatkan akses mudah ke pulau pasang surut sambil melindungi wisatawan dan pengunjung dari bahaya yang terkait dengan gelombang pasang tinggi.

Contoh pulau pasang surut misalnya:

  1. Pulau Jindo

Pulau Jindo adalah pulau terbesar ketiga di Korea Selatan. Bersama dengan sekelompok pulau yang jauh lebih kecil, membentuk Kabupaten Jindo. Pulai ini terletak di provinsi Jeolla Selatan, tak jauh dari sudut barat daya semenanjung Korea.

Pulau ini dipisahkan dari daratan oleh Selat Myeongnyang, namun, selat ini sekarang terbentang oleh jembatan kabel-tinggal terpanjang Korea Selatan yang membentang sepanjang 484 meter.

  1. Pulau Penghalang

Pulau penghalang adalah bentang alam pantai yang sering ditandai oleh daerah pasir yang rata dan bergelombang yang dihasilkan dari aksi gelombang dan pasang surut yang sejajar dengan pantai daratan.

Pulau ini terkait erat dengan sistem bukit pasir. Pulau-pulau penghalang terjadi dalam rantai yang terdiri dari beberapa pulau hingga sejumlah besar pulau. Bentuk pulau jenis ini dapat berubah selama badai dan pergerakan udara keras lainnya yang terkait. Pulau ini dikenal berfungsi dalam melindungi garis pantai di mana mereka muncul dan menyerap energi berlebih.

Contoh pulau penghalang misalnya:

  1. Pulau Padre

Pulau Padre adalah pulau penghalang terbesar di Texas dan pulau penghalang terpanjang di dunia. Pulau ini terletak di sepanjang pantai selatan Texas di Teluk Meksiko dan terkenal karena pantainya yang berpasir putih.

Pulau Padre merupakan pulau terbesar kedua berdasarkan wilayah di Amerika Serikat yang berdekatan, setelah Long Island di New York di Pantai Atlantik. Luasnya sekitar 2 mil dan 182 mil (3 km).

  1. Pulau Karang

Pulau karang adalah pulau yang terbentuk dari detritus karang dan bahan organik lainnya. Pulau ini biasanya terdapat di daerah tropis dan sub-tropis di dunia sebagai bagian dari terumbu karang yang telah tumbuh untuk menutupi sebagian besar tanah di bawah laut.

  1. Kepualauan Bahama

Bahama, yang dikenal secara resmi sebagai Persemakmuran Bahama adalah sebuah negara di Kepulauan Lucayan di Hindia Barat.

Pulau adalah anggota dari Commonwealth Realms di bawah monarki Ratu Elizabeth II. Negara kepulauan terdiri dari kurang dari 700 pulau, cay, dan pulau-pulau di Samudra Atlantik. Wilayah Bahama mencakup wilayah laut seluas 470.000 km2 (180.000 mil persegi).

  1. Pulau Buatan

Pulau buatan adalah jenis pulau yang sengaja dibuat oleh manusia, dengan berbagai tujuan di balik penciptaan pulau-pulau tersebut, seperti Estetika dan pembentukan situs objek wisata. Dalam menciptakan pulau-pulau buatan, sebuah situs baru dapat dibangun melalui penggunaan bahan-bahan yang dibawa dari tempat lain.

Contoh pulau buatan misalnya:

  1. Pulau Dubai

Dubai Waterfront  diharapkan menjadi tepi laut terbesar dan pengembangan buatan manusia terbesar di dunia. Proyek ini merupakan konglomerasi kanal dan kepulauan buatan; itu akan menempati garis pantai Teluk Persia terakhir yang tersisa di Dubai, emirat terpadat di Uni Emirat Arab.

Direncanakan akan terdiri dari serangkaian zona dengan penggunaan campuran termasuk area komersial, perumahan, resor. Visi dari proyek ini adalah “untuk menciptakan tujuan kelas dunia bagi penduduk, pengunjung, dan bisnis di kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia“.

Selain jenis-jenis pulau yang telah disebutkan di atas dengan maisng-masing contohnya, banyak pula rantai pulau yang merupakan kombinasi dari berbagai jenis pulau, misalnya Negara pulau Seychelles terbuat dari pulau granit kontinental dan pulau karang.

  1. Pulau Seychelles

Seychelles, secara resmi Republik Seychelles adalah negara kepulauan di Samudra Hindia di tepi timur Laut Somalia. Terdiri dari 115 pulau. Ibukotanya dan kota terbesarnya, Victoria, terletak 1.500 kilometer (932 mil) di timur daratan Afrika.

Negara dan wilayah kepulauan terdekat lainnya termasuk Komoro, Mayotte (wilayah Perancis), Madagaskar, Reunion (wilayah Perancis), dan Mauritius di selatan; serta Kepulauan Maladewa dan Chagos di sebelah timur.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan macam-macam pulau dan contohnya. Semoga bisa memberikan bahan bacaan bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkannya. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • 6 Major Types of Islands dari https://www.eartheclipse.com/geography/types-of-islands.html
  • Island dari https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/island/
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *