√7 Ciri-ciri Biotik dalam Kehidupan

Diposting pada

Ciri-ciri Biotik dalam Kehidupan

Lingkungan berarti segala sesuatu yang mengelilingi kita. Bisa makhluk hidup (biotik) atau tidak hidup (abiotik). Makhluk hidup terus-menerus berinteraksi dengannya dan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tempat hidupnya, sehingga di lingkungan terdapat beragam bentuk interaksi yang antara manusia, hewan, tumbuhan, tanah, air, serta komponen tidak hidup lainnya.

Ditinjau dari proses terbentuknya, lingkungan ada yang terbentuk secara alami, baik yang ada di daratan (seperti hutan hujan tropis, hutan musim, hutan gugur) dan yang ada di wilayah perairan (seperti rawa, danau, sungai), maupun lingkungan yang secara sengaja dibuat oleh manusia untuk menunjang segala bentuk aktivitas yang dilakukan, misalnya rumah, sekolah, pasar, dan lain-lain.

Lingkungan

Segala sesuatu adalah bagian dari lingkungan sesuatu yang lain. Oleh sebab itu, kata lingkungan digunakan untuk merujuk pada banyak hal. Orang-orang dalam bidang pengetahuan yang berbeda menggunakan kata lingkungan secara berbeda. Misalnya lingkungan elektromagnetik mengacu pada gelombang radio dan radiasi elektromagnetik serta medan magnet lainnya. Lingkungan galaksi mengacu pada kondisi medium antarbintang.

Dalam psikologi dan kedokteran, lingkungan seseorang adalah orang-orangnya, benda-benda fisik dan tempat tinggalnya. Lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan orang tersebut dalam hal perilaku, pikiran dan hati seseorang. Kondisi kehidupan makhluk hidup di suatu lingkungan juga dipengaruhi oleh cuaca atau perubahan iklim di lingkungan tersebut.

Pengertian Lingkungan Alam

Lingkungan alam meliputi semua makhluk hidup dan tidak hidup yang terjadi secara alami, artinya dalam hal ini bukan buatan. Lingkungan ini mencakup interaksi semua spesies makhluk hidup, iklim, cuaca dan sumber daya alam yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan aktivitas ekonomi. Konsep lingkungan alam dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu:

  1. Unit ekologi yang merupakan sistem alam yang terbentuk tanpa banyak campur tangan manusia. Ini termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batuan, atmosfer, dan kejadian alam (natural event).
  2. Sumber daya alam universal dan fenomena fisik yang tidak memiliki batas dengan jelas. Sumber daya alam yang dimaksud dalam hal ini termasuk iklim, udara, air, energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet.

Pengertian Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik dapat didefinisikan sebagai semua bentuk lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen mahluk hidup di permukaan bumi. Komponen lingkungan biotik tersebut mencakup manusia, hewan, tumbuhan, bakteri dan virus. Berdasarkan fungsinya, komponen lingkungan biotik bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu: produsen, konsumen, dan pengurai.

Ciri-Ciri Biotik

Adapun ciri-ciri biotik dalam kehidupan, sebagai berikut;

  1. Bernapas.

Arti bernapas adalah sebuah tindakan untuk melakukan proses menghirup oksigen (O2) di sekitar lingkungan yang ada dan melepaskan lagi sebuah karbon dioksida (CO2). Kegiatan bernapas ini dapat dilakukan oleh semua makhluk hidup dengan syarat oksigen yang berasal itu sehat dan aman untuk tubuh.

  1. Tumbuh.

Kata tumbuh berasal dari kata yang memiliki pengertian bertambah dalam semua hal yang berkenaan bisa berubah dari segi fisik (besar, tinggi, volume, berat, dan hal lain serupa) sehingga tumbuh ini menandakan terdapat proses perbedaan dari yang mulai usia muda hingga ke usia tua.

  1. Berkembang biak.

Arti berkembang biak adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk bertujuan menghasilkan makhluk baru yang sama jenisnya. Tujuan dari makhluk hidup berkembang biak adalah memperbanyak diri agar jenisnya tidak akan mengalami kepunahan sehingga terus ada di planet bumi. Ciri-ciri Makhluk hidup yang berkembang biak itu seperti makhluk hidup yang telah dewasa.

  1. Iritabilita.

Arti iritabilitas adalah suatu kemampuan oleh semua makhluk hidup di permukaan bumi untuk menanggapi sebuah rangsangan pada makhluk hidup lainnya. Setiap makhluk hidup masing-masing pasti mempunyai kemampuan menanggapi rangsang dengan cara yang berbeda-beda akan tetapi tujuannya adalah sama.

  1. Makan dan minum.

Kegiatan makan dan minum adalah suatu kebutuhan manusia yang paling penting untuk membentuk energi dalam tubuh sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa makan dan minum, manusia tidak daapat tumbuh dengan baik, sehingga kegiatan ini dapat menjadi salah satu bagian yang paling penting.

  1. Melakukan ekskresi.

Sistem ekskresi adalah sebuah sistem yang mempunyai tugas untuk mengolah zat sisa metabolisme dan racun di dalam tubuh, lalu membuangnya dari dalam tubuh manusia. Sebab, zat-zat sisa dan racun di dalam tubuh tersebut bisa mengakibatkan masalah gangguan kesehatan apabila tidak dibuang dari dalam tubuh mereka.

  1. Beradaptasi dengan lingkungannya.

Arti adaptasi adalah penyesuaian diri yang dilakukan makhluk hidup yang sebelumnya mendiami suatu wilayah tertentu dan kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan diri. Kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi itu sangat penting dalam kehidupan karena menghindari dari bentuk ancaman kepunahan.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada pembaca mengenai ciri-ciri biotik dalam kehidupan. Semoga artikel yang sudah di tulis ini daoat menambah wawasan dan pengetahuan serta menjadi sebuah sumber referensi untuk mencari materi yang terkait oleh segenap pembaca.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.