Permasalahan Lingkungan Hidup [Penyebab & Solusinya] di Indonesia

Diposting pada

Permasalahan Lingkungan Hidup

Permasalahan lingkungan menjadi salah satu keadaan yang seringkali ditakuti oleh negara-negara di dunia, baik ciri negara maju ataupun berkembang semuanya mengantispasi fenomena alam ini, oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut artikel inilah akan menulas tentang macam-macam permasalahan lingkungan hidup dari penyebab dan solusinya, khususnya di Indonesia.

Permasalahan Lingkungan

Permasalahan lingkungan adalah cerminan dari beragam dampak negatif dari serangkaian aktivitas manusia terhadap biofisik yang terdapat dalam kehidupan manusia. Problem ini menjadi acaman akan keutuhan SDA dan kemelorotan SDM yang terus menerus dialami oleh bangsa-bangsa merdeka.

Penyabab masalah lingkungan hidup yang utamanya bisa berasal dari kondisi ketidakmertaan ekonomi dalam pembangunan, sehingga setiap orang dalam masyarakat berupaya memenuhi kebutuhan hidup dengan cara-cara yang tidak prefentif terhadap perkembangan alam.

Permasalahan Lingkungan Hidup

Adapun macam-macam masalah lingkungan hidup yang ada di negara Indonesia, dari penyebab dan solusinya antara lain adalah sebagai berikut;

Kerusakan Hutan

Salah satu bentuk daripada masalah lingkungan hidup yang ada di Indonesia adalah kerusakan hutan yang sampai saat ini kerap kali terjadi, utamnya peristiwa ini dialami oleh daerah-daerah yang banyak memiliki lahan hutan luas, misalnya daerah Pulau Kaliamantan, Provinsi Riau, Sumatra Selatan, dan Jambi.

Penyebab adanya masalah lingkungan hidup berupa kerusakan hutan ini dihasilkan dari tekanan ekonomi yang dimiliki manusia untuk memneuhi kebutuhan hidupnya, sehingga melakukan penebangan hutam secara liar, khususnya dilakukan dalam upaya memperluas lahan.

Adapun solusi yang bisa dijalakan dalam koredor penangangan ini misalnya saja dengan memberikan sosialiasasi serta memberikan pemahaman kepada setiap masyarakat untuk menyadari pentinya menjaga hutan agar lingkungan tetapi lestari.

Pencemaran Air

Contoh lainnya yang menjadi bentuk masalah lingkungan hidup ialah pencemaran air, baik dalam bentuk membuat air keruh dengan membuang sampah semabarangan ataupun menghilangkan saluran air untuk keperluan dalam pembuatan rumah.

Keadaan ini terjadi di DKI Jakarta, dalam beberapa tahun ini air di Jakarta menjadi sangat sulit untuk dilakukan pemenuhan dalam bentuk apapaun, Keadaan ini banyak disebabkan karena masyarakat membangun rumah di lahan saluran air sehingga menjadi penyebab banjir terjadi.

Letusan Gunurigapi

Permasalahan lingkungan hidup yang lainnya, utamanya terjadi di Indonesia ialah letusan gunung api yang terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunungapi yang paling tinggi.

Bahaya yang ditìmbulkan oleh letusan gunungapi dalam permasalahn lingkungan hidup ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Hujan abu vulkanik, menyebabkan gangguan pernapasan.
  • Lava panas merusak dan mematikan apa pun yang dilalui.
  • Awan panas dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui.
  • Gas yang mengandung racun.
  • Material padat (batuan, kerikil, pasir) dapat menimpa perumahan. ,

Gempa

Gempa adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunungapi), terjadinya tanah turun, maupun gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa. Meskipu demikian pada fakta sosialnya gempa menjadi salah satu masalah dalam kehidupan, khususnya di Indonesia.

Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat Iangsung maupun tidak langsung, di antaranya sebagai berikut;

  • Berbagai bangunan roboh.
  • Tanah di permukaan bumi merekah dan jalan menjadi putus.
  • Tanah longsor akibat guncangan.
  • Terjadi banjir akibat rusaknya tanggul.
  • Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang).

Angin Topan

Permaalahan lingkungan hidup lainnya ialah angin topan yang umumnya terjadi akibat aliran udara dan kawasan yang bertekanan tinggi menuju kawasan bertekanan rendah. Perbedaan tekanan udara ini terjadi karena perbedaan suhu udara yang mencolok. Serangan angina topan bagi negara-negara di kawasan Samudra Pasifik dan Atlantik merupakan hal yang biasa terjadi.

Bagi wilayah-wilayah di kawasan California, Texas, sampai di kawasan Asia seperti Korea dan Taiwan, bahaya angin topan merupakan bencana musiman. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan ikiim yang disebabkan oleh adanya dampak pemanasan global.

Kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh angin topan di antaranya sebagai berikut.

  • Merobohkan bangunan.
  • Rusaknya areal pertanian dan perkebunan.
  • Membahayakan penerbangan.
  • Menimbulkan ombak besar yang dapatmenenggelamkafl kapal.

Kemarau Panjang

Kemarau panjang merupakan salah atau masalah lingkungan hidup yang biasanya disebabkan oleh penyimpangan iklim yang mengakibatkan musim kemarau lebih lama dari kondisi yang semesti terjadi. Akibat hal inilah kerusakan lingkungan mengakibatkan peristiwa sebagai berikut;

  • Banyaknya tumbuhan yang mongering
  • Tanaman berupa padang rumput hilang, hingga fenomena inilah secara tidak langsung mengancam usaha peternakan yang dikembangkan wilayah dan perwilayahan di daerah Indonesia.
  • Sumber air banyak yang mengering.
  • Sumber irigasi pertanian yang ada sebagai penghidupan persawahan mengering.
  • Memicu terjadinya kebakaran hutan.
  • Hasil pertanian menurun, bahkan gagal panen.

Pencemaran Udara

Salah satu bentuk adanya masalah lingkungan hidup yang kerap terjadi di Indonesia adalah pencemaran udara yang biasanya menjadi penyebab kondisi ini ialah polusi atupun kebakaran hutan, sehingga secara tidak langsung menjadi ancaman bagi kesehatan manusia.

Abrasi

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak pantai, bentuk daripada masalah atas kondisi tersebut salah satunya adalah abrasi yang utamnya terjadi diwilayah Indonesia akibat masalah tidak adanya penanaman pohon mangrov.

Lama kelamaan gelombang pantai yang menerpa daratan akan mengikis dan mengilang. Dengan adanya kondisi inilah salah satu solusi yang perlu dilakukan bagi masyarakat ialah dengan menanam pohon magrov sebagai salah satu bentu wisata bahari yang penting untuk menekan kecilnya jumlah pengikisan tanah (abrasi).

Pencemaran Tanah

Masalh lingkungan hidup yang lainnya, terjadi di Indonesia adalah pencemaran tanah. Peristiwa pencemaran ini terjadi karena banyaknya tumbuhan yang saat ini mempergunakan pupuk tidak ramah untuk tanah, selain itu juga penggunaan bahan-bahan kimia yang tinggi membuat tanah tidak subur lagi.

Salah satu penyebab adanya pencemaran tanah ini karena penggunaan bahan kimia yang tinggi tanpa adanya pendaur ulangan yang baik. Misalnya untuk kasus ini seperti olu bekas yang mengandung Bahan Bercun untuk tanah.

Hingga solusi yang ditawarkan dari serangkaian masalah lingkungan hidup berupa pencemaran tanah ini misalnya saja dengan pengurangan terhadap bahan kimia serta pendaur ulangan beragam masalah-masalah anaroganik yang tidak bisa hancur dengan humus.

Sampah

Salah satu bentuk dalam masalah lingkungan hidup yang ada di sekitar rumah terutama yang paling dekat ialah sampah. Kondisi sampah saat ini sangat banyak sekali yang tidak bisa hancur dengan tanah, atas peristiwa tersebut tentusaja menjadi ancaman bagi lingkungan.

Oleh karenannya sebagai solusi dalam pengentasan masalah ini bisa dilakukan, salah satunya dengan mengupayakan penyadaran di lembaga keluarga, pendidikan, dan masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dengan tidak membuang sampah semabarangan.

Biota Laut Berkurang

Kesetabilan hidup yang menjadi salah satu bentuk masalah lingkungan hidup ialah berkurangnya bita laut yang ada di dalam air. Kondisi ini disebabkan karena masyarakat menghabiskannya secara langsung untuk mengambil keseluruhan tanpa adanya merehabilitasinya. Atas peristiwa inilah kemudian biota laut menjadi sangat tidak terindungi hingga menyababkan kurang munculnya kesebilan didalamnya.

Pemanasan Global

Bentuk lainnya yang menjadi slah satu masalah lingkungan hidup ialah pemanasan global. Kondisi ini bisa dipengaruhi karena rumah kaca dengan tidak menyeimbangkannya terhadap lingkungan, akhirnya membuat keseharian manusia ternacam untuk bisa menyesuaiakn diri dengan lingkungannya.

Dari serangkaian penjelasan tentang permasalahan lingkungan hidup diatas, dapatlah dikatakan bahwa permasalahan dalam lingkungan sangatlah kompleks yang menjalar disetiap sendir kehidupan. Permasalahan tersebut secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada kehidupan yang manusia lakukan di dalam keseharian.

Adapun jikalau dilihat berdasarkan faktor penyebabnya, kerusakan Iingkungan hidup yang ada di bumi ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, antara lain;

Kerusakan yang Diakibatkan oleh Peristiwa Alam

Kerusakan lingkungan hidup akibat peristiwa alam akhir-akhir ini terjadi dalam bentuk beragam bencana alam yang melanda Indonesia, hingga akhirnya diakui ataupun tidak secara langsung telah menimbulkan dampak lingkungan yang cukup parah.

Peristiwa alam yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup karena alam ini misalnya pada Tahun 2018 tentang adanya Gempa Bumi yang beberapa kali menda wilayah Lombok ataupun Pulau Bali, hingga menimbulkan kerugian amaterial ataupun non material.

Kerusakan Akibat Perilaku Manusia

Adapun bentuk permasalahan lingkungan hidup selanjutnya bisa terjadi karena ulang tangan manusia yang tidak bertangung jawab dalam menjaga alam, hingga akhirnya kondisi itu memepengaruhi kesetabilan suasana alam yang lestari.

Contoh nyatanya dalam kerusakan akibat manusia ini misalnya saja tentang adanya Pembakaran Hutan yang terjadi di Provinsi Riau sepanjang tahun 2007 sampai dengan 2018 ini, diakui ataupun tidak fenomena sosial tersebut berakibat pada rusaknya keseimbangan alam. Dampak ini misalnya saja pemanasan global. Selengkapnya, baca; Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Manusia dalam Kesehariannya

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai permasalahan lingkungan hidup yang ada di Indonesia dari penyebab dan solusi serta beragam contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *