Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Diposting pada

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Pasar memiliki struktur tersendiri yang mungkin kita dapat mengenali mengenai bentuk-bentuk pasar itu. Bentuk pasar dibagi menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Adapun untuk kali ini kita akan fokus pada karakteristik dari pasar persaingan sempurna, hal ini lantaran menjadi sangat penting untuk diketahui.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna ialah pasar yang menjual produk dengan berbagai jenis variasi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual jenisnya tidak beragam namun variasi dari barang tersebut bermacam-macam.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki beberapa definisi tersendiri tentang pasar persaingan sempurna. Antara lain,

  1. Wilson Bangun (2007), pasar persaingan sempurna adalah bentuk pasa yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pasar ini dapat dikatakan sebagai bentuk pasar yang paling tua diantara pasar yang lain.
  2. Adiwarman Karim (2007), pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana penjual tidak dapat menetapkan harga sendiri melainkan harus mengikuti harga yang ada di pasar.

Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna dapat kita identifikasi dari beberapa hal yang melekat pada bentuk pasar tersebut. Berikut merupakan beberapa karakteristik pasar persaingan sempurna, antara lain;

Jumlah pembeli dan penjual sama-sama banyak

Pada pasar persaingan sempurna tidak terdapat kesulitan akses ke lingkup pasar ini sehingga siapapun diperbolehkan melakukan transaksi di pasar ini, baik sebagai penjual atau pembeli. Tidak terdapat batasan berapa banyak barang atau jasa yang dibutuhkan oleh pembeli.

Akses keluar masuk barang dan jasa sangat mudah

Menjadi pengakuan bahwasanya dalam pasar persaingan sempurna jumlah untuk melakukan penjualan barang atau jasa yang ada di dalam pasar tidak dibatasi. Sehingga semua terserah masing-masing penjual dan pembeli. Adapun untuk harga biasanya ada kesepatakan antara pera penjualnya saja.

Akses keluar masuk penjual sangat mudah

Dalam ciri ini semua orang boleh berperan sebagai penjual  ataupun melakukan pembelian sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sehingga dalam pasar persaingan sempurna biasanya masalah kesenjangan sosial sangat sulit untuk dtemukan.

Pembeli dan penjual memahami keadaan pasar dengan baik

Semua orang dalam pasar persaingan sempurna telah memahami keadaan secara pengetahuan produk atau penetapan harga. Segala jenis pegetahuan mengenai produk telah dipahami leh penjual dan pembeli dan tidak ada yang ditutupi atau disembunyikan.

Bebas dari campur tangan pemerintah

Pemerintah pusat ataupun daerah dalam hal tidak berhak mengatur keberjalanan pasar. Segala mekanisme pasar terjadi sesuai dengan porsinya masing-masing. Segala masalah yang ada di pasar dapat terselesaikan dalam pasar tersebut.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Adapun untuk beragam contoh yang ada dalam pasar persaingan sempurna, misalnya saja seperti adanya pasar oleh-oleh yang ada di Provinsi Yogjakarta. Pasar dalam proses penjualnnya melakukan penawaran untuk menjual barang berupa Bakpia, hal ini disebabkan karena Yogjakarta terkenal dengan makanan khas tersebut.

Meskipun demikian tentusaja dalam kelebihan dan kekuarangan pasar persaingan sempurna di Yogjakarta ini ialah pembeli yang terbatas manakala tidak terdapat wisatawan. Sehingga untuk mendorong pejualannya dinas pariwisata disini melakukan proses branding yang baik agar Yogja tetep terkenal sebagai daerah wisata.

Nah, itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan contohnya di Indonesia. Semoga bisa memberikan pengetahuan atas materi yang telah disampikan, trimakasih.

Daftar Pustaka

Bangun, W. 2007. Teori Mikro Ekonomi. Bandung: PT. Rafika Aditama.

A. Karim, A. 2007. Ekonomi Mikro Islam edisi Ketiga. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *