Kelebihan dan Kekuarangan Pasar Persaingan Sempurna

Diposting pada

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, dimana dalam bentuk pasar ini salah satu cirinya terorganisir dibanding bentuk pasar persaingan tidak sempurna, selain itu pasar ini juga memiliki arah yang jelas. Sedangkan untuk barang yang dijual antara pedagang satu dengan yang lain sama.

Sehingga sangatlah jelas jikalau kelebihan dengan bentuk pasar ini ialah pembeli dapat membeli apapun dengan pilhan yang banyak sehingga merasa puas. Sedangkan untuk kekurangannya secara garis besar tidak terdapat barang subtitusi karena memang barang yang tersedia sudah beraneka ragam. Sebagai penjelasan lebih lengkap berikut ulasan akan kekurangan dan kelebihan dari pasar persaingan sempurna.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah tempat melakukan jual beli dimana tidak terdapat pihak manapun yang dapat menentukan harga barang di pasar. Harga pasar terbentuk sesuai dengan keadaan yang ada. Harga pasar ditentukan oleh jumlah permintaan yang dimbangi dengan jumlah penawaran dari penjual.

Kelebihan dan Kekuarangan Pasar Persaingan Sempurna

Hal-hal yang mungkin dianggap sebagai keuntungan dan kerugian bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pasar persaingan sempurna, antara lain;

Kelebihan

Untuk kelebihan yang ada dalam pasar persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut;

  1. Pembeli mengenali kondisi pasar sehingga sangat jarang pembeli merasa kecewa, pengetahuan produk yang smepurna membuat konsumen tidak berekspektasi berlebih.
  2. Terdapat persaingan yang murni antar penjual, semua penjual dan pembeli tidak ada yang saling mempengaruhi.
  3. Penjual memiliki kebebasan untuk menjual barang apapun, barang yang dijual tidak harus berbeda dengan produk penjual lain. Jumlah pesaing tidak dibatasi dengan jumlah tertentu.
  4. Barang yang diproduksi menggunakan biaya serendah-rendahnya, sehingga dalam melakukan proses produksi menetapkan faktor produksi yang rendah agar dapat menjual barang sesuai dengan harga pasar.

Kekurangan

Ketika dalam suatu bentuk pasar terdapat keuntungan tentu juga terdapat kerugianyang dirasakan. Kerugian tersebut berasal dari kekurangan bentuk pasar ini. Berikut merupakan beberapa kekurangan pasar pesaingan sempurna, antara lain;

  1. Jenis industri tidak banyak, industri yang terlibat biasanya tidak lebih dari tiga jenis industri. Ketiga jenis industri ini juga saling bekaitan.
  2. Penjual menjual barang yang sama, banyak penjual yang menjual produk yang sama sehingga barang tidak cepat terjual. Hal tersebut disebabkan banyaknya jumlah penjual yang menjual produk yang sama.
  3. Tidak terdapat barang subtitusi, semua jenis barang sama sehingga tidak terdapat barang pengganti lainnya apabila terjadi kelangkaan barang tersebut.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Untuk analisis dalam contoh pasar persaingan sempurna ini hampir terjadi di berbagai daerah Indonesia. Misalnya saja seperti;

PGS (Pusat Grosir Solo)

PGS merupakan contoh nyata dalam bentuk pasar persaingan sempurna dimana tidak terdapat penjual perorangan yang menguasai pasar. Semua harga terbentuk karena kesepakatan antara penjaul dan pembeli. Sehingga dalam konteksnya untuk melakukan proses tawar menawar tidak terlihat di dalamnya.

Pasar Oleh-Oleh di Kawasan Gang PU, Lampung

Contoh lain dari adanya pasar persaingan tidak sempurna ini ialah terdapatnya sentra perdagangan oleh-oleh khas Lampung yang berada di Kawasan Gang PU tepatnya di Jalan Pagar Alam, Kota Bandar Lampung. Dalam prosesnya pejual diwilayah ini semuanya mempromosikan satu produk yang menjadi unggulan untuk oleh-oleh, yaitu Kripik Lampung.

Sehingga dalam tindakannya untuk kekuarangan yang ada dalam kawan ini ialah tidak adanya indutri yang banyak lantaran satu jenis selin itu juga untuk pembeli yang melakukannya kebanyakan dari luar daerah, bukan dari masyarakat Lampung itu sendiri.

Sedangkan analisis dalam kelebihan pasar ini yaitu mampu mempromosikan wisata dan keunggulan daerah sehingga meningkatkan pendapatan bagi masyarakat ataupun pemerintaha daerah itu sendiri.

Itulah tadi ulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan kelebihan dan kekuarangan pasar persaingan sempurna secara umum yang disertai pula dengan contohnya di Indonesia. Semoga memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *