5 Contoh Lingkungan Buatan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Lingkungan Buatan di Masyarakat

Lingkungan alam dan lingkungan buatan merupakan keanekaragaman dari beberapa lingkungan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia guna untuk melanjutkan kehidupannya. Contoh lingkungan hidup buatan sering dijadikan sebuah wilayah perwilayahan manusia untuk menanam tumbuhan, lingkungan buatan ini juga termasuk dalam materi kajian ilmu geografi.

Lingkungan buatan yang terdapat di permukaan bumi merupakan hasil tiruan manusia agar dapat dimaanfaatkan lahannya. Ciri lingkungan buatan biasanya dibentuk oleh manusia, lahannya dapat diubah seseuai kehendak manusia, pembentukkan wilayahnya berdasarkan dari menusia.

Pengertian Lingkungan Buatan

Arti lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di planet bumi sehingga dapat mempengaruhi satu sama lain dan membentuk sistem yang bermacam-macam. Dalam perencanaan kota, arsitektur dan teknik sipil, istilah lingkungan binaan mengacu pada lingkungan buatan manusia yang menyediakan pengaturan untuk aktivitas manusia, termasuk rumah, gedung, zonasi, jalan, trotoar, ruang terbuka, pilihan transportasi, dan banyak lagi. Sehingga lingkungan binaan atau lingkungan buatan bisa juga didefinisikan sebagai “ruang buatan manusia tempat orang tinggal, bekerja, dan berekreasi sehari-hari”.

Lingkungan buatan terdiri dari fitur fisik. Namun, ketika dipelajari, lingkungan buatan sering menyoroti hubungan antara ruang fisik dan konsekuensi sosial. Berbagai aspek lingkungan buatan berkontribusi pada pengetahuan tentang perumahan dan segregasi, aktivitas fisik, akses makanan, perubahan iklim, dan rasisme lingkungan. Konsep dari lingkungan buatan biasanya lebih indah karena dikelola oleh manusia sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan oleh manusia.

Contoh Lingkungan Buatan

Pada beberapa macam lingkungan di permukaan bumi maka, lingkungan buatan dapat dicontohkan sebagai berikut;

  1. Jalan raya

Jalan raya, meskipun terutama ditujukan untuk meningkatakan transit, tapi dapat berfungsi pula sebagai penghalang fisik dalam lingkungan buatan. Selain itu, jalan raya utama juga dapat membagi ruang sosial dengan mengurangi jarak berjalan kaki dan memisahkan bisnis dari kawasan pemukiman.

  1. Trotoar

Trotoar adalah fitur penting dari lingkungan buatan yang memungkinkan mobilitas pejalan kaki. Kualitas dan layanan trotoar dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti patroli polisi, kebersihan, penghalang, dan kerusakan permukaan seperti retakan. Pada contoh lingkungan buatan ini trotoar merupakan buatan manusia yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manusia.

  1. Bangunan

Lokasi, desain, dan tata letak bangunan semuanya berdampak pada fungsi dan efektivitas layanan bangunan. Lokasi sebuah bangunan dapat mempengaruhi bagaimana sebuah bangunan akan digunakan, dan seberapa sering. Selain itu, desain dalam ruangan, seperti yang ditentukan oleh arsitek dan desainer, memiliki pengaruh besar pada bagaimana fungsi ruang dan perilaku orang dalam menggunakannya.

  1. Taman dan ruang terbuka hijau

Taman dan ruang terbuka hijau memberikan sejumlah manfaat lingkungan termasuk meningkatkan aktivitas fisik dan kesejahteraan lingkungan. Lokasi dan aksesibilitas taman dan ruang terbuka hijau juga memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat di sekitarnya, bahkan mempengaruhi faktor lingkungan seperti suhu dan polusi udara.

  1. Pilihan transportasi

Pilihan transportasi memainkan peran besar dalam komunitas, baik secara sosial maupun fisik. Pilihan ini dapat mencakup jalan dan trotoar seperti yang disebutkan sebelumnya, serta infrastruktur transportasi umum dan jalur sepeda.

Transportasi umum meningkatkan nilai properti dengan meningkatkan akses ke sumber daya di sekitarnya, menurunkan biaya hidup dengan mengurangi kebutuhan akan kendaraan pribadi, dan meningkatkan jejak lingkungan suatu daerah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Nah demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai tentang contoh lingkungan buatan di masyarakat. Semoga dapat menambah wawasan dan juag sekaligus pengetahun tentang materi yang dibahas serta dapat menjadi sebuah sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.