Pengertian Patahan Fault dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Patahan Fault dan Contohnya

Beberapa contoh patahan yang terdapat di indonesia merupakan suatu hal yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Sehingga tidak jarang pula manusia memanfaatkan patahan yang terjadi di permukaan bumi. Jenis patahan yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah Graben, Horst, Fault scrap, Pegunungan patahan dan Horst. Selanjutnya, atahan yang ada di indonesia itu terdapat di daerah-daerah tertentu seperti di pulau sumatera dan pulau jawa.

Patahan Fault

Jenis patahan di geografi merupakan suatu hal yang harus diamati guna untuk mengembangkan ilmunya. Pada jenis patahan Fault ini bagian dari patahannya memiliki arah yang bagus serta arah patahan ini menghadap kanan atau kiri. Patah fault dapat tercipta karena adanya aktivitas dari dalam perut bumi.

Gambar patahan faul ini bisa diintepretasikan untuk menggambarkan suatu patahan fault tersebut. yang nantinya keseluruhan dalam patahan ini tidak selalu bergerak akan tetapi bergeraknya datar serta bisa juga arahnya vertikal. Hasil dari gerakan patahan yang terlihat salah satu bagian permukaan

Pengertian Fault

Fault atau sesar adalah patahan pada kerak bumi yang mengalami perubahan posisi. Dalam geologi, sesar juga bisa diartikan sebagai fraktur planar atau diskontinuitas dalam volume batuan yang mengalami perpindahan yang signifikan sebagai akibat dari pergerakan massa batuan.

Pelepasan energi yang terkait dengan gerakan cepat pada sesar aktif dapat menjadi penyebab sebagian besar kejadian gempa bumi. Sesar juga dapat berpindah secara perlahan oleh aseismic creep atau fault creep (sesar menjalar), yaitu perpindahan permukaan yang terukur sepanjang sesar tanpa menimbulkan gempa bumi.

Contoh Fault

Contoh fault atau sesar, diantaranya yaitu:

  1. Sesar Besar Sumatera atau Patahan Semangko

Patahan semangko ialah bentukan geologi yang membentang dengan arah utara ke selatan di Pulau Sumatera, mulai dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Patahan Semangko inilah yang membentuk Pegunungan Barisan, yaitu rangkaian dataran tinggi yang terletak di sisi barat pulau Sumatera.

Jenis patahan fault dapat membentuk pegunungan barisan yang biasanya didalam geologi atau fenomena di planet bumi bisa menjadikan wilayah perwilayahan tersebut bermanfaat untuk kepentingan makhluk hidup.

  1. Sesar Mentawai

Sesar Mentawai adalah sesar naik aktif yang berada di barat Pulau Sumatra. Sesar Mentawai membentang dari pulau Nias yang di utara ke pulau-pulau Mentawai yang ada di selatan. Sesar Mentawai terletak sekurang-kurangnya 150 km dari zona Subduksi Lempeng Indo-Australia ke Eurasia.

Magnitudo gempa yang dapat diakibatkan oleh pergerakan sesar ini diperkirakkan antara 5 hingga 8 SR, sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya tsunami sebab sesar ini adalah Sesar Laut. Jenis patah dalam ilmu geografi bisa terbentuk karena adanya bencana alam.

  1. Sesar Sorong

Sesar Sorong atau Patahan Sorong adalah sesar yang terdapat di tepi utara Pulau Papua, membentang dari timur ke barat, yang melewati kota Manokwari-Sorong, hinnga ke Halmahera, dan ada kemungkinan  sampai Sulawesi. Sesar Sorong terbentuk akibat benturan antara Lemoeng Australia (yang bergerak dari selatan ke utara) dengan Lempeng Samudra Pasifik (yang bergerak dari timur ke barat).

Gambaran jenis patahan fault ini seperti membentuk tumupan dan daratannya akan menjulang lebih tinggi daripada daratan sebelumnya sehingga terbentuk daratan rendah.

Demikianlah materi yang dapat dibgaikan kepada seluruh pembaca mengenai tentang pengertian patahan fault dan contohnya. Semoga artikel yang ditulis ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi yang membaca dan juga menjadi salah satu sumber rujukan informasi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.