Contoh Pasar Monopoli di Indonesia

Diposting pada

Pasar Monopoli Indonesia

Pasar monopoli sejatinya dipergunakan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pada sebuah pasar dalam jenis ini seseorang dapat melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga bentuk pasar ini juga merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan primer seseorang yang setiap hari harus dipenuhi.

Adapun untuk contoh dalam pasar monopoli yang mungkin terjadi di Indonesia ada beragam bentuknya, baik yang menangani bidang kelistrikan, komunikasi, transportasi, penambangan minyak, dan lain sebagainya. Hal ini bisanya dipertunkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli sejatinya berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata yaitu monos dan polien. Monos berarti satu dan polien berarti menjual. Sehingga dalam hal inilah monopoli dapat diartikan sebagai bentuk pasar dimana didalamnya hanya ada satu penjual yang menguasai pasar.

Selain itu juga untuk ciri pasar monopoli ialah suatu keadaan pasar dimana dalam pasar tersebut hanya dikuasai oleh satu orang saja yang menentukan penawaran dalam pasar tersebut. Semua kegiatan pasar ditentukan oleh pihak penguasa.

Sedangkan untuk memenuhi perlengkapnya pasar monopoli bisa saja tidak berdampak baik. Alasannya ialah penerapan sistem pasar ini yang memberikan dampak buruk pada orang lain atau merugikan orang lain. Kerugian itu paling dirasakan oleh pedagang kecil dan pembeli. Mereka tidak dapat menolak ketetapan dari penguasa pasar.

Contoh Pasar Monopoli

Perusahaan yang menyediakan jasa satu-satunya di Indonesia dapat kita sebut sebagai pasar monopoli dalam sektor tersebut. Berikut beberapa contoh pasar monopoli yag ada di Indonnesia,

PT. Telkom

Perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi. PT. Telkom Indonesia merupakan satu perusahaan yang memiliki satelit yang digunakan dalam jaringan komunikasi di Indonesia. Segala bentuk koneksi akan menggunakan jaringan dari telkom.

Telkom dapat menetapkan harga sesuai dengan fasilitas yang disediakan dan tidak akan ada yang menyalahkan kebijakan yang telah dibuat. Pelanggan akan tetap menggunakan karena merasa butuh akan jasa yang disediakan oleh PT. Telkom.

PT. PLN

Penyedia listrik untuk masyarakat melalui saluran kabel yang terdapat di seluruh Indonesia. PT. PLN satu-satunya perusahaan yang menyediakan listrik secara masal. Tidak ada perusahaan lain yang menyediakan jasa yang sama. PLN tidak memiliki pesaing yang akan merusakan segala aturan yang telah dibuat. Pelanggan akan selalu membayar berapapun jumlah tarif dasar yang ditetapkan oleh pihak PLN.

PT. Pertamina

Pertamina merupakan salah satu perusahaan perseroan satu-satunya yang di Indonesia dibawah BUMN. Perusahaan ini menyediakan bahan bakar untuk segala kendaraan bermotor. Kebijakan harga juga mengikuti naik turunnya harga secara internasional.

Apalagi saat ini penetapan harga tak lagi seperti dahulu dimana semua jenis bahan bakar bersubsisdi. Saat ini bahan bakar bersubsidi terbatas sehingga konsumen harus menggunakan bahan bakar tidak bersubsidi. Apabila pelanggan ingin membeli bahan bakar pada perusahaan lain, kenyataanya sangat jarang perusahaan lain yang menyediakan bahan bakar.

PT. Pelni

PT. Pelni adalah salah satu contoh nyata dalam pasar monopoli, khususnya yang berada salam sektor transportasi laut. Untuk jenisnya sendiri PT Pelayaran Nasional Indonesia ini adalah bagian daripada BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan pendapatan pada tahun 2018 sebesar 4,59 triliun IDR.

PT. Aneka Tambang

Jenis pasar monopoli selanjutnya ialah sektor pertambangan yang diakui bahwa Indonesia adalah salah satu pemilik SDA (Sumber Daya Alam) yang melipah. Nama perusahaan ini sendiri ialah Aneka Tambang yang juga menjadi bagian daripada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca tentang contoh pasar monopoli yang mungkin tidak jauh berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna pada umumnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *