Contoh Pasar Monopoli di Indonesia

Diposting pada

Pasar Monopoli Indonesia

Pasar monopoli sejatinya dipergunakan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pada sebuah pasar dalam jenis ini seseorang dapat melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga bentuk pasar ini juga merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan primer seseorang yang setiap hari harus dipenuhi.

Adapun untuk contoh dalam pasar monopoli yang mungkin terjadi di Indonesia ada beragam jenis industri yang menanganinya, baik yang menangani bidang kelistrikan, komunikasi, transportasi, penambangan minyak, dan lain sebagainya. Hal ini bisanya dipertunkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli sejatinya berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata yaitu monos dan polien. Monos berarti satu dan polien berarti menjual. Sehingga dalam hal inilah monopoli dapat diartikan sebagai bentuk pasar dimana didalamnya hanya ada satu penjual yang menguasai pasar.

Selain itu juga untuk ciri pasar monopoli ialah suatu keadaan pasar dimana dalam pasar tersebut hanya dikuasai oleh satu orang saja yang menentukan penawaran dalam pasar tersebut. Semua kegiatan pasar ditentukan oleh pihak penguasa.

Sedangkan untuk memenuhi perlengkapnya pasar monopoli bisa saja tidak berdampak baik. Alasannya ialah penerapan sistem pasar ini yang memberikan dampak buruk pada orang lain atau merugikan orang lain. Kerugian itu paling dirasakan oleh pedagang kecil dan pembeli. Mereka tidak dapat menolak ketetapan dari penguasa pasar.

Contoh Pasar Monopoli

Perusahaan yang menyediakan jasa satu-satunya di Indonesia dapat kita sebut sebagai pasar monopoli dalam sektor tersebut. Berikut beberapa contoh pasar monopoli yag ada di Indonnesia,

  1. PT. Telkom

Contoh Pasar Monopoli PT. Telkom
PT. Telkom

Perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi. PT. Telkom Indonesia merupakan satu perusahaan yang memiliki satelit yang digunakan dalam jaringan komunikasi di Indonesia. Segala bentuk koneksi akan menggunakan jaringan dari telkom.

Telkom dapat menetapkan harga sesuai dengan fasilitas yang disediakan dan tidak akan ada yang menyalahkan kebijakan yang telah dibuat. Pelanggan akan tetap menggunakan karena merasa butuh akan jasa yang disediakan oleh PT. Telkom.

  1. PT. PLN

Pasar Monopoli PLN
PT. PLN

Penyedia listrik untuk masyarakat melalui saluran kabel yang terdapat di seluruh Indonesia. PT. PLN satu-satunya perusahaan yang menyediakan listrik secara masal.

Tidak ada perusahaan lain yang menyediakan jasa yang sama. PLN tidak memiliki pesaing yang akan merusakan segala aturan yang telah dibuat. Pelanggan akan selalu membayar berapapun jumlah tarif dasar yang ditetapkan oleh pihak PLN.

  1. PT. Pertamina

Contoh Pasar Monopoli Pertamina
PT. Pertamina

Pertamina merupakan salah satu perusahaan perseroan satu-satunya yang di Indonesia dibawah BUMN. Perusahaan ini menyediakan bahan bakar untuk segala kendaraan bermotor. Kebijakan harga juga mengikuti naik turunnya harga secara internasional.

Apalagi saat ini penetapan harga tak lagi seperti dahulu dimana semua jenis bahan bakar bersubsisdi. Saat ini bahan bakar bersubsidi terbatas sehingga konsumen harus menggunakan bahan bakar tidak bersubsidi. Apabila pelanggan ingin membeli bahan bakar pada perusahaan lain, kenyataanya sangat jarang perusahaan lain yang menyediakan bahan bakar.

  1. PT. Pelni

Contoh Pasar Monopoli Pelni
PT. Pelni

PT. Pelni adalah salah satu contoh nyata dalam pasar monopoli, khususnya yang berada salam sektor transportasi laut. Untuk jenisnya sendiri PT Pelayaran Nasional Indonesia ini adalah bagian daripada BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan pendapatan pada tahun 2018 sebesar 4,59 triliun IDR.

  1. PT. Aneka Tambang

Contoh Pasar Monopoli Aneka Tambang
PT. Aneka Tambang

Jenis pasar monopoli selanjutnya ialah sektor pertambangan yang diakui bahwa Indonesia adalah salah satu pemilik SDA (Sumber Daya Alam) yang melipah. Nama perusahaan ini sendiri ialah Aneka Tambang yang juga menjadi bagian daripada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

  1. Bulog

Contoh Pasar Monopoli Bulog
PT. Bulog

Bulog merupakan salah satu BUMN yang mengindikasikan bahwa perusahaan milik negara, khususnya bergerak di bidang logistik pangan. Atas dasar itulah Bulog menjadi begitu eksis keberadaanya untuk masyarakat yang ada di pedesaan ataupun perkotaan.

Bahkan hampir berbagai proyek-proyek besar Perusahaan Bulog menopang kepentingan negara seperti Bantuan Raskin (Beras Miskin) untuk masyarakat menengah ke bawah).

  1. PT KAI

Contoh Pasar Monopoli KAI
PT. KAI

PT Kereta Api Indonesia atau yang dikenal dengan PT KAI adalah salah satu jenis pasar monopoli di Indonesia yang bergerak dalam bidang transportasi. Umumnya perusahaan ini masih beroprasi secara maksimal di daerah Jawa, meski sebagian besar juga berada di Sumatra.

Adapun untuk pusat pembuatan Kereta Api yang sudah terkenal dari dulu di Indonesia berada di wilayah Kabupaten Madiun yang bahkan sudah dibentuk Perguruan Tinggi khusus, terkait dengan perkereta apian.

  1. PDAM

Contoh Pasar Monopoli PDAM
PDAM

PDAM adalah singkatakan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Dimana untuk perusahaan ini bisanya dikelola daerah.

Misalnya saja seperti PDAM Solo, PDAM Bojonegaro, PDAM Bekasi, PDAM Bandung, PDAM Tapanuli, dan lain sebagainya. Yang pasti PDAM ini mampu mengoprasikan Sumber Daya Alam seperti penguasaan terhadap air untuk dikelola kepada masyarakat dengan cara profesioal dan modern.

Jenis Pasar Monopoli

da beberapa jenis pasar monopoli ditinaju dari penyebabnya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Monopoli yang ditetapkan oleh hukum atau negara

Pasar monopoli jenis ini diatur oleh undang-undang yang mengatur tentang cabang-cabang produksi penting yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

  1. Monopoli alamiah

Pasar monopoli jenis ini terbentuk sendiri hal ini karena pasar lain tidak efisien menampung ebih dari satu penjual. Struktur pasar monopoli alamiah merupakan hasil dari keunggulan alam seperti lokasi yang strategis atau sumber daya mineral yang melimpah.

Misalnya, banyak negara teluk memiliki monopoli dalam eksplorasi minyak mentah karena sumber daya minyak alami yang melimpah.

Jika sebuah perusahaan memiliki kepemilikan eksklusif atas sumber daya yang langka, seperti Microsoft yang memiliki merek sistem operasi Windows, ia memiliki kekuatan monopoli atas sumber daya ini dan merupakan satu-satunya perusahaan yang dapat mengeksploitasinya.

  1. Monopoli dengan lisensi

Pasar monopoli jenis memiliki hak paten, hak cipta, atau hak atas kekayaan intelektual lainnya yang senantiasa melakat pada suatu produk tertentu.

Ciri Pasar Monopoli

Secara umum karakteristik pasar monompoli adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat unik dan susah untuk mencari barang substitusi (pengganti), Satu perusahaan yang memproduksi barang tanpa barang substitusi yang dekat. Produknya seringkali unik. Contoh: PLN yang merupakan penghasil tenga listrik, pertamina penghasil bahan bakar.
  2. Hambatan untuk masuk, Terdapat hambatan signifikan untuk masuk yang diatur oleh perusahaan monopoli. Jika perusahaan baru memasuki industri, perusahaan monopoli tidak akan memiliki kendali penuh atas perusahaan atas pasokan.
  3. Persaingan, Tidak ada pesaing dekat di pasar untuk produk yang dihasilkan.
  4. Pembuat harga, Perusahaan monopoli menentukan harga produk karena ia memiliki kekuatan pasar. Ini menjadikan perusahaan monopoli sebagai pembuat harga.
  5. Profit, Meskipun perusahaan monopoli dapat mempertahankan keuntungan supernormal dalam jangka panjang, ia tidak selalu menghasilkan keuntungan. Seorang monopoli bisa menjadi merugi atau memaksimalkan pendapatan juga. Kondisi ini tidak mungkin dilakukan dalam persaingan sempurna. Jika keuntungan abnormal tersedia dalam jangka panjang, perusahaan lain akan memasuki persaingan sehingga keuntungan abnormal akan dihilangkan.

Atas penjelasan yang dikemukakan itulah dapat dikatakan bahwa setidaknya ada faktor-faktor pembentuk pasar monopoli. Seperti lisensi pemerintah, kepemilikan sumber daya, hak cipta dan hak paten, serta biaya awal yang tinggi menjadikan suatu entitas sebagai penjual tunggal barang. Semua faktor ini membatasi masuknya penjual lain di pasar.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca tentang contoh pasar monopoli yang mungkin tidak jauh berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna pada umumnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan dan pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *