Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Diposting pada

Persaingan Sempurna di Indonesia

Pasar hakekatnya merupakan tempat yang sangat penting untuk keberjalanan suatu perekonomian. Tempat dimana seseorang dapat melakukan transaksi secara langsung. Akan tetapi dalam perkembangan zaman berdampak pada bentuk pasar itu sendiri, yang awalnya hanya konvensional seperti pasar persaingan tidak sempurna, pasar monopoli, pasar oliogopoliy, dan saat ini terdapat pasar online. Pasar konvensional tetap memiliki peminat tersendiri. Salah satunya diantaranya adalah pasar persaingan sempurna.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang sangat adil, tidak terdapat kerugian secara perorangan, tidak ada yang mengatur dalam menentapkan harga. Pemilihan barang yang dijual kadang cenderung itu-itu saja. Penjual memilih produk yang banyak diminati dari pada bersifat beda.

Pasar persaingan sempurna tidak terdapat aturan jumlah barang yang dijual, jumlah penjual yang menjual produk yang sama, dan lain-lain. Tidak ada larangan sama sekali dalam mengusahakan sesuatu. Semua pedagang memiliki peran yang sama hak dan wewenang yang sama. Tidak terdapat campur tanaga pemerintah dalam kegiatan ekonomi pasar persaingan sempurna.

Permintaan dan penawaran barang dalam menajdi kelebihan dan kekurangan dalam pasar persaingan sempurna ini. DImana dapat bergerak bebas sesuai dengan keinginan penjual dan pembeli. Tidak terdapat aturan untuk menjual barang dalam  jumlah tertentu dalam satu hari.

Semua orang yang terlibat dalam pasar ini mengenali betul bagaimana harus berperan, apa yang diingikan, serta apa yang akan didapatkan ketika mengambil keputusan.

Para penjual dan pembeli rata-rata mengetahui dari mana barang itu berasal, berapa biaya produksinya, dan lain-lain, sehingga pembeli tidak merasa dibohongi oleh penjual dan tidak ada yang merasa dirugikan atas transaksi yang dilakukan dalam kegiatan ini.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna atau perfect market adalah pasar yang memiliki mobilitas yang sempurna, pemanfaatan sumber daya dengan baik, dan baik penjual serta pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang barang atau jasa yang diperjual belikan.

Misal dalam hal ini ialah pasar tersebut menjual baju sehingga antara penjual satu dengan yang lain juga menyediakan baju tetapi dengan model yang sangat beragam dan jumlah model atau variasi tidak dapat terhitungkan. Pasar ini lebih memperdalam variasi dari pada perluasan jenis produk.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Berikut merupakan beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia, antara lain sebagai berikut;

PGS (Pusat Grosir Solo)

PGS (Pusat Grosir Solo) menjadi pasar persaingan sempurna karena kebanyakan penjaual hanya menjual kain dan pakaian yang memiliki kualitas yang sama hanya pemiliknya yang berbeda. Setiap toko sudah memiliki pelanggan tersendiri.

Pelanggan akan memilih toko yang sesuai dengan keinginannya. Semua yang dipilih sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

BTC (Beteng Trade Center)

Tempat jual beli kain batik dengan kualitas yang bagus. Semua yang berjualan disini rata-rata menjual pakaian batik atau kain batik dengan berbagai corak dan jenis batik yang menjadi kekhasan dari wilayah Solo. Mulai dari harga yang rendah hingga harga yang cukup tinggi.

Pasar Gedhe

Pasar Gedhe adalah salah satu Pasar Tradisonal yang ada di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Dimana dalam pasar ini menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Yang mana pada setiap lorong dipisahkan khusus untuk jenis makanan, buah-buaha, sayuran, dan lain-lain.

Pasar Sayur

Pasar Sayur yang semua penjual menjual jenis sayur-sayuran yang sama. Penjual satu dengan yang lain tidak pernah merasa tersaingi karena merasa memiliki kelebihan tersendiri. Pasar sayur ini juga mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, lantaran setiap orang memerlukan makan berupa sayur mayur.

Pasar Hewan

Pasar Hewan adalah pasar yang semua penjual di tempat tersebut menjual hewan dengan jenis hewan yang berbeda-beda tingkat harga yang sama. Memiliki ketertarikan tersendiri dalam kegitan jual belinya. Pasar hewan biasanya menjual binatang ternak dan mudah dalam perawatannya.

Pasar Oleh-Oleh

Salah satu jenis pasar persaingan bebas yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari pada saat ini adalah pasar oleh-oleh. Dimana dalam bentuknya pasar oleh-oleh juga terdapat di berbagai wilayah, terutama yang memiliki tingkat pengunjung wisatawan tinggi. Seperti di Bali, Lampung, Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan daerah lainnya.

Dalam berbagai contoh tersebut tentusaja segala jenis pasar ini hanya menjual beberapa barang. Penjual satu dengan yang lain menjual barang yang sama dan rata-rata tidak terdapat perbedaan yang signifikan sehingga tidak ada kesenjangan sosial atau kencemburuan yang tercipta.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca semuanya terkait dengan materi contoh-contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *