Contoh Penginderaan Jauh dalam Sehari-hari

Diposting pada

Contoh Pemanfaatan Penginderaan Jauh

Manfaat penginderaan jauh secara umum dalam memberikan hasil yang relevan terhadap sejumlah penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Hal ini tentusaja diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang mumpuni dalam objektifitas sebagai kebutuhan keseharian manusia.

Oleh karena itulah proses penginderaan jauh senantiasa terstruktur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan analisis tentang objek-objek di planet bumi. Seperti dalam pertanian dan kehutanan,hidrologi, oseanografi, meteorologi, serta klimatologi

Penginderaan Jauh

Contoh Penginderaan Jauh dalam sehari-hari
Penginderaan Jauh

Pengideraan jauh adalah formulasi ilmu pengetahuan yang dipergunakan dalam efeisensi waktu dengan mendapatkan sasaran tanpa berkontak langsung dengan objek yang didapatkan. Kondisi ini mencerminakn bahawa banyak sekali serangkaian objek yang didapatkan dari beragam gejala di permukaan bumi, baik tempat, wilayah, ruang, dan lain sebaginya.

Contoh Penginderaan Jauh

Beragam contoh yang dapat disebutkan dalam kesehari-hari, yang sangat mudah untuk ditemukan. Anatra lainnya sebagai berikut;

  1. Jalan Raya

Contoh penginderaan jauh ini mudah ditemukan, lantaran memiliki ciri interpretasi jalan raya dalam citra berbentuk rona lebih cerah daripada objek sekitarnya, bentuknya memanjang, berpola lebar yang hampir seragam, tekstur halus, serta terdapat bagian saling potong yang tegak urus dan berasosiasi dengan jembatan.

  1. Sungai

Contoh lainnya tentang penginderaan jauh  dalam sehari-hari ialah citra foto pada sunggai, yang identik dengan memiliki rona gelap pada sungai yang jernih, bentuknya memanjang dengan arah tidak menentu dan melebar ke arah laut, tekstur halus dan seragam, serta berasosiasi dengan gosong.

  1. Gedung Sekoiah

Bentuk tentang penginderaan jauh dalam keseharian lainnya ialah gambar tentang gedung sekolah dengan ciri-ciri yang melakat ialah memiliki rona cerah, berbentuk menyerupai huruf I, L, atau U. ukurannya cukup besar dibandingkan objek lain di sekitarnya, teksturnya halus, dan berasosiasi derigan halaman luas atau lapangan olahraga.

  1. Permukiman

Contoh kasus tentang hasil penginderaan jauh yang lain, misalnya saja permukiman pendudukan yang selalu memiliki karakteristik warna putih sedang sampai abu-abu, teksturnya relatif kasar, berbentuk kotak-kotak yang saling berdekatan atau menyebar, dan ber asosiasi dengan jalan.

  1. Lapangan Sepak Bola

Pada arena tentang hasil penginderaan jauh ini mudah ditemukan, yaitu Lapangan Olahraga dengan ciri-ciri khasnya memiliki rona cerah, berbentuk persegi panjang, bertekstur halus, dan berasosiasi dengan keberada an gawang.

  1. Perkebunan

Lahan perkebunan yang bisa ditemui dalam keseharian dalam proses penginderaan jauh ialah bentuk gambaran tentang kelapa Sawit. Identiknya gambaran ini mempunyal tekstur kasar, berpola teratur dan berjajar, dan bentuk tajuk menyerupaj bintang yang rapat.

Objek Penginderaan Jauh

Adapun untuk objek yang difokuskan pada komponen penginderaan jauh tertuju pada dua aspek. Yakni;

  1. Aktif

Objek aktif dalam proses penginderaan jauh tidak terlepas daripada citra foto dan non foto yang diambil. Apabila dijalnkan pada sasaran yang terdapat dalam permukaan bumi (bukan ruang), seperti hidrosfer, atmosfer, ataupun gambaran litosfer maka dapat dipastikan sebagai bentuk penginderaan jauh aktif.

  1. Pasif

Adapun penginderaan jauh pasif adalah bentuk interpretasi citra yang dilakukan pada tahapan-tahapan pengembangan sisi keruangan, seperti pada karakteristik udara, tegangan alam, SDA (Sumber Daya Alam), ataupun SDM nya, sehingga identiknya pasif dalam penginderaan jauh ini tidaklah bergerak.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, maka dapat dikatakan bahwa pemanfaatan penginderaan jauh sangat penting dalam sehari-hari diatas. Hal ini lantaran semua element yang digambarkan dalam struktur serta syarat akan senantiasnya dapat dikorelasikan dengan hasil dari penginderaan jauh, oleh karena itulah baik dalam SDA, SDM, struktur hidrosfer, atau litosfer sekalipun aka nada bentuk penginderaan jauh ini

Demikianlah penjelasan tentang contoh penginderaan jauh. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan manambah ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami arti terhadap materi ilmu geografi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *