4 Faktor Penyebab Terjadinya Arus Laut

Diposting pada

Faktor Penyebab Terjadinya Arus Laut

Laut adalah ruang perairan di permukaan bumi yang saling menghubungkan dengan dataran tinggi dan dataran rendah serta bentuknya alamiah, laut merupakan kesatuan geografi dan ekologis seluruh segenap unsur terkait. Laut adalah milik bersama karena itu bisa dimiliki oleh tiap –tiap negara, faktor penyebab terjadinya arus laut ini dikarenakan 2/3 dari planet bumi di penuhi oleh air.

Atau secara sederhana, arus laut ialah gerakan air yang sangat luas di seluruh lautan dunia. Terdapat beragam jenis arus laut, diantaranya yaitu arus naik dan arus turun, arus permukaan dan arus air dalam, arus ekman, arus pasang surt, arus termohalin, dan lain-lain. Berikut adalah tulisan yang akan membahas tentang faktor penyebab terjadinya arus laut beserta penjelasannya.

Penyebab Terjadinya Arus Laut

Salah satu faktor penyebab terjadinya arus laut di dunia adalah adanya gerakan dasar laut oleh air, arus laut didorong oleh tiga faktor utama yaitu:

  1. Naik turunnya pasang surut air laut

Pasang surut menciptakan arus di lautan, yang terkuat di dekat pantai dan teluk, serta muara di sepanjang pantai. Ini disebut “arus pasang surut”. Arus pasang surut berubah dalam pola yang sangat teratur dan dapat diprediksi untuk waktu yang akan datang. Di beberapa lokasi, arus pasang surut yang kuat dapat bergerak dengan kecepatan delapan knot atau lebih.

  1. Angin

Angin mendorong arus yang berada di atau dekat permukaan laut. Di dekat daerah pesisir, angin cenderung mendorong arus dalam skala lokal dan dapat menyebabkan fenomena seperti pesisir naik. Dalam skala yang lebih global, di lautan terbuka, angin menggerakkan arus yang mengedarkan air sejauh ribuan mil di seluruh cekungan lautan. Di laut lepas biasanya angin sangat kencang sehingga terjadilah arus laut.

  1. Sirkulasi termohalin

Ini adalah proses yang didorong oleh perbedaan kepadatan dalam air karena variasi suhu (termo) dan salinitas (haline) di berbagai bagian lautan. Arus yang digerakkan oleh sirkulasi termohalin terjadi di permukaan laut dalam dan dangkal dan bergerak jauh lebih lambat daripada arus pasang surut atau permukaan.

  1. Perbedaan Kadar Garam

Adanya faktor penyebab terjadinya arus laut adalah perbedaan kadar garam di setiap laut hal itu disebebkan oleh, gerakan air yang berat jenisnya kecil (di bagian permukaan) akan terus mengalir ke arah air yang berat jenisnya besar, sedangkan dibagian bawah permukaan air, akan terus mengalir dari yang berat jenisnya besar ke yang berat jenisnya kecil, akibatnya terjadilah arus laut sehingga terjadilnah kadar garam yang berbeda-beda.

Demikianlah tulisan ini dibagikan kepada segenap para pembaca tentang materi faktor penyebab terjadinya arus laut. Semoga tulisan ini dapat menjadikan kebermnafaatan menambah wawasana serta pengetahuan sehingga dapat menjadi salah satu referensi atau rujukan bagi seluruh pembaca.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.