Kelebihan dan Kekuarangan Pasar Monopoli

Diposting pada

Kelebihan Kekuarangan Pasar Monopoli

Pasar dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Kali ini kita akan membahas pasar persaingan tidak sempurna terkait pasar monopoli. Pasar monopoli adalah keadaan pasar yang dikuasai oleh satu orang saja yang menentukan segala sesuatu yang terjadi dalam pasar.

Ciri dari pasar monopoli yang melekat biasanya sulit dimasukki oleh pedagang baru. Tidak sembarang pedagang diperbolehkan untuk berjualan di lingkungan tersebut. Pasar monopoli memiliki kelebihan yaitu penguasa pasar akan terus melakukan monopoli agar tetap menjaga eksistensinya sebagai penguasa pasar. Sedangkan kekurangannya secara garis besar adalah barang bersifat homogen sehingga tidak terdapat alternatif pilihan barang yang akan dibeli.

Pasar Monopoli

Ketika kita mendengar monopoli mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita mengenal monopoli pada konotasi yang negatif. Padahal pada sektor tertentu harus melakukan monpoli untuk melindungi kebutuhan untuk hajat orang banyak misalnya dalam hal ini seperti listrik, air, dan lain-lain.

Monopoli dapat dilakukan oleh penguasa pasar atau pemerintah. Ketika penguasa pasar hanya melakukan monopoli pada lingkup pasar tertentu, sistem pemerintah dapat melakukan monopoli secara nasional untuk kepentingan bersama. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan pasar monopoli apabila diterapkan pada tempat yang tepat.

Kelebihan dan Kekuarangan Pasar Monopoli

Setiap jenis pasar memiliki keunikan tersendiri yang dapat mempermudah kita dalam mengakses sesuatu. Baik itu memiliki kelebihan ataupun kekuarangan. Semua ini adalah kondisi wajar mengingat dalam setiap perhelatan perekonomian tidak ada yang dianggap sempurna.

Kelebihan

Berikut ini keuntungan yang dianggap sebagai kelebihan dalam penerapan pasar monopoli. Antara lain;

  1. Dapat mengelola sumber daya dengan baik, karena hanya satu perusahaan yang memanfaatkan sehingga dapat lebih terkontrol dalam penggunaannya. Sumber daya juga dapat dialokasikan dengan baik.
  2. Dapat melayani konsumen dengan baik, pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik dilihat dari ketersediaan barang atau jasa yang komplit sehingga siapa pun akan merasa puas, karena semua kebutuhan primer, sekunder, atau tersier terpenuhi.
  3. Tidak membutuhkan biaya iklan yang banyak, perusahaan tidak perlu melakukan iklan pasti ada orang yang tertarik karena melihat kelengkapan barang dan jasa yang disediakan oleh pasar monopoli.
  4. Melindungi sumber daya yang ada, karena hanya satu perusahaan yang mengelola sehingga dalam penggunaan sumber daya dapat dikendalikan dan semua diatur dengan baik sehingga tidak terdapat eksploitasi sumber daya.

Kekurangan

Jenis pasar ini juga memiliki kekurangan dalam memenuhi segala bentuk kebutuhan manusia. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Tidak memiliki kebebasan memilih produk, karena tidak terdapat variasi produk sehingga pembeli mau tidak mau harus menggunakan produk yang tersedia. Produk tersebut tentu saja kadang tidak sesuai dengan harapan pembeli.
  2. Menghambat inovasi teknologi, inovas teknologi tidak dapat berjalan dengan baik karena ada batasan-batasan dari penguasa pasar.
  3. Merugikan salah satu pihak, pihak yang paling dirugikan ialah pembeli yang duberi perlakuan berbeda antara pembeli satu dengan yang lain.

Dari penjelasan dan uraian yang telah disebutkan diatas, tentusaja dalam hal ini kita dapat menelaah salah satu bentuk pasar monopoli yang ada di Indonesia. Yang semuanya secara mudah ditemukan untuk kehidupan sehari-hari.

Pasar Monopoli di Indonesia

Analisisnya ialah adanya PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang juga dapat digolongkan dalam contoh pasar persaingan tidak sempurna. Dalam PLN diatur lengkap oleh pemerintahan melalui kementrian BUMN. Pemerintah disini melakukan monopoli untuk melindungi permainan harga demi hajat hidup orang banyak.

PLN dalam menjual listrik kepada masyarakat biasanya senantiasanya diukur dengan kemampuan masyarakat untuk mempergunakannya. Bahkan tak jarangpula memberikan subsisdi.

Adapun jika ada pihak swasta yang berupaya untuk masuk di larang tegas dalam perundang-undangan, sehingga dalam hal inilah salah satu kongritnya tidak terdapat wujud persaingan harga atau permainan harga antara satu dengan lainnya, semua tersistem dan terstruktur dengan baik.

Itulah tadi penjelasan dan ulasan lengkap yang bisa disebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan materi dalam membahas kelebihan dan kekuarangan pasar monopoli dan contohnya perusahaannya di Indonesia, semoga memberikan referensi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *