5 Manfaat Batu Liparit di Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Manfaat Batu Liparit  di Kehidupan Sehari-hari

Diakui ataupun tidak bahwa jenis- jenis batuan yang ada di permukaan bumi sudah terbilang banyak. Dari jenis- jenis batuan yang terdata tersebut bahwa batu lipart ini sudah tida asing didengar. Hal yang mendasar tentang batu lipart ini adalah sangat langka dan jarang dikarenakan proses terbentuknya batu liparit ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Batu Liparit merupakan jenis batuan yang termasuk dalam golongan batuan beku atau batuan yang terbentuk dari magma gunung berapi yang selanjutnya bisa membeku. Batu liparit merupakan jenis batuan beku yang berkarakteristik porfiris, dan berwarna putih. Batu Liparit tersusun oleh beberapa mineral seperti feldspar, kuarsa, biotit dan mineral- mineral lainnya yang berwarna gelap. Berikut adalah artikel yang akan menjelaskan tentang manfaat-manfaat batu liparit dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat.

Batu Liparit

Perlu kita ketahui bahwa liparit merupakan sinonim dari riolit, tapi saat ini istilah liparit jarang digunakan. Riolit merupakan batuan beku yang banyak mengandung silika yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Jenis batuan beku yang ada di permukaan bumi ini adalah batu liparit, terdapat bebagai macam-macam batuan di Indonesia salah satunya yaitu batu liprait yang mempunyai karakteristiknya berbeda. Manfaat batu liparot ini sangat banyak maka dari itu para orang-orang yang paham dengan batuan maka akan melirik batu liparit.

Nama riolit berasal dari seorang ahli geologi Jerman Ferdinand von Richthofen, yang tersusun atas dua kata Yunani, yaitu rhýax (aliran lava) dengan sufiks “-ite” untuk batuan. Komposisi dan penampilan riolit mirip dengan granit, tapi terbentuk melalui proses yang berbeda. Kekerasan dan ketangguhan riolit bervariasi tergantung pada komposisinya dan laju pendinginan yang dihasilkan. Biasanya, kekerasan batuan sekitar 6 skala Mohs.

Manfaat Batu Liparit

Manfaat batu liparit/riolit, diantaranya yaitu:

  1. Membuat mata panah dan ujung tombak

Sekitar 11.500 tahun yang lalu, orang Amerika Utara melakukan penambangan riolit di tempat yang saat ini dinamakan Pennsylvania bagian timur. Batu tersebut dimanfaatkan untuk membuat mata panah dan ujung tombak. Meskipun riolit bisa diikat ke ujung yang tajam, tapi batu yang satu ini bukanlah bahan yang ideal untuk membuat senjata sebab memiliki komposisi yang bervariasi dan mudah patah.

  1. Membentuk permata

Permata biasanya terbentuk di riolit. Mineral terbentuk ketika lava mendingin dengan sangat cepat sehingga gas terperangkap, membentuk kantong yang disebut vug. Air dan gas masuk ke vug. Seiring waktu, mineral berkualitas permata terbentuk, termasuk batu akik, jesper, opal, topas, dan permata beryl merah yang sangat langka (“zamrud merah”).

  1. Untuk keperluan konstruksi

Riolit adalah batuan yang jarang digunakan dalam konstruksi. Jika bahan yang lebih baik tidak tersedia secara lokal, riolit terkadang digunakan untuk menghasilkan batu pecah. Meskipun demikian tuf riolitik digunakan secara luas untuk konstruksi di Roma kuno dan telah digunakan dalam konstruksi di Eropa modern.

  1. Untuk keperluan agregat dekoratif

Batu riilot juga dapat dimanfaatkan sebagai batu agregat untuk keperluan dekoratif, rumah, hotel, dekorasi Interior, dapur, dan lain-lain. Selain itu digunakan pula sebagai agregat jalan. Karakteristik dari adanya batu liparit adalah porfiris yang dapat dimanfaatkan manusia untuk keperluan dekorasi atau mempercanti dari suatu bangunan.

  1. Untuk keperluan manufaktur

Orang juga telah menggunakan riolit untuk membuat perkakas batu, terutama pengikis, bilah, dan titik proyektil. Riolit mungkin bukan bahan pilihan yang bagus untuk keperluan tersebut, tapi ini adalah bahan yang dimanfaatkan karena kebutuhan. Jenis batuan beku seperti halnya batu liparit ini bisa dimanfaatkan sebagai keperluan manufaktur karena sifatnya yang sangat keras.

Demikianlah artile yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengani materi manfaat batu liparit dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pada tulisan in dapat menambah pengetahun dan wawasan bagi segenap pembaca dan juga dapat dijadikan salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.