Manfaat Bioma Hutan Hujan Tropis dan Penjelasannya

Diposting pada

Fungsi Bioma Hutan Hujan Tropis

Pada hakekatnya arti bioma hutan hujan tropis yang dikenal dengan hujan tropika merupakan salah satu jenis bioma yang berada dalam hutan dengan kelembaban basah untuk suhu yang ada di dalamnya.

Atas dasar inilah setidaknya arti curah hujan yang turun di wilayah ini cenderung tinggi, yaitu bisa mencapai 2000 mm per tahun. Hutan hutan tropis bisa dijumpai hampir di sepanjang garis khatulistiwa yaitu Asia, Australia, Afrika, Amerika selatan, Amerika tengah, Meksiko, dan Kepulauan Pasifik.

Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap sepanjang tahun hal ini dikarenakan selalu diguuyur hujan.

Bahkan perkiraan bervariasi dari 40% sampai 75% dari semua spesies biotik asli hutan hujan. Sehingga ada jutaan spesies tumbuhan, serangga, dan mikroorganisme yang masih belum ditemukan di hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis telah disebut sebagai “permata Bumi” dan “apotek terbesar di dunia”, karena lebih dari seperempat obat alami telah ditemukan di sana.

Manfaat Bioma Hutan Hujan Tropis

Manfaat yang menjadi fungsi adanya bioma hutan hujan tropis diantaranya yaitu:

  1. Habitat hewan dan tumbuhan

Hutan hujan tropis adalah salah satu rumah bagi setengah populasi flora dan fauna yang ada di planet bumi. Sehingga ada juga lebih dari ribuan spesies tumbuhan dan hewan hutan hujan yang masih menunggu untuk ditemukan.

  1. Wilayah leluhur masyarakat adat

Banyak masyarakat adat yang telah menjalani kehidupan harmonis dengan hutan hujan selama ribuan tahun. Masyarakat adat tersebut bergantung pada hutan untuk keperluan makanan, tempat tinggal dan obat-obatan. Ketika perusahaan minyak dan penebangan datang untuk menebangi wilayah hutan yang luas, mereka membawa penyakit yang tidak dapat dilawan oleh masyarakat adat, mengancam kelangsungan hidup mereka.

  1. Pengaturan iklim

Hutan hujan menyimpan air seperti spons besar. Faktanya, diyakini bahwa hutan Amazon sendiri menyimpan lebih dari setengah dari air hujan di bumi. Pohon hutan hujan mengambil air dari dasar hutan dan melepaskannya kembali ke atmosfer dalam bentuk kabut dan awan yang mendukung terjadinya siklus hidrosfer.

Tanpa keberadaan hutan hujan yang terus mendaur ulang air dalam jumlah besar, “memberi makansungai, danau, dan sistem irigasi, kekeringan akan menjadi lebih umum, yang berpotensi menyebabkan kelaparan dan penyakit yang meluas.

  1. Mencegah erosi tanah

Tanah di hutan hujan sangat miskin nutrisi, karena unsur hara disimpan dalam jumlah besar di pohon dan tanaman, bukan di tanah. Akar pohon mengikat tanah menjadi satu, sedangkan kanopi melindungi tanah dari hujan lebat.

Ketika pohon mati dan batangnya jatuh ke lantai hutan, pohon itu akan membusuk dan nutrisi yang dikandungnya didaur ulang.

Namun, jika pohon ditebang dari hutan, unsur hara juga ikut hilang. Tanah yang tidak terlindungi kemudian hanyut dalam hujan lebat, menyebabkan penyumbatan dan banjir di sungai dataran rendah, sementara sungai di dataran tinggi mengering.

  1. Apotek hutan hujan

Kita mungkin terkejut mengetahui bahwa lebih dari 25% obat modern kita berasal dari tanaman hutan tropis. Meski begitu, kita baru belajar bagaimana menggunakan 1% dari tanaman menakjubkan ini, jadi bayangkan kemungkinannya jika kita bisa bereksperimen dengan 99% lainnya.

  1. Sebagai sumber mata pencaharian

Hutan hujan tropis dapat mendatangkan nilai ekonomis melalui keanekaragaman kayu yang dapat ditebang untuk dijadikan bahan dasar seperti perabot rumah tangga, dijadikan kayu bakar, dan berbagai keperluan lainnya. Tapi perlu kita ingat bahwa penebangan hutan juga harus dilakukan secara hati-hati dengan menerapkan sistem tebang pilih.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat yang menjadi fungsi adanya bioma hutan hujan tropis.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *