Pengertian Bioma, Macam, Ciri, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Bioma

Pertumbuhan makluk hidup yang ada di alam ini semakin kompleks keberadannya. Anekaragam ini diwujudukan dari banyaknya ekosistem yang berkembang. Baik ekosistem buatan ataupun alamiah. Pengenalan mahluk hidup dalam ekosistem inilah secara singkat memberikan makna kepada arti bioma. Sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan menuliskan tentang pengertian, macam, ciri, dan contoh bioma.

Bioma

Bioma adalah pengelompokan flora dan fauna secara ekologis yang terbesar pada setiap wilayah di planet bumi dengan dicirikan pada formasi tumbuhan yang ada di lingkungannya. Dengan karakteristik yang berbeda dan model tidak serupa pengelompokan ini menjadi identitas alam yang menciri khaskan bahwa setiap mahluk hidup saling berkaitan satu dengan lainnya.

Pengertian Bioma

Pengertian bioma adalah ekosistem terbesar dalam organisem yang ada di bumi dengan bentuk serupa dan saling keterkaiatan antara satu dengan lainnya. Dalam definisi inilah suatu bioma dicirikan oleh komunitas tumbuhan yang dominan.

Pengertian Bioma Menurut Para Ahli

Pendapat para ahli, tentang definisi bioma antara lain sebagai berikut;

Charles Kendrich (Waluya; 2011)

Arti bioma adalah bagian unit-unit geografis di planet bumi yang berukuran besar, dengan didasarkan pada sejumlah perbedaan tipe-tipe klimaks dari serangkaian iklim, lingkungan, habitat pada flora dan fauna yang jumlahnya tidak terbatas.

Wikipedia

Pengertian bioma adalah komunitas fola dan fauna dengan kesamaan yang didasari pada lingkungan dan faktor iklim yang mempengaruhi kecocokan dalam pertumbuhan yang dilakukannya. Arti ini sesungguhnya menunjukan bahwa bioma adalah element kesamaan dan jenis flora dan fauna.

Sedangkan untuk komunitas tumbuhan di dunia secara umum dapat dibagi menjadi tiga macam. Berikut inilah akan diuraikan macam komunitas organisme tumbuhan berdasarkan perubahan garis lintang dan penurunan temperatur dalam pembagian mintakat (zona) temperatur.

Tiga macam komunitas tumbuhan tersebut adalab sebagai berikut.

  1. Hutan, tumbuhan utama berupa pohon-pohon besar.
  2. Padang rumput, tumbuhan utama adalah rumput.
  3. Gurun, tumbuhan utama adalah kaktus dan kondisi iklimnya kering.

Setiap jenis komunitas tumbuhan tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis komunitas. Berikut adalah beragam jenis-jenis komunitas tumbuhan yang ada di bumi dan pembagiannya berdasarkan kondisi ikiimnya;

Tumbuhan Hutan

Tumbuahan hutan dalam komunitasnya terbagi menjadi 3 jenis besar, yaitu tumbuhan hutan tropsi yang memiliki kondisi iklim dengan curah hujan 1.000 sampai suhu 20°C sampai 30°C. Tumbuhan hutan gugur dengan karakteristik yang memiliki curah hujan 750 sampai 1.000 m/tahun dan Suhu-2° C sampai 18° C. Sedangkan untuk tumbuhan hutan taiga memiliki curah hujan 400 sampai 750 Suhu-12°C sampai-10°C

Tumbuhan Hutan Padang Rumput

Dalam kominitas tumbuahan yang ada di dalam unsur bioma ini terdiri dari 2 jenis, yaitu tumbuhan sabana yang memiliki curah hujan 200 sampai 1.000 mm/tahun dengan suhu 20°C sampai 30°C. Sedangkan tumbuhan stepa memiliki curah hujan 200 sampai 1.000 c mm/tahun dengan Suhu-20°C sampai 10° c.

Tumbuhan Gurun Pasir

Dalam karakteristik yang ada, khusus untyuk bioma pada tumbuhan guru pasir ini memiliki curah hujan kurang dan 250 mm/tahun dengan suhu yang bisa mencapai 48°C. Kondisi inilah menyebabkan hanya beberapa jenis tumbuhan yang bisa hidup.

Tumbuhan Tundra

Komunitas bioma dalam bumi pada jenis tumbuhan terkhir terdapat dalam tundra yang memiliki curah hujan kurang dan 250 mm/tahun dengan suhu kurang dan 0°C. Dalam kondisi seperti inipula beberapa tumbuhan yang ada di hutan tropis tidak akan mampu untuk hidup.

Macam-Macam Bioma

Keanekaragaman jenis bioma yang ada di bumi menjadi bahasan yang cukup menarik dalam kajian geografi. Para ahli berpendapat bahwa macam bioma antara lain sebagai berikut;

  1. Bioma Gurun, Bagian bioma pada gurun dapat diartikan sebagai tempat hidup flora dan fauna dengan sangat jarang mumlahnya. Hal ini lantaran gurun identik sekali nuansa iklim panas lantaran hanya terdapat batu dan juga pasir di dalamnya.
  2. Bioma Sabana adalah tempat pertumbuhan flora dan fauna di dunia dengan ciri khas memiliki iklim panas sepanjang tahun dengan hujan yang terjadi pada musim-musim tertentu, tumbuhan dan hewan yang hidup dalam bioma ini zebra, harimau, dan lain sebaginya.
  3. Bioma Steppa, bisa dikatakan sebagai tempat pertumbuhan flora dan fauna dengan identik pada tumbuhnya kumpulan rumput yang sangat jarang ditemukan pepohonan. Ciri khas melakat pada pengertian bioma stepa ini ialah curah hujan yang berada diantara 250 sampai 500 mm/tahun.
  4. Bioma Hutan Hujan Tropis adalah tempat hidupnya flora dan fauna di dunia dengan identik pada kecukupan hujan dan panas sehingga banyak sekali ditemukan keankaragaman yang melakat. Beberapa daerah yang menjadi bagian dari macam bioma ini ialah daerah yang dilewati dengan garis katulistiwa.
  5. Bioma Hutan Gugur adalah jenis bioma yang memiliki karakteristik flora dan fauna dengan iklim sedang. Hal ini lantaran dalam tarafnya pengertian Bioma Hutan Gugur akan terdapat curah hujan dengan kisaran 750mm sampai dengan 1.000 mm pertahun.
  6. Bioma Taiga adalah jenis komunitas flora dan fauna yang hidup dengan melekatkan diri pada ketahanan cuaca dingin. Kondisi ini disebabkan lantaran pada Bioma Taiga panas dan hujan yang diberikan akan lebih banyak pada proses hujannya.
  7. Bioma Tundra adalah jenis bioma yang menjadikan hidup flora dan fauna dengan ketahanan dingin di dalamnya. Hal ini banyak disebabkan karena hewan dan tumbuhan pada bioma ini sangat jarang mendapatkan cuaca panas, bahkan bisa disebutkan tidak pernah ada.

Pada dasarnya dari serangkaian penjelasan tentang pengertian bioma dan macam-macamnya di atas, dapat disimpulkan bahwa kesimbangan alam akan sangat diperlukan dalam bagiannnya masing-masing. Kodisi inilah menjadi penyebab mengenai bioma sangat penting dipertahankan. Selengkapnya, bacaMacam-Macam Bioma dan Penjelasannya

Ciri-Ciri Bioma yang ada di Bumi

  1. Bioma yang ada di bumi memiliki ciri sebagai pembentuk interaksi antar unsur yang ada di dalam lingkungan seperti air, iklim, organisme, dan tanah.
  2. Karakteristik kedua dalam bioma ini dijadikan sebagai kumpulan beragam jenis populasi yang dijadikan sebagai penanda daerah yang dapat membedakan antara vegetasi utama yang mendominasi.
  3. Bioma akan senantisanya dijaikdan ruangan yang stabil dengan bentuk kesimbangan alamnya.

Fungsi Bioma

Manfaat adanya bioma yang ada di dalam planet bumi akan sangat mudah untuk dilakukan kajian berdasarkan pada tingkat kesesuaian yang ada. Dengan demikian hal ini tentusaja dapat mendorong terjadi tingkat pendapatkan masyarakat serta dapat meminimalisir kerusakan alam karena rusaknya bioma.

Contoh Bioma

Contoh bioma yang ada di planet bumi sebagai bagian daripada makluk hidup antara lain;

Fauna

Dalam fauna ini dapat diberikan contoh bioma misalnya sala tumbuhnya Komodo yang ada di Indonesia, khususnya di NTT. Komodo hanya akan bisa hidup dalam tempat tersebut dan manjai hewan langka, tidak akan bisa hewan komodo hidup di gurun pasir, kecocokan inilah yang dinamakan dengan bioma berdasarkan iklim yang ada.

Flora

Contoh bioma flora yang ada di muka bumi ini dapat dilihat dari adanya serangkain kehidupan pada phon katus yang memiliki ciri khas dengan daunya meruncing dan menggerigi. Pohon ini hanya hidup di tempat gurun pasir, dengan corak hujan yang rendah dan tingkat panas yang luar biasa.

Dari penjelasan diatas tentang pengertian, macam, ciri, dan contoh bioma yang ada di planet bumi ini semoga bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang mencari refrensi tentang “bioma”. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *