Manfaat Bioma Tundra bagi Manusia

Diposting pada

Manfaat Bioma Tundra

Bioma sebagian besar didasarkan pada objek studi geografi dan iklim suatu wilayah dan perwilayahan. Oleh karena itulah bioma adalah zona geoklimatik yang dapat diidentifikasi dalam skala global dan mencakup hal-hal seperti tumbuhan dan hewan.

Disisi lain, salah satu jenis bioma yang memiliki peran penting bagi manusia ialah bioma tundra. Dimana dalam bioma ini memiliki ciri dengan curah hujan yang sedikit.

Bioma Tundra

Tundra adalah bioma paling dingin dibandingkan semua jenis bioma di muka bumi. Adapun untuk istilah tundra berasal dari kata Finlandia tunturi yang memiliki arti dataran tanpa pohon. Sehingga atas alasan itulah tundra terkenal karena lanskapnya yang beku, suhu yang sangat rendah, curah hujan yang sedikit, nutrisi yang buruk, dan musim tanam yang pendek.

Meski demikian adanya bahan organik mati berfungsi sebagai sumber nutrisi. Dua nutrisi utama adalah nitrogen dan fosfor. Arti nitrogen dibuat oleh fiksasi biologis, dan fosfor dibuat dengan pengendapan.

Manfaat Bioma Tundra

Sedangkan untuk fungsi dari adanya bioma stepa bagi manusia diantaranya yaitu:

  1. Sebagai tempat migrasi manusia dari benua Asia ke benua Amerika Utara

Manusia telah hidup di tundra yang dingin, keras, dan terpencil selama ribuan tahun. Keberadaan manusia di tundra dapat ditelusuri kembali setidaknya 20.000 tahun yang lalu dengan migrasi manusia dari benua Asia ke benua Amerika Utara yang sebagian besar terjadi di habitat tundra.

Selama berabad-abad hidup di tundra, aktivitas manusia telah meningkat secara dramatis dan lanskap tundra telah berubah secara drastis oleh pembangunan perumahan dan industri.

  1. Sebagai tempat wisata

Tundra Arktik, karena kepadatan populasinya yang rendah, margasatwa yang menakjubkan, dan pemandangan yang indah, adalah tujuan yang sangat populer bagi wisatawan dari seluruh dunia. Orang-orang pergi ke tundra untuk menikmati aktivitas seperti kegiatan dalam mendaki, menagkap ikan, berburu, berkemah, melihat satwa liar, fotografi.

Hewan seperti beruang kutub, beruang grizzly, serigala Arktik dan karibu, serta segala jenis burung migran, menjadikan tundra Arktik sebagai tujuan yang menarik untuk kegiatan rekreasi luar ruangan.

  1. Sebagai tempat untuk melakukan aktivitas industri

Selain aktivitas yang terkait dengan pembangunan perumahan dan rekreasi, tundra juga banyak digunakan untuk aktivitas industri. Akan tetapi, aktivitas industri adalah contoh dampak negatif manusia di tundra.

Truk yang melaju di atas lanskap tundra yang halus meninggalkan jejak ban yang dapat dilihat beberapa dekade kemudian. Aktivitas industri menciptakan peningkatan risiko tumpahan bahan kimia beracun, serta meningkatkan pencairan permafrost.

  1. Sebagai penghasil ikan salmon terbesar di dunia

Bioma tundra menjadi penghasil ikan salmon terbesar dunia. Ikan salmon mempunyai kandungan omega 3 yang bermanfaat bagi manusia, diantaranya yaitu untuk kecerdasan otak, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan mata, dan lain-lain.

  1. Sebagai habitat bagi paus beluga

Paus beluga merupakan jenis paus dari famili Monodontidae, yang hidup di wilayah perairan laut Kutub Utara dan sekitarnya. Paus beluga dikenal juga dengan nama paus putih. Karena sifatnya yang ceria dan ramah, membuat paus yang satu ini kerap dipertunjukkan dalam sea world.

  1. Sebagai tempat kilang minyak

Di wilayah tundra terdapat kilang dalam arti minyak bumi yang menjadi perebutan besar bagi seluruh negara di benua Amerika dan Eropa. Bahkan beberapa persebaran bioma tundra yang ada di negara-negara tertentu kerapkali terjadi konflik lantaran adanya sabotase dari kegiatan negara maju untuk memenuhi sumber daya alam berupa minyak ini.

Itulah tadi penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat yang menjadi fungsi adanya bioma tundra bagi manusia dalam keseharian.

Rate this post
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *