Manfaat Industri Bagi Masyarakat/Pemerintah/Pemiliknya Secara Umum

Diposting pada

Manfaat Industri bagi Masyarakat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan jenis sumber daya alam dan mineral, namun belum kaya secara sumberdaya manusia meskipun memiliki penduduk sebanyak 250 juta jiwa. Kekayaan ala mini membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta dalam negeri dan luar negeri berlomba-lomba membangun industri di negara Indonesia. Pembuatan industri yang baik dengan mendirikan lokasi dekat dengan bahan baku.

Pendirian lokasi industri yang dekat dengan bahan baku membuat menekan biaya produksi pengambilan bahan baku. Banyaknya industri di suatu negara merupakan indikator negara maju, maka dari itu negara berkembang seperti Indonesia memperbanyak lokasi industri agar dapat bersaing dengan negara lain. Industri dalam kegiatannya membawa banyak manfaat bagi negara, masyarakat, dan pengusaha. Berikut pengertian dan manfaat industri bagi kehidupan masyarakat.

Industri

Pengertian industri adalah proses pembuatan barang mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Diperlukan bahan baku dalam proses perindustrian. Industri memiliki sifat menekan biaya produksi dan memaksimalkan biaya nilai harga jual.

Hadirnya industri menuai pro dan kontra, salah satu dampak positif industri adalah munculnya pencemaran tanah, air, dan udara. Disamping itu industri membawa manfaat yang sangat menguntungkan sebagai berikut;

Manfaat Industri

Industri dapay bermanfaat bagi berbagai pihak. Pemanfaatan industri yang merasakan untungnya adalah pemerintah, masyarakat, dan pengusaha. Manfaat industri itulah yang menyebabkan sampai sekarang masih dipertahankan meskipun dapat merusak bumi kita. Manfaat industri dapat disimak pada ulasan materi sebagai berikut;

Masyarakat

Masyarakat adalah sekelompok orang yang mendiami suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu atau menetap selamanya hingga akhir hayatnya. Masyarakat menjadi pihak yang paling diuntungkan dalam kegiatan industri. Berikut adalah manfaat industri bagi masyarakat.

Lapangan Pekerjaan

Pertumbuhan penduduk yang terjadi di Indonesia tanpa disertai dengan tersedianya lapangan pekerjaan menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran. Banyaknya jumlah masyarakat yang telah selesai menempuh pendidikan menginginkan mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan bertambahnya lapangan pekerjaan dari pabrik industri dirasa dapat memberikan pekerjaan bagi masyarakat.

Sebagai contoh, di Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang terdapat warga yang belum bekerja sebanyak 1392 orang. Jumlah penduduk yang belum bekerja tersebut merupakan warga yang mayoritas telah berumur diatas 40 tahun, tidak memiliki keterampilan, dan hanya berpendidikan SMP/Mts/sederajat. Klasifikasi tersebut susah untuk bersaing di dunia kerja.

Akhirnya, pihak swasta membangun pabrik yang bernama PT Alam Daya Sakti. Pabrik tersebut merupakan industri yang  bergerak dalam bidang pembuatan paving. Lokasi industri tersebut dibangun di Kelurahan Kalipancur karena bahan dasar pembuatan paving adalah pasir, dan disana terdapat sungai besar yang bernama Banjir Kanal Barat. Sungai tersebut menyediakan pasir yang menjadi bahan dasar pembuatan paving.

Tentunya, PT Alam Daya Sakti memerlukan tenaga kerja yang bersedia menjadi buruh industri. Syarat menjadi buruh industri adalah warga yang memiliki fisik mumpuni dan bersedia menjadi buruh angkut. Klasifikasi seperti yang telah dijelaskan diatas tadi tidak mempengaruhi kinerja seseorang dalam melakukan pekerjaan sebagai buruh angkut. Maka dari itu PT Alam Daya Sakti berjasa bagi penyerapan tenaga kerja.

Pemenuhan Kebutuhan Hidup

Berdirinya pabrik indsutri membawa manfaat yang dirasakan masyarakat berupa tercukupinya kebutuhan hidup. Poin 1 menjelaskan bahwa hadirnya pabrik industri sebagai lapangan pekerjaan membuat angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan jadi dapat menerima pekerjaan. Orang yang bekerja tentunya mendapatkan upah yang mampu digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.

Sebaiknya, upah yang diterima buruh industri adalah sesuai dengan standar upah minimum kerja (UMK). Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan ekonomi pekerja yang harus dipenuhi, apalagi untuk masyarakat yang telah memiliki keluarga dan harus menghidupi keluarganya tersebut.

Sarana Penelitian

Hadirnya lapangan pekerjaan bisa digunakan sebagai sarana penelitian. Judul penelitian yang dapat dipakai oleh mahasiswa jurusan ilmu geografi adalah Persebaran Industri Pembuatan Tempe di Kota Surakarta tahun 2019.

Pemerintah

Hadirnya industri membawa manfaat bagi pemerintah daerah. Inilah yang menyebabkan pemerintah mendukung gerakan perindustrian yang tengah dilakukan oleh masyarakat. Dalam satu kota, tentunya terdapat berbagai macam industri. Beberapa manfaat industri bagi pemerintah antara lain.

Sebagai Devisa Daerah

Pajak yang harus dibayarkan oleh pengusaha industri kepada pemerintah daerah sangatlah besar. Meskipun persentasenya dibawah 10% namun nilainya dapat mencapai ratusan juta. Bayangkan apabila terdapat 100 industri dalam 1 kota, maka APBD yang diterima oleh pemerintah daerah sudah dapat dikatakan mampu untuk membangun satu buah gedung pemerintahan baru.

Mengharumkan Nama Daerah

Industri yang besar mampu mengharumkan nama daerah. Misalnya, di Kabupaten Purbalingga merupakan daerah yang terkenal sebagai industri pembuatan bulu mata palsu. Salah satu artis dari Amerika memakai produk tersebut dan mengatakan pada media di seluruh dunia bahwa dia memakai bulu mata palsu yang dibuat di Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut dapat mengharumkan nama daerah sekaligus Indonesia.

Mengurangi Angka Pengangguran

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa hadirnya industri dapat menambah lapangan pekerjaan. Penambahan lapangan pekerjaan dapat mengurangi angka pengangguran. Jadi pemerintah tidak perlu repot-repot pusing memikirkan tentang permasalahan dalam pengertian pengangguran yang terjadi di Indonesia.

Menyetabilkan Perekonomian Daerah

Pajak yang harus diberikan pengusaha industri terhadap pemerintah daerah nilainya sangatlah besar. Pajak tersebut nantinya masuk dalam kas APBD. Pajak yang dibayarkan perindustrian satu kota dapat digunakan untuk membangun satu buah gedung pemerintahan baru. Pembangunan sarana dan prasarana baru dapat memajukan infrastruktur daerah.

Infrastruktur yang maju dinilai dapat digunakan sebagai tolak ukur perekonomian yang stabil. Dalam yang ini (perekonomian stabil), juga mengurangi kesenjangan sosial antar masyarakat. Sehingga tidak akan terlihat secara fisik dari orang kaya dan orang miskin. Kesenjangan sosial bersifat buruk karena dapat menimbulkan kriminalitas seperti mencuri, merampok, dan lain sebagainya.

Pemilik Industri

Industri swasta tidak akan tecipta tanpa adanya pemilik perusahaan. Dilihat dari pemanfaatan yang timbul dari kegiatan industri, pemilik industri juga terkena dampak positif dari hadirnya kegiatan industri. Manfaat yang didapatkan dari pemilik dalam berbagai jenis industri karena kegiatan perindustrian adalah sebagai berikut.

Sarana Bidang Pekerjaan

Pengusaha juga merupakan suatu pekerjaan. Klasifikasi pengusaha dalam bidang pekerjaan disebut sebagau wiraswasta. Untuk menjadi seorang pengusaha, diperlukan konsitensi tinggi dan sifat tidak mudah menyerah dalam menghadapi kondisi yang memungkinkan ataupun tidak terjadi.

Sebagai Tempat Belajar

Seperti yang dijelaskan dalam poin 8 bahwa menjadi pengusaha diperlukan sifat tidak mudah menyerah. Artinya membetengi diri dari takut kegagalan menjadi kunci utama. Maka dari itu pembangunan tempat industri dapat menjadi sarana belajar untuk memperbaiki kesalahan dalam meraih kesuksesan.

Nah, penjelasan diatas merupakan artikel yang membahas tentang pengertian industri dan manfaat industri secara umum. Semoga tulisan yang kami sejaikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam hal menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *