5 Manfaat Proyeksi Silinder di Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Proyeksi Silinder di Masyarakat

Proyeksi Peta biasanya dapat bermanfaat untuk mengimplmentasikan pada koordinat titik-titik yang terletak di atas permukaan suatu kurva ke dalam koordinat titik-titik  terletak di atas bidang datar.

Pembahasan pada proyeksi peta ini adalah salah satu proyeksi yang sangat baik digunakan untuk mengambarkan suatu daerah karena dapat menggambarkan daerah tersebut lebih spesifik.  Jenis proyeksi peta dan contohnya diantaranya adalah proyeksi azimutal, proyeksi silinder dan proyeksi kerucut. Nah pada kesempatan kali ini artikel akan menjelaskan tentang manfaat proyeksi silinder.

Pengertian Proyeksi Silinder

Arti Proyeksi peta adalah sebuah fungsi yang dijadikan alat untuk merealisasikan titik-titik yang terletak diatas pada permukaan kurva. Proyeksi silinder atau cylindrical ialah proyeksi peta yang menggunakan bidang berbentuk silinder dan menyinggung bola bumi. Jika pada jenis proyeksi yang satu ini, bidang silinder menyinggung khatulistiwa, maka semua garis paralel adalah garis horizontal dan semua garis meridian adalah garis lurus vertikal. Fungsi proyeksi silinder ini banyak dimanfaatkan untuk kajian ilmu geografi dalam membaca peta.

Semua meridian memiliki jarak yang sama dan skalanya konsisten di sepanjang setiap paralel. Proyeksi peta silinder berbentuk persegi panjang, tetapi disebut silinder karena dapat digulung dan ujungnya dipetakan dalam tabung, atau silinder. Dalam penggambaran proyeksi peta, salah satu syaratnya yaitu perbandingan luas pada peta harus sesuai dengan luas daerah yang sebenarnya serta penggunaan manfaat proyeksi silinder sangat banyak. Proyeksi silinder sangat baik digunakan untuk mengambarkan daerah yang memiliki daerah yang sangat luas

Atau dengan kata lain, jika silinder tidak digulung menjadi lembaran datar, garis paralel dan meridian akan menjadi garis lurus yang membentuk sudut siku-siku di mana keduanya saling berpotongan. Proyeksi menampilkan arah dan bentuk dengan benar. Area yang dekat dengan titik singgung akan lebih akurat. Semakin jauh jaraknya dari titik singgung, semakin banyak distorsi yang ditampilkan.

Manfaat Proyeksi Silinder

Manfaat sekaligus keunggulan menggunakan proyeksi silinder, diantaranya yaitu:

  1. Proyeksi peta silinder berguna dalam memetakan perbandingan pada garis lintang yang sama, tapi tidak boleh digunakan untuk membandingkan objek pada garis lintang yang berbeda karena tidak akan diproyeksikan pada skala yang sama dan dengan demikian memberikan informasi yang tidak akurat.
  2. Proyeksi silinder biasanya digunakan untuk peta dunia, wilayah yang berbatasan dengan ekuator, dan wilayah yang luasnya didominasi utara-selatan. Kegunaan proyeksi peta dalam peta dunia dapat menjelaskan wilayah perwilayahan semuanya.
  3. Proyeksi silinder bisa menggambarkan daerah yang sangat luas.
  4. Proyeksi silinder bisa sesuai untuk menggambaran daerah disekitar khatulistiwa, sebab ke arah kutub akan terjadi peluasan garis lintang. Keuntungan menggunakan proyeksi silinder juga adalah dalam menggambaran daerah disekitar ekiuator.
  5. Dengan menggunakan proyeksi silinder, daerah kutub yang menyerupai sebuah titik bisa digambarkan seperti layaknya garis lurus. Salah satu ciri ciri proyeksi silinder adalah memiliki bidang proyeksi datar.

Nah demikianlah materi yang dapat kami bagikan kepada pembaca mengenai materi manfaat proyeksi silinder di masyarakat. Semoga materi in dapat menambah wawasan dan pengetahaun kepada semua khalayak pembaca serta artikel ini dapat menjadi salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.