Pengertian Patahan Desktral dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Patahan Desktral dan Contohnya

Cabang ilmu geografi selanjutnya adalah tentang bentuk-bentuk patahan yang terjadi di permukaan bumi, pada dasarnya jenis patahan Desktral ini dapat terjadi karena adanya perpindahan yang sangat signifikan buah hasi dari adanya gerakan masa batuan yang ada di perut bumi.

Gambar patahan dekstral ini membentuk batas-batas antar lempeng satu dengan lempeng lainnya, sehingga karena adanya hal tersebut patahan dekstral menghasilkan sebuah gerakan yang berasal dari perut bumi yang berkekuatan cepat dan aktif. pada kesmepatan kali ini artikel akan menjelaskan tentang pengertian patahan dekstral.

Pengertian Patahan

Arti patahan dapat didefinisikan sebagai rekahan atau zona rekahan pada batuan yang memperlihatkan pergeseran. Pergeseran pada patahan bisa terjadi sepanjang garis lurus (translasi) atau terputar (rotasi) (Ragan, 1973). Terjadinya patahan yang biasanya itu tidak terjadi oleh sebab satu akan tetapi dikarena beberpa faktor salah satunya kegiatan manusia.

Saatterjadi adanya patahan tersebut patahannya dapat memotong sejumlah blok batuan yang ada di sekitar sehingga akan membentuk sebuah wilayah perwilayahan yang baru. Bentuk patahan yang terjadi di peristiwa biasanya akan menjadi objek wisata sehingga dapat dioahami oleh para pembaca.

Pengertian Dekstral

Dekstral ialah patahan horizontal yang bergerak ke arah kanan. Cara untuk mengetahui patahan dekstral yaitu dengan berdiri di depan potongan sesar yang besar. Apabila sesar bergerak ke kiri, maka patahan tersebut adalah dekstral.

  1. Contoh Dekstral

Contoh dekstral misalnya Pegunungan Cariboo, British Columbia (provinsi paling barat dari Kanada), yang memiliki sistem sesar geser dekstral intrakontinental (intracontinental dextral strike-slip fault system) yang memotong struktur lipatan regional. Pembentuak patahan yang terjadi ini beberapa negara yang akan mengalami meringkatkan suara son.

Sistem sesar ini menyumbang minimum 120 km dan maksimum 200 km perpindahan sesar geser dekstral. Ini mungkin mengakomodasi beberapa gerakan yang terkait dengan southern termination dari Sesar Palung Pegunungan Rocky Utara dan merupakan  bagian dari zona step-over antara Sesar Palung Pegunungan Rocky Utara dan Sungai Fraser (Reid et al, 2002 dalam Canadian Journal of Earth Sciences Volume 39 (6) Juni 2002).

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada seluruh pembaca mengenai materi pengertian patahan desktral dan contohnya. Semoga dapat menjadi wawasana sekaligus pengetahuan tambahan dan juga tulisan yang dibuat ini akan menjadi sebuah rujukan informasi tebtang materi patahan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.