Faktor Penyebab Terjadinya Interaksi Antar Ruang

Diposting pada

Faktor Penyebab Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang menjadi salah satu bahasan yang menarik dalam objek studi geografi. Hal ini disebabkan prosesnya mempelajari tentang perpindahan penduduk di berabagai benua, komunikasi, serta beragam bentuk interakasi yang menyakut manusia satu dengan lainnya.

Hingga pantas jikalau dalam interaksi antar ruang memiliki pengaruh siginifikan dalam kamajuan sebuah bangsa, termasuk Negara-negara di Asia Tenggara dan Indonesia. Oleh karena demikian artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya interaksi antar ruang.

Interaksi Antar Ruang

Pengertian interaksi antar ruang adalah bentuk pengaruh prilaku yang terjadi antar manusia dengan wilayah dan perwilayahan tanpa batas, melalui kontak secara langsung atau tidak langsung, yang pasti dalam proses penciptaanya memperhatikan hubungan yang saling tukar menukar satu sama lainnya.

Penyebab Terjadinya Interaksi Antar Ruang

Sedangkan untuk faktor yang mendorong terjadinya proses interaksi antar ruang di masyarakat. Antara lain sebagai berikut;

Saling Melengkapi

Penyebab adanya interaksi antar ruang yang paling utama terjadi di berbagai Negara ialah saling melengkapi satu sama lainnya, istilah ini kemudian dikenal dalam Bahasa Inggri sebagai complementarity. Diakui ataupun tidak pada hubungan saling melengkapi ini juga menjadi bagian daripada hakekat manusia, yang tidak bisa hidup secara sendiri dan mandiri.

Contoh atas penjelasan saling melengkapi ini, misalnya saja terkait dengan adanya hubungan kerjasama internasional antara Indonesia dan Japang dalam kaitannya dengan SDA (Sumber Daya Alam) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Jepang yang notabene memiliki alat-alat otomatif yang cangih mengekspor barang buatannya ke Indonesia dalam bentuk sepeda motor, mobil, dan lain sebaginya.

Begitupula dengan Indonesia yang melakukan kerjasama dengan Japang dalam penukaran SDA minyak bumi, yang tentusaja itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing Negara. Atas hubungan inilah mencirikahaskan bahwa sejatinya setiap bangsa-bangsa di dunia tidak bisa hidup secara sendiri-sendiri, saling membutuhkan.

Kesempatan Antara

Selain hal diatas, yang menjadi faktor dalam mendorong interaksi antar ruang ialah adanya kesempatan antara perbandaingan wilayah satu dengan lainnya, dalam hal ini dikenal dengan istilah intervening opportunity. Yang memang menjadi prioritas utama dalam kehidupan manusia.

Kesempatan antara ini dalam bentuknya misalnya saja terkait dengan masyarakat di Pulau Sebatik yang terkenal dengan Pulau milik dua Negara, yaitu Malaysia dan Indonesia. Masyarakat disana pada umumnya melakukan hubungan sosial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun tergoling hubungan tersebat kadangkala illegal akan tetapi karena jarang tempuh untuk wilayah Sebatik Indonesia dan Sebatik Malaysia sangat dekat, pada akhirnya mereka saling membuhkan satu sama lainnya.

Keadaan dapat Diserahkan/Dipindahkan

Penyebab terakhir kenapa seseorang melaukan interaksi antar ruang  ialah adanya keadaan yang diserahkan atau dipindah. Kondisi ini dikenal pula dengan sebutan transferability, yang artinya bahwa melihat kedaaan yang lebih menguntungkan.

Misalnya saja adanya Kerta Api yang ada di Jogjarakta dan Surakarta melalui kereta Api Premex, masyarakat pada umumnya melakukan yang ingin naik pesawat tidak melewati Bandaa Adi Sumarmo malah lebih memilih naik ke Bandara Yogjakarta, hal ini wajar mengingat ketika naik pesawat di Jogjarakta maka harganya lebih murah lantaran Yogjakarta tergolong sebagai Bandara Internasonal.

Kasus inilah pada akhirnya mendorong terjadinya interaksi antar ruang yang dilakukan setiap individu lantaran ada keadaan yang mungkin dinilai lebih efeisen.

Selain penjelasan diatas, penting diketahui juga bahwasanya penyebab dalam contoh interaksi antar ruang ini dilakukan melalui berbagai macam kegiatan. Antara lain;

Komunikasi

Komunikasi sejatinya menjadi bagian penting dalam interaksi antar ruang baik dilakukan langsung ataupun tidak langsung. Dengan mekanisme komunikasi yang baik tentusaja memberikan pengaruh dan perluasan informasi atas hubungan sosial yang terjadi.

Transportasi

Selain hal diatas yang menjadi bagian daripada interaksi antar ruang ini ialah adanya transportasi diberbagai wilayah yang begitu berkembang sangat pesat, misalnya saja efektifitas seseorang dari berkuda, lebih cepat mempergunakan sepeda motor, dan lebih cepat lagi mempergunakan pesawat terbang, sehingga inilah menjadi bagian daripada proses interaksi antar ruang.

Mobilitas Penduduk

Terkahir yang mesuk dalam bagian interaksi antar ruang adalah terdapatnya mobilitas penduduk dalam suatu wilayah. Misalnya saja seperti adanya beragam macam kegiatan transmigrasi, urbanisasi, dan lain sebaginya. Atas peristiwa inilah pad aakhirnya menjadi upaya seseorang melakukan interaksi antar ruang.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam faktor penyebab interaksi antar ruang di berbagai Negara-negara pada umumnya. Semoga bisa memberikan wawasan dan ulasan yang mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *