Perbedaan Bukit dan Gunung di Permukaan Bumi

Diposting pada

Perbedaan Bukit dan Gunung di Permukaan Bumi

Secara sederhana, arti dari bukit adalah sebuah permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih rendah daripada ketinggian gunung. Sedangkan para ilmuwan lainnya mengartikan gunung adalah datarang renfsh permukaan bumi dengan ketinggian lebih dari dari 1000 kaki. Dari kedua kenamapkan alam tersebut bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kehidupan manusia sehari-hari, yang harus di ketahui oleh semua orang adalah perbedaan yang mendasar anatar bukit dan pegunungan adalah pada letak ketinggiannya.

Karakteristik bukit dan Gunung

Secara umum, kita berpikir bukit memiliki ketinggian lebih rendah dari gunung dan bentuk lebih bundar / gundukan daripada puncak yang berbeda. Beberapa karakteristik bukit antara lain:

  1. Gundukan alami bumi yang terbentuk baik oleh patahan atau erosi
  2. “Benjolan” di lanskap, naik secara bertahap dari lingkungan disekitarnya
  3. Tinggi kurang dari 2.000 kaki
  4. Atasan bundar tanpa puncak yang terdefinisi dengan baik
  5. Mudah didaki

Meskipun gunung biasanya lebih tinggi dari bukit, tidak ada penunjukan ketinggian resmi. Beberapa karakteristik gunung antara lain:

  1. wilayah pegunungan biasanya tidak bisa di tempati sembarangan
  2. bisa meletus jika gunung itu aktif
  3. memiliki lereneg yang sangat curam
  4. banyak di sukai wisatawan untuk mendaki
  5. Titik tertinggi pegunungan di sebut puncak

Pengertian Bukit Menurut Para Ahli

Adapun definisi perbukitan dan pegunungan menurut para ahli, antara lain:

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Perbukitan adalah tanah yang berbukit-bukit; daerah berbukit-bukit dengan relief yang besar yang ketinggiannya kurang dari 600 m. Bentuk dari bukit biasanya hampir mirip dengan gunung maka dari itu keduanya memang hampir sama akan tetapi dalam karakteristiknya berbeda.

  1. wikipedia

Arti Bukit adalah suatu fenomena alam yang ada di bumi dan memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah sehingga biasanya terlihat menonjol seperti gundukan. Dataran bukit di sekelilingnya berbentuk gundukan-dundukan tanah yang biasanya dilewati oleh manusia, daerah perbukitan juga bisa digunakan untuk wisata alami.

Pengertian Gunung

Pengertian gunung adalah sebuah permukaan bumi yang terbentuk karena adanya pertemuan lempengan sehingga membentuk lahan yang sangat tinggi di atas permukaan bumi. Manfaat pegunungan adalah sebagai wadah untuk penyimpanan air oleh bumi serta dapat mengalirkan air dari hulu ke hilir.

Manfaat gunung bagi kehidupan manusia sebagai berikut;

  1. Sumber mata air untuk kehidupan sehari-hari
  2. sebagai lahan perkebunan
  3. sebagai objek penelitian
  4. Tempat untuk rekreasi
  5. sebagai pengatur iklim

Demikianlah materi yang dapat dbagikan kepada seluruh segenap pembaca karena mengenai materi tentang perbedaan bukit dan gunung di permukaan bumi. Semoga tulisan artikel ini dapat dijadikan sumber referensi bagi segenap pembaca serta menjadi salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.