Pengertian Sungai Anteseden dan Contohnya

Diposting pada

Sungai Anteseden Adalah

Sungai bisa dikatakan sebagai bagian permukaan bumi yang posisinya lebih rendah dibandingkan lapisan tanah yang ada di disekitarnya dan menjadi tempat mengalirnya arti air tawar menuju ke laut, danau, rawa atau ke sungai yang lain. Disisi lain, setidaknya berdasarkan pada arah aliran dan struktur geologinya terdapat jenis sungai dengan nama anteseden.

Tetapi yang pasti, sungai anteseden sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya yaitu memberikan air untuk minum, mandi, dan mencuci pakaian.

Pengertian Sungai Anteseden

Pengertian sungai anteseden adalah aliran sungai yang mempertahankan jalur dan pola aslinya meskipun ada perubahan dalam topografi batuan yang mendasarinya tetapi yang pasti untuk pola alirannya berupa drainase dendritik sehingga dapat mengalami pengangkatan tektonik yang lambat.

Ciri Sungai Anteseden

Adapun untuk ciri-ciri yang ada dalam sungai anteseden. Antara lain;

  1. pengangkatan terjadi sungai anteseden umumnya mampu mengikis punggung bukit yang menanjak untuk membentuk ngarai berdinding curam
  2. Sungai antesenden senantisa mempertahankan pola dendritiknya meskipun mengalir di atas lanskap yang biasanya akan menghasilkan pola drainase teralis

Contoh Sungai Anteseden

Contoh sungai antesenden yang ada di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Misalnya:

  1. Kali Madiun (Bengawan Madiun atau Sungai Madiun)

Kali Madiun adalah sebuah sungai yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur-Indonesia, dimana sungai anteseden ini merupakan anak sungai terbesar di Bengawan Solo. Nama Kali Madiun menunjukkan bahwa itu melewati kota besar Madiun, Jawa Timur. 

Kali Madiun sendiri berawal dari sejumlah anak sungai kecil yang berkumpul di dekat kota Ponorogo, khususnya Kali Slahung, Kali Keyang dan Kali Sungkur. Kali Madiun akhirnya menyatu dengan Bengawan Solo di dekat kota Ngawi.

  1. Sungai Indus

Sungai Indus adalah sungai lintas batas Asia dan sungai trans-Himalaya Asia Selatan. Sungai adalah salah satu sungai terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 2.000 mil (3.200 km).

Adapun untuk total wilayah drainase sekitar 450.000 mil persegi (1.165.000 km persegi), dimana 175.000 mil persegi (453.000 km persegi) terletak di pegunungan dan kaki bukit Himalaya, Hindu Kush, dan Karakoram Range; sisanya di dataran semi kering Pakistan.

  1. Sungai Subansiri

Sungai Subansiri adalah sungai trans-Himalaya dan anak sungai dari Sungai Brahmaputra yang mengalir melalui Kabupaten Lhünzê di Tibet, Prefektur Shannan dan negara bagian Arunachal Pradesh dan Assam di India.

Sungai Subansiri memiliki panjang 442 kilometer (275 mil), dengan cekungan drainase 32.640 kilometer persegi (12.600 mil persegi). Sungai Subansiri adalah anak sungai terbesar dari Brahmaputra yang memberikan kontribusi 7,92% dari total aliran Brahmaputra.

Nah, semikinalah artikel singkat yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian sungai anteseden, ciri, dan contohnya yang ada di Indonesia serta dunia. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi kalian ya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *