Pengertian Samudra, 5 Macam, Proses Terbentuk, dan Manfaatnya

Diposting pada

Samudra Adalah

Sekitar 70 persen dari permukaan Bumi tertutupi oleh samudra. Dimana khusus pada samudra berisi sekitar 1,35 miliar kilometer kubik (324 juta mil kubik) air, yaitu sekitar 97 persen dari semua air yang ada di Bumi. Samudra membuat semua kehidupan di Bumi menjadi mungkin, dan membuat planet tampak biru jika dilihat dari angkasa. Bumi adalah satu-satunya ciri planet dalam tata surya kita yang diketahui dengan pasti mengandung air dalam bentuk cair.

Meskipun samudra adalah badan air yang saling bersambungan, ahli kelautan telah membaginya menjadi empat samudra utama: Samudera Pasifik, Atlantik, India, dan Arktik. Samudra Atlantik, India, dan Pasifik bergabung ke perairan dingin di sekitar Antartika. Bahkan beberapa ahli kelautan mendefinisikan ini sebagai laut kelima, atau paling sering disebut Samudera Selatan.

Samudra

Samudra di permukaan Bumi semuanya terhubung menjadi satu yang disebut “World Ocean atau dikenal dengan Samudra Dunia” yang menutupi sekitar 71 persen permukaan Bumi. Air asin yang mengalir dari satu bagian samudera ke laut lainnya tanpa halangan menghasilkan 97 persen pasokan air di planet ini.

Geografer, selama bertahun-tahun, membagi samudra dunia menjadi empat bagian: Samudra Atlantik, Pasifik, India, dan Arktik. Selain samudra tersebut, mereka juga menggambarkan banyak badan air asin yang lebih kecil termasuk laut, teluk, dan muara. Tidak sampai tahun 2000, mereka mengemukakan tentang lautan kelima yang secara resmi bernama Samudera Selatan, yang mencakup perairan di sekitar Antartika.

Pengertian Samudra

Samudra adalah badan air yang menyusun sebagian besar siklus hidrosfer planet. Air laut asin mencakup sekitar 361.000.000 km2 (139.000.000 mil persegi) dan biasanya dibagi menjadi beberapa samudra utama dan laut yang lebih kecil, dengan samudra menutupi sekitar 71% permukaan bumi dan 90% biosfer bumi.

Lautan mengandung 97% air di bumi, dan ahli kelautan menyatakan bahwa kurang dari 20% Samudera Dunia telah dipetakan. Volume total sekitar 1,35 miliar kilometer kubik (320 juta cu mi) dengan kedalaman rata-rata hampir 3.700 meter (12.100 kaki).

Pengertian Samudra Menurut Para Ahli

Adapun definisi samudra menurut para ahli, yaitu:

  1. The Free Dictionary, Samudara adalah seluruh badan air asin yang menutupi lebih dari 70 persen permukaan bumi.
  2. Britanica, Samudra adalah badan air asin yang saling bersambungan yang terdapat dalam cekungan besar di permukaan Bumi. Jika dilihat dari luar angkasa, dominasi lautan di Bumi dapat terlihat dengan jelas. Lautan dan pengertian laut marjinalnya menutupi hampir 71 persen permukaan Bumi, dengan kedalaman rata-rata 3.688 meter (12.100 kaki).
  3. National Geographic, Samudra adalah badan air asin yang saling bersambungan yang mencakup lebih dari 70 persen permukaan Bumi. Arus laut mengatur cuaca dunia dan menghasilkan kaleidoskop kehidupan. Manusia bergantung pada perairan ini untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup.
  4. Collins Dictionary, Samudra yaitu sebagai salah satu dari lima wilayah laut yang sangat luas di permukaan bumi.
  5. Merriam Webster, Samudra adalah seluruh bagian air asin yang menutupi hampir tiga perempat permukaan bumi. Salah satu bagian air yang besar (seperti Samudra Atlantik) tempat samudra besar terbagi.
  6. Your Dictionary, Samudra adalah sebagai badan air asin yang menutupi sebagian besar bumi atau sejumlah besar sesuatu.

Ciri Samudra

Beberapa karakteristik yang ada tentang samudra, yaitu:

  1. Kedalaman rata-rata samudra di dunia adalah 12.200 kaki.
  2. Gunung Mauna Kea di Hawaii memiliki ketingian 33.474 kaki dari dasarnya. Ini akan menjadikannya gunung tertinggi di dunia jika dasarnya tidak di bawah permukaan laut.
  3. Sekitar 97 persen air di planet berada di samudra.
  4. Sekitar 80 persen populasi dunia hidup dalam 60 mil dari pantai.
  5. Pegunungan terpanjang di dunia sebenarnya berada di bawah lautan dan disebut Mid Atlantic Ridge.

Macam Samudra

Berbagai jenis samudra yang terdapat di planet bumi dan tersebar di seluruh benua. Antara lain yaitu;

  1. Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah lautan terbesar di dunia dengan luas 60.060.700 mil persegi (155.557.000 km2). Menurut CIA World Factbook, ini mencakup 28% dari Bumi dan memiliki ukuran yang sama dengan hampir semua wilayah daratan di Bumi. Samudera Pasifik terletak di antara Samudera Antartika, Asia, dan Australia di Belahan Bumi Barat.

Samudra ini memiliki kedalaman rata-rata 13.215 kaki (4.028 meter) tetapi titik terdalamnya adalah Challenger Deep di dalam Palung Mariana dekat Jepang. Daerah ini juga merupakan titik terdalam di dunia pada -35.840 kaki (-10,924 meter). Samudera Pasifik penting bagi geografi bukan hanya karena luasannya yang besar tetapi juga karena telah menjadi rute eksplorasi dan migrasi historis yang besar.

  1. Samudra Atlantik

Samudera Atlantik adalah samudera terbesar kedua di dunia dengan luas 29.637.900 mil persegi (76.762.000 km persegi). Terletak di antara Afrika, Eropa, Samudera Antartika di Belahan Bumi Barat. Samudra ini termasuk laut lainnya seperti Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Karibia, Teluk Meksiko, Laut Mediterania dan Laut Utara.

Kedalaman rata-rata Samudra Atlantik adalah 12.880 kaki (3.926 meter) dan titik terdalam adalah Palung Puerto Riko di -28.231 kaki (-8.605 meter). Samudra Atlantik penting bagi kondisi cuaca dunia (seperti juga semua samudera) karena badai Atlantik yang kuat sering berkembang di lepas pantai Tanjung Verde, Afrika dan bergerak menuju Laut Karibia dari bulan Agustus hingga November.

  1. Samudra Hindia

Samudra Hindia adalah samudera terbesar ketiga di dunia dan memiliki luas 26.469.900 mil persegi (68.566.000 km2). Terletak di antara Afrika, Samudra Antartika, Asia, dan Australia. Samudra Hindia memiliki kedalaman rata-rata 13.002 kaki (3.963 meter) dan Palung Jawa adalah titik terdalamnya di -23.812 kaki (-7,258 meter).

Perairan Samudera Hindia termasuk laut seperti Andaman, Arab, Flores, Jawa dan Laut Merah serta Teluk Bengal, Great Australian Bight, Teluk Aden, Teluk Oman, Selat Mozambik dan Teluk Persia.

Samudra Hindia dikenal karena menyebabkan pola cuaca musim hujan yang mendominasi sebagian besar Asia Tenggara dan karena memiliki perairan yang telah menjadi chokepoints sejarah (jalur perairan internasional yang sempit).

  1. Samudra Selatan/Antartika

Samudera Selatan yang dikenal juga dengan Samudra Antartika adalah samudera terbesar keempat di dunia dan telah disepakati untuk disebut sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) pada 2000. Sebelumnya, pandangan umum ialah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antarktika.

Samudra ini memanjang dari pantai Antartika hingga 60 derajat lintang selatan. Ini memiliki total luas 7,848,300 mil persegi (20.327.000 km persegi) dan kedalaman rata-rata mulai dari 13.100 hingga 16.400 kaki (4.000 hingga 5.000 meter).

Titik terdalam di Samudra ini tidak bernama tetapi di ujung selatan South Sandwich Trench (palung sandwich selatan) dan memiliki kedalaman -23.737 kaki (-7.235 meter). Arus laut terbesar di dunia, Lingkaran Kutub Selatan Antartika bergerak ke timur dan panjangnya 13.049 mil (21.000 km).

  1. Samudra Arktik

Samudera Arktik adalah yang terkecil di dunia dengan luas 5.427.000 mil persegi (14.056.000 km persegi). Samudra ini memanjang antara Eropa, Asia dan Amerika Utara dan sebagian besar perairannya berada di utara Lingkaran Arktik. Kedalaman rata-rata adalah 3.953 kaki (1.205 meter) dan titik terdalamnya adalah Cekungan Fram di -15.305 kaki (-4.665 meter).

Hampir sepanjang tahun, sebagian besar Samudera Arktik ditutupi oleh lapisan es kutub yang rata-rata setebal sepuluh kaki (tiga meter). Namun, karena perubahan iklim Bumi, daerah kutub memanas dan banyak es meleleh selama bulan-bulan musim panas.

Proses Terbentuknya Samudra

Apabila mengkaji tentang proses terbentuknya samudera atau terbentuknya lautan dibumi maka hal tersebut berkaitan erat dengan dengan proses atau asal-usul terbentuknya struktur bumi, yang dapat dijelaskan dengan menggunakan teori lempeng tektonik.

Pengertian teori lempeng tektonik dapat terjadi karena sifat dari lapisan kerak bumi atau lapisan terluar bumi yang cenderung padat dan keras. Di bawah lapisan kerak terdapat lapisan astenosfer yang bersifat kental dan liat. Sedangkan lapisan yang lebih dalam lagi memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan lapisan diatasnya.

Suhu lapisan yang lebih panas berpindah pada lapisan yang lebih dingin. Dalam hal ini terjadi perpindahan panas secara konveksi. Hal tersebut mengakibatkan astenosfer bergerak seperti pergerakan air mendidih, sehingga lapisan kerak bumi di atasnya terpecah-pecah dan membentuk-lempengan.

Terbentuknya samudra berawal dari kejadian 4,4 milyar tahun yang lalu. Ketika masa itu, terjadi perubahan bentuk permukaan bumi akibat gunung api meletus. Akibatnya bumi tertutup oleh debu-debu vulkanik. Debu-bedu vulkanik yang melapisi bumi tersebut menghalangi sinar matahari masuk menuju ke bumi. Akibat yang ditumbulkan dari kejadian ini adalah uap air yang menupuk di atmosfer terkondensasi hingga terjadi hujan. Karena permukaan bumi berubah, hujan ini mengisi cekungan-cekungan dibumi hingga terbentuklah lautan.

Pada awalnya, air laut memiliki sifat sangat asam dengan suhu sekitar 100 daerajat celcius. Kondisi tersebut terjadi karena keadaan bumi yang sangat panas dan atmosfer bumi yang diselimuti oleh karbon dioksida. Ketika itu juga sering terjadi gelombang tsunami karena jatuhnya asteroid kebumi. Peristiwa ini disertai dengan pengertian pasang surut air laut yang terlalu cepat terjadi karena jarak bumi dan bulan yang terlalu dekat.

Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan jumlah karbondioksida yang ada di atmosfer bumi mengalami penyusutan yang terjadi karena karbondioksida terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat sehingga membentuk kalsium karbonat, sehingga langit mulai berwana cerah dan sinar matahari dapat kembali masuk ke bumi dan volume air laut terus menerus mengalami penyusutan.

Bagian-bagian bumi yang pada awalnya terendam air mulai mengering. Pelapukan batu yang terjadi dipermukaan bumi terjadi terus menerus dan terbawa kelautan karena adanya air hujan. Hal inilah yang menyebabkan air laut menjadi asin.

Manfaat Samudra

Samudra adalah sumber kehidupan planet Bumi dan manusia. Samudra mengalir hampir tiga perempat dari planet kita, dan menahan 97% dari air planet ini. Samudra menghasilkan lebih dari separuh oksigen di atmosfer, dan menyerap sebagian besar karbon darinya.

Tidak peduli seberapa jauh kita tinggal dari pantai, lautan masih mempengaruhi kehidupan kita. Udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, produk-produk yang menghangatkan tubuh kita, semua dapat berasal dari atau diangkut oleh lautan.

Sekitar separuh penduduk dunia tinggal di zona pesisir, dan bisnis berbasis kelautan menyumbang lebih dari $ 500 miliar untuk ekonomi dunia. Banyaknya orang yang menggunakan dan bergantung pada lautan, dan praktik yang terkadang tidak bijaksana yang kita adopsi, telah menciptakan masalah seperti ekploitasi sumber daya, pengurangan keanekaragaman hayati, dan degradasi habitat dan spesies laut. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian samudra atau lautan yang memberikan banyak manfaat untuk kita, antara lain:

  1. Sebagai cadangan makanan terbesar bagi manusia
  2. Sebagai jalur trasnportasi utama antarbenua
  3. Sebagai tempat menyaring karbondioksida menjadi oksigen
  4. Sebagai salah satu sumber air bersih olahan
  5. Sebagai salah satu sumber mata pencaharian yang potensial
  6. Sebagai tempat untuk rekreasi dan hiburan
  7. Sebagai tempat yang kaya akan barang tambang dan mineral
  8. Sebagai tempat hidup jutaan spesies
  9. Sebagai pengendali iklim dunia
  10. Sebagai tempat penelitian ilmiah
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa lautan yang dalam Bahasa Inggris “ocean” berasal dari bahsa Yunani Kuno “Okeanós” adalah tubuh air asin yang membentuk sebagian besar dalam pengertian hidrosfer planet. Oleh karena itulah termasuk samudra adalah komponen utama dari hidrosfer Bumi, samudra merupakan bagian integral dari kehidupan, membentuk bagian dari siklus karbon, dan mempengaruhi pola iklim dan cuaca.

Dimana lautan adalah habitat dari 230.000 spesies yang dikenal, tetapi karena masih banyak yang belum dijelajahi, jumlah spesies yang ada di lautan jauh lebih besar, mungkin lebih dari dua juta.

Nah, demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai materi pengertian samudra menurut para ahli, macam, proses terbentuk, dan manfaatnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan edukasi serta referensi bagi segenap pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *