9 Ciri Meteoroid dalam Sistem Tata Surya

Diposting pada

Ciri Meteoroid dalam Tata Surya

Meteoroid adalah batu ruang angkasa kecil yang bergerak melalui sistem tata surya. Ruang penuh dengan meteoroid. Sehingga sebagian besar meteoroid berukuran kecil, ukuran kerikil atau debu dari ekor komet, tetapi mereka juga bisa sangat besar. Mereka semua memotong sesuatu yang lebih besar, kadang-kadang bahkan bulan atau Mar. Jika meteoroid memasuki lapisan atmosfer Bumi, itu disebut meteor, atau bintang jatuh. Jika bagian dari meteor itu selamat dari perjalanan melalui atmosfer dan mengenai Bumi, itu adalah meteorit.

Banyak meteoroid tidak pernah menjadi meteor atau meteorit. Salah satu ciri meteoroid yaitu hampir semua meteoroid mengandung nikel dan besi ekstraterestrial. Beberapa meteoroid batu mengandung inklusi seperti biji-bijian yang dikenal sebagai chondrules dan disebut chondrites.

Meteoroid

Sejatinya arti meteoroid secara signifikan lebih kecil dari asteroid, dan ukurannya berkisar dari butiran kecil hingga benda selebar satu meter. Objek yang lebih kecil dari ini diklasifikasikan sebagai micrometeoroid atau debu ruang angkasa (space dust).

Sebagian besar adalah potongan-potongan dari komet atau asteroid, sedangkan yang lainnya adalah puing-puing dampak tabrakan yang dikeluarkan dari benda-benda seperti Bulan atau planet Mars.

Ketika meteoroid, arti komet, atau makna asteroid memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan biasanya lebih dari 20 km / s (72.000 km / jam; 45.000 mph), pemanasan aerodinamis pada objek tersebut menghasilkan seberkas cahaya, baik dari objek yang bersinar maupun dari jejak partikel bercahaya yang ditinggalkannya. Fenomena ini disebut meteor atau “bintang jatuh”.

Serangkaian banyak meteor yang muncul beberapa detik atau menit dan muncul berasal dari titik tetap yang sama di langit disebut hujan meteor. Jika benda itu tahan ablasi dari perjalanannya melalui atmosfer sebagai meteor dan berdampak dengan tanah, maka benda itu disebut meteorit.

Diperkirakan 25 juta meteoroid, mikrometeoroida, dan puing-puing angkasa lainnya memasuki atmosfer bumi setiap hari, yang menghasilkan sekitar 15.000 ton material yang memasuki atmosfer setiap tahun.

Ciri Meteoroid

Berikut ini berbagai ciri-ciri yang ada dalam meteorid, antara lain:

  1. Komposisi penyusun

Sebagian besar meteoroid terbuat dari silikon dan oksigen (mineral yang disebut silikat) dan logam yang lebih berat seperti nikel dan besi. Besi dan meteoroid nikel-besi sangat besar dan padat, sedangkan meteoroid berbatu lebih ringan dan lebih rapuh.

Hampir semua meteoroid mengandung nikel dan besi ekstraterestrial. Beberapa meteoroid batu mengandung inklusi seperti biji-bijian yang dikenal sebagai chondrules dan disebut chondrites. Meteoroid berbatu tanpa ciri-ciri ini disebut “achondrites“, yang biasanya terbentuk dari aktivitas beku di luar struktur bumi; mengandung sedikit atau tidak sama sekali besi ekstraterestrial.

Komposisi meteoroid dapat disimpulkan ketika mereka melewati atmosfer bumi dari lintasan mereka dan spektrum cahaya dari meteor yang dihasilkan. Efeknya pada sinyal radio juga memberikan informasi, terutama berguna untuk meteor siang hari, yang sebaliknya sangat sulit untuk diamati.

  1. Ukuran

Meteoroid adalah batu kecil atau partikel puing di antara ciri tata surya kita. Mereka berkisar dalam ukuran dari debu hingga sekitar 10 meter dengan diameter, sedangkan untuk benda yang lebih besar biasanya disebut sebagai asteroid.

  1. Mikrometeorid

Meteoroid biasanya merupakan fragmen dari asteroid. Itu bisa sangat besar, atau bisa juga sangat kecil. Micrometeoroid adalah partikel yang lebih kecil dari sebutir pasir. Setiap hari, atmosfer Bumi dikejutkan oleh jutaan meteoroid dan mikrometeoroid.

Sebagian besar tidak pernah mencapai permukaan bumi karena mereka menguap oleh panas yang hebat yang dihasilkan oleh gesekan melewati atmosfer.a 

  1. Proses pembentukan

Meteoroid banyak yang terbentuk dari tabrakan asteroid, yang mengorbit matahari antara jalur Mars dan Jupiter di wilayah yang dinamakan sabuk asteroid. Ketika asteroid menabrak satu sama lain, mereka menghasilkan puing-puing yang hancur, yang disebut meteoroid.

Kekuatan tumbukan asteroid dapat membuang puing-puing meteoroid, dan terkadang asteroid itu sendiri keluar dari orbit regulernya. Hal tersebut bisa menempatkan meteoroid pada jalur tabrakan dengan planet atau bulan.

Meteoroid lain adalah puing-puing yang dilepaskan komet saat mereka melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. Saat komet mendekati matahari, “bola salju kotor” dari inti komet mengeluarkan gas dan debu.

Ekor berdebu dapat berisi ratusan atau bahkan ribuan meteoroid dan mikrometeoroida. Meteoroid dilepaskan oleh komet yang biasanya mengorbit bersama dalam formasi yang disebut aliran meteoroid.

  1. Kecepatan

Meteoroid yang paling cepat melakukan perjalanan melalui tata surya dengan kecepatan sekitar 42 kilometer per detik (26 mil per detik). Ketika sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi, meteoroid bergerak dengan kecepatan sangat tinggi, minimal lebih dari 11 km per detik (25.000 mil per jam), yang jauh lebih cepat daripada peluru yang meninggalkan laras senapan.

  1. Meteoroid terbakar di atmosfer dan jatuh ke Bumi sebagai debu kosmik

Setiap hari, sekitar 3000 metrik ton (Satu metrik ton sama dengan 2.204 pound) material debu kosmik jatuh ke Bumi. Debu kosmik, juga disebut debu luar angkasa atau debu antariksa, yaitu debu yang ada di luar angkasa, atau telah jatuh di Bumi.

Debu kosmik selanjutnya dapat dibedakan berdasarkan lokasi astronomisnya: debu intergalaksi, debu antarbintang, debu antar planet (seperti dalam awan zodiak) dan debu perplanet (seperti pada cincin planet).

  1. Meteoroid yang terbakar saat melewati atmosfer Bumi dikenal sebagai meteor

Pemanasan yang terjadi karena adanya gesekan yang dihasilkan oleh tabrakan energetik meteoroid dengan atom dan molekul atmosfer, menyebabkan permukaannya meleleh dan menguap dan juga memanaskan udara di sekitarnya.

Hasilnya adalah fenomena bercahaya yang dikenal sebagai meteor. Ketika kita menatap langit di malam hari dan melihat seberkas cahaya atau ‘bintang jatuh’ yang sebenarnya itu lihat adalah meteor.

  1. Meteoroid yang bertahan jatuh melalui atmosfer Bumi dan bertabrakan dengan permukaan Bumi dikenal sebagai meteorit

Meteorit didefinisikan sebagai benda makroskopik padat yang bertahan masuk ke atmosfer Bumi. Mereka tidak terkait dengan cara apa pun dengan meteor shower dan sangat jarang sehingga mereka jarang diamati memasuki atmosfer.

Meskipun seorang pengamat dapat melihat beberapa meteor per jam di hampir setiap malam gelap dan jernih, meteorit dengan ukuran yang dapat dipulihkan jatuh pada tingkat rata-rata sedikit lebih dari satu per tahun untuk setiap juta kilometer persegi permukaan Bumi.

Sekitar 10.000 meteorit yang diketahui memiliki sifat yang sangat bervariasi, mulai dari kristal besar paduan besi-nikel yang beratnya puluhan ton hingga 10 mg gumpalan material tanah liat yang kaya akan bahan organik. Kebanyakan meteorit sebagian besar terdiri dari silikat, sulfida, dan logam.

  1. Earth grazing fireballs (bola api yang merumput)

Sebuah meteoroid yang menembus atmosfer Bumi dengan kecepatan lebih dari 35.000 mil per jam sebelum terbang kembali ke luar angkasa disebut Earth grazing fireballs. Jejak berapi sepanjang 808 mil (1.300 km) yang terbentuk oleh batuan antariksa saat mulai terbakar di atmosfer terlihat di Australia pada Juli 2017.

Hanya sejumlah kecil dari peristiwa semacam itu yang telah diamati secara ilmiah, termasuk dalam hal ini prosesi meteor yang terlihat pada tahun 1860 – dengan yang terbaru terkenal karena ketinggiannya yang rendah.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan ulasan secara mendalam. Pada segenap pembaca, berkenaan materi ciri meteoroid yang ada dalam sistem tata surya. Semoga bisa memberikan pemahaman serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *