Contoh Desa Swakarya Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Desa Swakarya di Indonesia

Desa adalah pemukiman atau komunitas manusia yang berkelompok dan posisi wilayahnya lebih besar dari dusun tetapi lebih kecil dari ciri kota. Walaupun demikian kata itu sering digunakan untuk menggambarkan dusun dan kota-kota kecil dengan populasi yang biasanya berkisar antara beberapa ratus hingga beberapa ribu.

Dalam sejarahnya desa adalah bentuk komunitas yang biasa bagi masyarakat yang mempraktikkan pertanian subsisten, dan juga untuk beberapa masyarakat non-pertanian. Adapun untuk di Indonesia ada beragam klasifikasi desa, salah satunya yaitu klasifiskasi desa berdasarkan tingkat perkembangannya, yang dapat dibagi menjadi tiga yaitu desa swadaya, desa swakarya, dan desa swasembada.

Desa Swakarya

Desa swakarya adalah wilayah dan perwilayahan yang merupakan peralihan yang dari desa swadaya menuju desa swasembada. Desa swakarya yang sudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, kelebihan produksi yang dihasilkan sudah mulai dijual kedaerah-daerah lainnya.

Sehingga dalam hal ini arti desa swakarya ialah sebagai desa yang adat-istiadatnya sudah agak longgar sebab adanya pengaruh luar, teknologi pertanian dan taraf pendidikan warganya sudah relatif tinggi dibandingkan desa swadaya. Adopsi teknologi tertentu seringkali menjadi salah satu sumber perubahan tersebut.

Ciri-ciri desa swakarya

Diantaranya yaitu:

  1. Kebiasaan atau adat istiadat tidak lagi mengikat secara penuh
  2. Mulai menggunakan alat-alat dan teknologi
  3. Tidak terisolasi walau letaknya jauh dengan pusat perekonomian
  4. Meningkatnya perekonomian, pendidikan, jalur lalu lintas dan prasarana lainya
  5. Jalur lalu lintas antara desa dan kota sudah mulai lancar.

Contoh Desa Swakarya

Sedangkan beberapa contoh desa swakarya yang ada di Indonesia dan mudah ditemukan dalam berbagai wilayah, antara lain:

  1. Desa Gunung Rajak

Desa Gunung Rajak merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini memiliki penduduk yang sebagian besar bersuku daerah Sasak. Terletak di bagian timur pulau Lombok.

Kondisi sosial budaya masyarakat di desa ini umumnya masih sangat mempunyai kental dan dilestarikan hingga saat ini dan terlihat jelas pada kehidupan sehari-hari masyarakat baik dalam penyelenggaaan kegiatan-kegiatan sosial maupun keagamaan sebab masyarakatnya merupakan satu rumpun ras dan bahasa/dialeg yang sama.

  1. Desa Sukarara

Sukarara merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sebagian besar penduduk di desa ini ada bersuku Sasak. Di desa ini, Songket Sukarara merupakan kain tenun yang terletak di desa ini.

Aksesbilitas ke Desa Sukara bisa dibilang tidak terlalu merepotkan sebab desa ini dekat dengan banyak tempat wisata lainnya seperti Tanjung Aan, Desa Banyumelek, Desa Sade dan lain-lain.

Salah satu yang menjadi keunikan adat istiadat yang dimiliki desa yaitu perempuan Desa Sukararaharus mempunyai keterampilan menenun, karena jika sudah pandai menenun maka sudah dirasa pas atauoun layak untuk melangsungkan prosesi pernikahan.

  1. Desa Sukamahi

Desa Sukamahi merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Luas wilayah desa ini sekitar 263.6 hektar, yang menjadikannya sebagai desa terluas di Kecamatan Sukaratu.

Desa Sukamahi mempunyai prestasi dalam hal tata kelola pemerintahan desa dan pembangunannya. Gambaran status desa swakarya salah satunya ialah yaitu Deesa Sukamahi belum seluruhnya menerapkan teknoligi di usaha petaniannya.

Fungsi Desa Swakarya

Desa swakarya dalam peranan yang dimemiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

  1. Desa swakarya adalah pemasok terhadap kebutuhan di kota atau yang disebut dengan hinterland
  2. Desa swakarya adalah sumber tenaga kasar untuk perkotaan
  3. Desa swakarya adalah mitra atau rekan bagi pembangunan kota
  4. Desa swakarya adalah bentuk pemerintahan terkecil di wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan terkait dengan beragam contoh desa swakarya di Indonesia dan mudah untuk kita lakukan penyelidikan lebih mendalam. Semoga bisa memberikan edukasi serta referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *