Contoh Penerapan Prinsip Deskripsi dalam Geografi

Diposting pada

Contoh Prinsip Deskripsi

Hakikat geografi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai fenomena sosial dan alam tentusaja memiliki berbagai prinsip yang menjadi keteraturan untuk melakukan penyelelidikan lebih mendalam. Upaya penyeledikan tersebut dalam geografi secara menyeluruh dikenal dengan deskripsi.

Prinisp geografi deskripsi yang disebut dengan penggambaran secara menyeluruh memiliki berbagai contoh penerapan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Prinsip Deskripsi dalam Geografi 

Prinsip deskripsi adalah bagian prinsip geografi yang berguna untuk  menggambarkan fenomena geosfer yang terjadi di muka bumi, baik melalui sistem tulisan, tabel, gambar, dan grafik. Yang kesemua itu disajikan melalui fakta, gejala, dan masalah sebab-akibat secara kualitatif atau pun kuantitatif.

Oleh sebab itulah analisis terkait dengan prinsip geografi yang menggunakan prinsip yang satu ini banyak membahas tentang proses, statistik, kronologi, dan juga gambaran tentang suatu fenomena.  Sehingga pada akhirnya, yang perlu setidaknya ingat tentang prinsip deskripsi adalah penjelasan secara mendalam tentang karakteristik yang spesifik pada fenomena atau gejala-gejala geosfer.

Contoh Prinsip Deskripsi

Adapun untuk contoh penerapan prinsip deskripsi dalam objek studi geografi, antara lain:

  1. Jumlah Penduduk Indonesia

Terkait dengan berapa total jumlah penduduk yang ada di Indoesia pada saat ini merupakan bagian prinsip deskripsi. Yang setidaknya sampai saat ini sebanyak 269 juta jiwa atau sebesar 3,49% dari total populasi dunia. Jumlah tersebut diketahui berdasarkan data dari worldometers.

Oleh karena itulah sampai saat ini total populasi penduduk di Indonesia sendiri menjadi urutan ke-4 di dunia. Setelah China, Ammerika, dan India.

  1. Jumlah Angkatan Kerja

Penggambaran terkait jumlah angkatan kerja di Indonesia juga menjadi salah satu soal dalam penjelasan prinsip deskripsi. Dimana berdasarkan data dari BPS, jumlah angkatan kerja di Indonesia pada bulan Februari 2020 sebanyak 137,91 juta orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 1,73 juta orang dibandingkan Februari 2019.

  1. Kondisi Perekonomia di Indonesia

Contoh lainnya terkait dengan prinsip deskripsi geografi jikalau ditinjau dari besaran Produk Domestik Bruto (PDB), kondisi perekonomian di Indonesia atas dasar harga berlaku pada tiga bulan kedua tahun 2020 (triwulan II-2020) mencapai Rp3.687,7 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp2.589,6 triliun.

  1. Panjang Garis Pantai

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara martim terbesar di Dunia, bahkan dengan kemarintiman itulah wilayah NKRI berperan penting dalam sistem kelautan khususya pada pantai. Adapaun berdasarkan data dari Badan Informasi Geospasial, diketahui bahwa panjang garis pantai di Indonesia totalnya adalah 99.093 km.

Penjelasan tetnetang jumlah keseluruhan dalam garis pantai tersebut menjadi bagian daripada kajian dalam prinsip deskripsi.

  1. Tsunami di Aceh

Penerangan terkait dengan jenis bencana alam yang kerapkali teradi di Indonesia, ialah tsunami. Khususnya di Aceh.

Adapaun dalam kajian ini jika melakukan prinsip deskripsi harus mampu jumlah korban tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silan mencapai 167.000 orang, baik itu yang meninggal dunia maupun hilang. Selain itu, tidak kurang dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal. Hal ini di dasarkan pada Bank Dunia/

  1. Siklus batuan

Bukan hanya soal fenomena sosial yang terjadi di Idonesia. Tetapi dalam geologi prinsip deskripsi juga dipergunakan. Misalnya saja ingin menjelaskan sikuls bantuan. Maka setidaknya secara umum melibatkan 3 jenis batu yaitu:

  1. Batuan beku adalah jenis batuan yang berasal dari magma yang mengalami proses pendinginan atau pembekuan.
  2. Batuan sedimen merupakan batuan beku yang pada siklusnya mengalami proses pelapukan, pengikisan, dan pengendapan karena pengaruh cuaca;
  3. Batuan metamorf adalah batuan hasil dari ubahan atau transformasi dari jenis batuan yang sudah ada sebelumnya (protolith) karena terjadinya proses metamorfosis atau mengalami perubahan bentuk.
  1. Jumlah Negara di ASEAN

Menjelaskan tentang berapa jumlah negara di kawasan Asia Tenggara juga menjadi bagian daripada prinsip deskripsi dalam geografi. Dimana jumlah negara tersebut terdiri atas 10 negara, yaitu;

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Brunei Darussalam
  5. Filipina
  6. Vietnam
  7. Thailand
  8. Laos
  9. Kamboja
  10. Myanmar
  11. Timor Leste

Demikinalah setidaknya artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan contoh penerapan yang ada dalam prinsip deskripsi dalam bidang studi geografi. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *