7 Dampak Hujan Asam Bagi Manusia Dalam Kehidupan Keseharian

Diposting pada

Dampak Hujan Asam Bagi Manusia Dalam Kehidupan Keseharian

Arti hujan adalah sebuah peristiwa dari adanya prosen penguapan yang terjadi di permukaan bumi dari wilayah perwilayahan terutama pada daerah perairan, tumbuhan, atau daratan yang ada. Adanya proses hujan ini tidak terlepas dari adanya hubungan dengan siklus air pada langit ke bumi. Dampak manfaat dari adanya hujan asam bagi manusia dapat berakibat positif dan negatifnya.

Macam-macam hujan sangat banyak sekali akan tetapi pada tulisan ini akan menjelaskan adanya hujan asam yang terjadi di planet bumi. Penyebab dari adanya hujan asam adalah saat proses SO2 dan NOX menyebar pada seluruh bagian di lapisan atmosfer usai terjadi pengangkutan oleh angin atau arus udara yang ada di langit. Adapaun hujan asam ini dapat berakibat negatif, akan tetapi jika terjadinya hujan asam di muka bumi, bisa di cegah.

Pengertian Hujan Asam

Arti hujan asam adalah proses terjadinya hujan yang memiliki pH rendah dan memiliki sifat asam yang korosif pada air yang turun di permukaan bumi sehingga dapat menyebabkan pengikisan pada partikel lain. Pada hujan asam ini, air yang turun di permukaan bumi dapat mengandung berbagai komponen misalnya sam sulfat atau nitrat, yang jatuh ke tanah dari atmosfer dalam bentuk basah atau kering. Penyebab hujan asam terjadi karena adanya proses nitrogen di langit yang bereaksi dengan oksigen di lingkungan membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida sehingga menjadi hujan asam.

Dampak Hujan Asam

Dampak terjadinya hujan asam diantaranya yaitu:

  1. Pengaruh Lingkungan Perairan 

Hujan asam baik jatuh langsung ke badan air atau mengalir dari hutan, jalan, dan ladang untuk mengalir ke sungai dan danau. Selama periode waktu tertentu, asam menumpuk di air dan menurunkan pH keseluruhan badan air. Dampak dari adanya hujan asam perubahan pada lingkungan perairan di sekitar.

Tumbuhan dan hewan air membutuhkan tingkat pH tertentu sekitar 4,8 untuk bertahan hidup. Jika tingkat pH turun di bawah maka kondisi menjadi tidak bersahabat bagi kelangsungan kehidupan akuatik.

Kecenderungan hujan asam yang mengubah konsentrasi pH dan aluminium sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi pH dalam air permukaan, sehingga mempengaruhi ikan serta bentuk kehidupan akuatik lainnya. Pada tingkat pH di bawah 5, sebagian besar telur ikan tidak dapat menetas. PH yang lebih rendah juga dapat membunuh ikan dewasa.

Limpasan hujan asam dari daerah tangkapan ke sungai dan danau juga telah mengurangi keanekaragaman hayati karena sungai dan danau menjadi lebih asam. Spesies termasuk jenis ikan, tumbuhan dan serangga di beberapa danau, sungai dan anak sungai telah berkurang dan bahkan ada yang musnah sama sekali karena hujan asam berlebih yang mengalir ke perairan.

  1. Pengaruh terhadap Hutan

Itu membuat pohon rentan terhadap penyakit, cuaca ekstrem, dan serangga dengan menghancurkan daunnya, merusak kulit kayu dan menghentikan pertumbuhannya. Kerusakan hutan akibat hujan asam terlihat paling jelas di Eropa Timur – terutama Jerman, Polandia, dan Swiss.

  1. Pengaruh pada Tanah

Hujan asam memiliki dampak besar pada kimia dan biologi tanah. Artinya mikroba tanah dan aktivitas biologi serta komposisi kimia tanah seperti pH tanah rusak atau terbalik akibat pengaruh hujan asam. Tanah perlu menjaga tingkat pH yang optimal untuk kelangsungan aktivitas biologi.

Ketika hujan asam merembes ke dalam tanah, itu berarti pH tanah semakin tinggi, yang merusak atau membalikkan aktivitas biologi dan kimia tanah. Oleh karena itu, mikroorganisme tanah sensitif yang tidak dapat beradaptasi dengan perubahan pH dimatikan.

Keasaman tanah yang tinggi juga mengubah sifat enzim bagi mikroba tanah. Pada tingkat yang sama, ion hidrogen dari hujan asam melepaskan mineral dan nutrisi penting seperti kalsium dan magnesium.

  1. Penutupan Vegetasi dan Perkebunan

Efek merusak dari hujan asam pada tanah dan tingkat pengendapan kering yang tinggi telah merusak hutan dataran tinggi dan tutupan vegetasi tanpa henti karena sebagian besar dikelilingi oleh kabut dan awan asam. Selain itu, pengaruh luas hujan asam terhadap keselarasan ekologi telah menyebabkan pertumbuhan terhambat bahkan kematian beberapa hutan dan tutupan vegetasi.

  1. Pengaruh terhadap Arsitektur dan Bangunan

Hujan asam pada bangunan, terutama yang dibangun dengan batu kapur, bereaksi dengan mineral dan membuatnya terkikis. Hal ini membuat bangunan menjadi lemah dan mudah rusak. Bangunan modern, mobil, pesawat terbang, jembatan baja, dan pipa semuanya dipengaruhi oleh hujan asam. Kerusakan yang tidak tergantikan dapat terjadi pada bangunan peninggalan tua.

  1. Pengaruh terhadap Kesehatan Masyarakat

Saat berada di atmosfer, gas sulfur dioksida dan nitrogen oksida serta turunan materi partikulatnya seperti sulfat dan nitrat, menurunkan jarak pandang dan dapat menyebabkan kecelakaan, yang menyebabkan cedera dan kematian. Kesehatan manusia tidak secara langsung terpengaruh oleh hujan asam karena air hujan asam yang terlalu encer hingga menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Namun demikian, pengendapan kering disebut juga gas partikulat di udara yang dalam hal ini adalah nitrogen oksida dan sulfur dioksida dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius bila terhirup. Tingkat pengendapan asam yang meningkat dalam bentuk kering di udara dapat menyebabkan masalah paru-paru dan jantung seperti bronkitis dan asma.

  1. Efek Lainnya

Hujan asam menyebabkan pelapukan bangunan, korosi logam, dan pengelupasan cat pada permukaan. Bangunan dan bangunan yang terbuat dari marmer dan batugamping adalah yang terutama rusak oleh hujan asam karena reaktivitas asam dalam hujan dan senyawa kalsium dalam bangunan tersebut.

Efeknya biasanya terlihat pada patung, batu nisan tua, monumen bersejarah, dan bangunan yang rusak. Hujan asam juga merusak logam seperti baja, perunggu, tembaga, dan besi.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai materi dampak hujan asam bagi manusia dalam kehidupan keseharian. Semoga artikel yang telah di tulis ini dapat menambah wawasana dan pengetahun kepada segenap pembaca sekaligus materi ini dapat menjadi sebuah sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.