Fungsi Pusat Pertumbuhan Wilayah Secara Umum di Indonesia

Diposting pada

Fungsi Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pertumbuhan dalam wilayah dan perwilayahan sejatinya adalah beragam pertumbuhan pembangunan yang ada di masyarakat, baik fisik, sosial, ekonomi ataupun budaya. Istilah inipula dikenal dengan sebutan growth pole yang artinya adalah kutub pertumbuhan.

Oleh karena demikianlah dalam pusat pertumbuhan wilayah juga selalu dijadikan acuan pembangunan berkelanjutan agar dapat memengaruhi perkembangan wilayah yang ada di sekitarnya dengan tujuan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan adalah bentuk kawasan yang dilakukan pebangunan secara besar-besaran sehingga mengalami kenaikan yang siginifikan (pesat), baik untuk SDM, pendidikan, fasilitas umum, dan lainnya. Sehingga sangalah pantas jikalau dalam wilayah ini kerapkali dijadikan sentral perdagangan dan lokomodatif perekonomian sehingga mampu memengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya.

Fungsi Pusat Pertumbuhan Wilayah

Disini lain dalam pembangunan pusat pertumbuhan yang dilakukan berbagai daerah tersebut setidaknya memiliki fungsi agar kemudian dapat berjalan sesuai keinginan yang akhirnya terwujudkan. Setidaknya secara umum berikut ini fungsi growth centre antara lain;

  1. Koordinasi

Sebagai salah satu daerah yang menjadi tolak ukuran pembangunan di berbagai daerah pusat pertumbuhan wilayah ini menjadi salah satu kordinasi (penghubung) antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pusat pertumbuhan wilayah ini.

Kordinasi ini juga diperlukan untuk pemerintah agar mendapatkan data-data valid sehingga bisa melakukan kebijakan yang sesuai dengan keinginan untuk mendorong kemajuan.

  1. Pembinaan

Pembinaan juga menjadi bagian fungsi adanya pusat pertumbuhan wilayah formal. Pembinaan ini dijalankan agar masyarakat secara nyata bisa mengakomodir adanya keinginannya sendiri dan tuntuan dari pemerintah ousat atas alokasi dana yang telah dikeluarkan untuk melangsungkan pembangunan.

  1. Melihat wilayah Mengalami Kemajuan/Kemunduran

Salah satu fungsi penting lainnya dari adanya pusat pertumbuhan untuk daerah ini ialah menjadi tolak ukur dalam menyebutkan daerah tersebut maju atau tidak. Kondisi ini setidaknya menajdi bahasan yang cukup panjang, lantaran untuk mengontralnya pemerintah akan mempergunakan standar-standar tertentu. Misalnya saja dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

  1. Meratakan Pembangunan

Peranan lainnya dari adanya pusat pertumbuhan untuk wilayah ini ialah upaya memeratakan pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah kepada setiap daerah-daerah yang ada. Apalagi untuk Indonesia dengan kategori kepulauan merupakan kondisi penting dalam memberikan pemerataan pembangunan.

  1. Keteladanan

Keteladanan merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam ukuran pusat pertumbuhan wilayah. Keteladanan ini bisa penting dijalalankan mengingat ketika daerah tersebut sukses dalam melakukan pembanunan maka secara otimatis pemerintah menjadikannya tolak ukur.

Pusat Pertumbuhan Wilayah di Indonesia

Dengan adanya daerah yang dijadikan pusat pertumbuhan inilah salah satu tujuannya ialah memberikan pengaruh bagi daerah di sekitarnya. Untuk daerah yang ada di Indonesia sendiri secar garis besar terbagi 2 hal. Yaitu;

  1. Pusat pertumbuhan (growth centre)
  2. Daerah Belakangnya (hinterlands)

Mesekipun pada saat ini setiap Provinsi, Kota, atapun Kabupaten di Indonesia memiliki berbagai jenis fungsi pusat pertumbuhan. Akan tetapi klasifikasinya terbagi atas 4 bagian. Antara lain;

Pembagian Pusat Pertumbuhan Wilayah

Dari penjelasan diatas setidaknya ada bagian A yang meliputi medan (Sumatra Utara), B pusatnya di DKI Jakarta, C berlokasi di Surabaya, dan Juga D berpusat di Ujung Pandang. Sehingga dapat dikatakan semua wilayah menyangkut daerah-daerah di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Indonesia yang ada di bagian timur. Yang setidaknya dalam hal ini ada beragam manfaat yang diberikan bagi secara fungsional ataupun geografis.

  1. Fungsional, pusat pertumbuhan ialah lokasi terkonsentrasi suatu industri atau kegiatan ekonomi karena memiliki sifat dinamis, sehingga mampu merangsang kehidupan ekonomi ke dalam maupun ke luar wilayah.
  2. Letak geografis, pusat pertumbuhan ialah lokasi yang memiliki banyak fasilitas dan kemudahan, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi manusia (pole of attraction).

Itulah tadi penjelasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan fungsi pusat pertumbuhan wilayah dan pembaagiannya di Indonesia pada saat ini. Semoga memberikan edukasi dan wawasan bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *