Pengertian Pusat Pertumbuhan Wilayah, Faktor, dan Fungsinya

Diposting pada

Faktor Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan dalam identifikasinya lebih dikenal dengan growth pole. Memiliki peranan yang sangat singnifikan dalam menentukan arah kebijakan pemerintah dan ciri pembangunan berkelanjutan untuk daerah-daerah yang satu dengan lainnya.

Oleh karena itulah Indonesia sebagai salah satu ciri negara berkembang juga terdapat istilah pusat pertumbuhan wilayah dan pembangunan wilayah.

Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan adalah identifikasi yang dijalankan secara baik dari serangkain penelitian dan kajian keilmiahan tentang perkembangannya untuk menentukan pembangunan yang ada. Atas dasar inilah pusat pertumbuhan kerap kali dijadikan simbul keberhasilan dari rencana-rencana pemerintah dalam mengarahkan program kedaerahan.

Sehingga dapatlah dikatakan bahwa pusat pertumbuhan wilayah merupakan suatu gambaran kepada wilayah dan perwilayahan yang telah berkembang pesat, khususnya dalam pengelolaan kegiatan ekonomi yang menjadi pusat pembangunan daerah, pusat pertumbuhan berkembang sesuai karaktenistik wilayahnya.

Pengertian Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan wilayah adalah ketrtingkatan pertumbuhan lebih cepat dibandingkan wilayah lainnya. Wilayah ini biasanya menjadi sumber dari bermacam-macam kegiatan ekonomi dan sangat berpengaruh terhadap wilayah di sekitarnya.

Pengertian Pusat Pertumbuhan Menurut Para Ahli

Adapun definisi pusat pertumbuhan menurut para ahli, antara lain:

  1. Boudeville

Pusat pertumbuhan wilayah adalah sekumpulan fenomena letak geografis dari semua kegiatan yang ada di permukaan bumi. Suatu jenis kota atau wilayah kota yang memiliki populasi industri yang kompleks, bisa dikatakan sebagai pusat pertumbuhan.

Oleh karena itulah jumlah populasi industri ialah industri yang memiliki pengaruh yang besar (baik langsung maupun tidak langsung) terhadap kegiatan lainnya.

Ciri Pusat Pertumbuhan Wilayah

Adapun karakteristik yang ada dalam pusat pertumbuhan wilayah, antara lain sebagai berikut;

  1. Pusat kota, pusat desa, atau pusat kota baru yang ditunjuk
  2. Suatu area yang berada di atau berdekatan dengan pusat kota, pusat desa, atau pusat kota baru yang ditentukan, dengan batas-batas yang ditentukan dengan jelas yang telah disetujui oleh satu atau lebih kotamadya dalam rencana kotanya untuk mengakomodasi sebagian besar pertumbuhan yang diantisipasi oleh kotamadya atau kotamadya selama periode 20 tahun.

Faktor Pusat Pertumbuhan Wilayah

Adapun beberapa faktor yang menjadi penentu dalam terbentuknya suatu lokasi/daerah kemudian menjadi pusat pertumbuhan, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Sumber Daya Alam

Pengelolaan arti sumber daya alam yang balk di suatu wilayah mampu meningkatkan kegiatan ekonomi, perluasan kesempatan kerja, dan peningkatan pendapatan daerah. Kondisi tersebutlah pada akhirnya mampu mendorong suatu wilayah berkembang menjadi pusat pertumbuhan.

  1. Sumber Daya Manusia

Faktor yang menjadi pendorongan dalam fungsi pusat pertumbuhan ialah Kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan sumber daya alam secara terampil mem berikan kontribusi terhadap perkembangan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan.

  1. Kondisi Fisiografi

Faktor selanjutnya daripada pusat pertumbuhan wilayah ini adalah kondisi fisiografi ataupun dikenal dengan dengan tingkat stategisan dalam lokasi. Hal ini banyak didasari pada kenyataan bahwa perkembangan suatu wilayah di pengaruhi kondisi fisiografi.

Contohnya saja untuk wilayah dataran rendah berpotensi menyediakan jaringan transportasi strategis dengan lebih sedikitnya hambatan bersifat alami. Kondisi tersebut mendorong terjadinya arus distribusi barang secara intensif dan pengembangan wilayah menjadi pusat pertumbuhan.

  1. Fasliltas Penunjang

Wilayah yang memiliki fasilitas penunjang lebih lengkap seperti jaringan jalan, jaringan telekomunikasi, jaringan listrik, dan sarana kebersihan lebih berpeluang menjadi salah satu faktor dalam menentukan pusat pertumbuhan. Fasilitas tersebut menunjang aktivitas sosial ekonomi masyarakat.

Fungsi Pusat Pertumbuhan Wilayah

Adapun beragam fungis yang dapat diutarakan dalam memperjelas keberadaan pusat pertumbuhan, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Teladan, fungsi ini akan muncul didalam suatu negara jika ada wilayah yang dinilai mampu meningkatkan pendapatkan dan mengatasi masalah-masalah yang ada daerah. Sehingga secara tidak langsung memberikan keteladanan bagi pemerintah daerah lainnya.
  2. Memeratakan pembangunan, peranan yang dimiliki dalam pusat pertumbuhan wilayah selanjutnya ialah memberikan kontribusi pada pemerataan pembangunan yang diciptakan. Dengan demiakianlah setidaknya masyarakat di daerah akan sadar kekurangan dan kelebihan wilayahnya.
  3. Melihat Perkembangan, fungsi lain yang diterpakan dalam pusat pertumbuhan wilayah ialah melihat perkembangan pembangunan dan tingkat keberhasilan. Dengan demikian setidaknya dapat diperoleh perbandingan yang jelas.
  4. Memudahkan kordinasi, peranan lainnya dalam proses terbentunya pusat pertumbuhan ialah memudahkan kordinasi (hubungan) antar wilayah satu dengan lainnya yang berbeda.
  5. Pembinaan, trakhir yang menjadi peranan daripada pusat pertumbuhan wilayah ini ialah mampu memberikan pembinaan atas beragam daerah maju dan mudur oleh pemerintah pusat atau desa di daerah setempat.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa pendudukan dan pertumbuhan menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan upaya pendapatkan dan keberhasilan negara, dengan demikianlah proses kesinambungan akan terjadi diantaranya wilayah dan perwilayahan yang ada.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian pusat pertumbuhan wilayah menurut para ahli, ciri, faktor, dan fungsinya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah refrensi mendalam bagi segenap pembaca yang mendalami materi geografi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *