Kebijakan Kependudukan di Indonesia

Diposting pada

 

Macam Kebijakan Kependudukan

Kebijakan dalam kependudukan menjadi sangat penting dilakukan oleh setiap negara-negara berkembang dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dilakukan dengan alasan mengatasi sejumlah dinamika penduduk yang kerapkali memberi ruang atas kegagalan perencanaan pembangunan berkelanjutan dalam ranah skala, regional dan nasional.

Setidaknya ada beberapa jenis kebijakan kependudukan yang dilakukan oleh pemerintah. Baik dalam upaya mengatasi permasalahan atas fenomena sosal ataupun dalam upaya memaksimlkan potensi dalam sumber daya manusia.

Kebijakan Kependudukan

Kebijakan Kependudukan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam memberikan serangkaian bentuk pengatasan-pengatasan dalam menanggulangi berbagai permasalahan yang terjadi dalam ruang lingkup masyarakat.

Adapun di antaranya permasalahan tersebut senantisaa berkaitan pada bidang kesehatan, pendididikan, budaya, sosial, dan ilmu pengetahuan.

Macam Kebijakan Kependudukan Indonesia

Kebijakan Kependudukan di Indonesia
Jenis Kebijakan Kependudukan di Indonesia

Sebagai salah satu ciri negara berkembang, Indonesia memberlakukan penuntasan dalam beragam masalah kependudukan. Diantaranya bentuk penanganan tersebut antara lain;

  1. Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang terjadi di Indonesia ini bisa dikatakan masih tinggi dibandingkan dengan ciri negara maju atau berkembang lainnya. Dalam sejumlah data pertumbuhan arti penduduk Indonesia yaitu sekitar 1,6% per tahun.

Hal itu tentusajnya mengakibatkan jumlah penduduk Indonesia terus mengalami pertambahan yang cukup besar setiap tahunnya. Untuk menekan proses laju pertumbuhan penduduk pemerintah menggalakkan program keluarga berencana (KB) yang berkaiatan dengan penanganan jumlah anak, peningkatan kesehatan, serta pendidikannya.

Keluarga berencana sebagai jenis pengendalian jumlah penduduk diharapkan  dapat menurunkan angka kelahiran yang sampai saat ini masing sangat tinggi. Beragam contoh kebijakannya yang secara khusus ditangani oleh BKKBN ini ialah memberikan pembatasan jumlah anak, memberlakukan fungsi keluarga, dan lain sebaginya.

  1. Peningkatan Kualitas Penduduk

Berbicara tentang kebijakan kependudukan di Indonesia yang dilakukan selanjutnya ialah berhubungan kualitas dalam SDM (Sumber Daya Manusia) yang sampai saat ini dianggap kunci untuk mewujudkan suatu negara yang maju.

Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengolah sumber daya alam yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraannya. Beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Peningkatan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas guru, seperti memberikan perlengkapan berbagai sarana pendidikan, pemberian program beasiswa, dan menambah gedung sekolah. Kebijakan ini bisa pula dikatakan sebagai salah satu pemerataan dalam persebaran penduduk.
  2. Penyediaan lapangan pekerjaan padat karya sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia seta mampu meningkatkan taraf hidup penduduk.
  3. Peningkatan fasllitas kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, sehingga secara langsung tingkat kesehatan penduduk meningkat.
  1. Pemerataan Persebaran Penduduk

Kebijakan yang diambil pemerintah untuk menanggulangi masalah pemerataan penduduk adalah dengan pelaksanaan program transmigrasi. Pengertian transmigrasi adalah prosedur yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk melaksanakan perpindahan dari daerah asli untuk kemudian menetap ke daerah lain yang ditetapkan dalam wilayah Republik Indonesia.

Tujuan dilakukannya kebijakan dalam transmigrasi ini adalah mengatasi persebaran penduduk tidak merata yang terjadi di Indonesia, khususnya di bebaraoa pulau-pulau besar selain Pulau Jawa, bahkan secara khusus kebijakan ini pertamakali dalam sejarah dilakukan pada masa orde baru.

  1. Membangun Ekowisata

Ekowisata adalah upaya untuk memberi manfaat secara ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan bagi pemerintah, sektor swasta dan masyarakat lokal ini menjadi program pemerintah yang diterapkan dengan baik. Pendapatan dari kunjungan wisatawan membantu menciptakan peluang kerja bagi penduduk setempat, yang pada gilirannya, mengarah pada ekonomi yang lebih beragam bagi mereka.

Lebih penting lagi, ekowisata dapat mendukung konservasi dan pengelolaan lingkungan jika dilakukan dengan benar.

Misalnya, biaya masuk yang dikenakan pada pengunjung dapat disalurkan ke pemeliharaan dan pengelolaan area. Ekowisata juga bisa menjadi alat untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan untuk mendidik masyarakat tentang arti konservasi.

Kesimpulan

Penjelasan tentang kebijakan kependudukan yang dilakukan Indonesia dalam persebaran masyarakat di wilayah dan perwilayahannya diatas, secara khusus upaya ini dijalankan untuk mengatasi jumlah pertumbuhan penduduk yang besar, sehingga menimbulkan beragam masalah-masalah sosial kemasyarakatan. Problem ini ini misalnya saja seperti kurangnya ketersediaan bahan pangan, ketersediaan sarana perumahan masih kurang, kurangnya fasilitas umum, dan mengentasan akan tingginya angka pengangguran.

Demikianlah penjelasan tentang beragam ulasan pengertian kebijakan kependudukan, jenis, dan contohnya di Indonesia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga membuka cakrawala pengatahuan bagi segenap pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *