Manfaat Bioma Padang Rumput dan Penjelasannya

Diposting pada

Manfaat Bioma Padang Rumput

Pada rumput menjadi salah satu jenis bioma yang memiiki banyak manfaat bagi tumbuhan ataupun hewan. Dimana bioma padang rumput ini memiliki curah hujan yang tinggi.

Atas alasan demikianlah setidaknya sebagian besar padang rumput yang ada di permukaan bumi mengalami musim kemarau dan musim hujan. Meski demiakian, selama musim kemarau berlangsung bioma dalam padang rumput sangat rentan terhadap kebakaran yang sering dipicu dari adanya sambaran petir.

Bioma Padang Rumput

Arti bioma padang rumput atau yang dikenal dengan grassland ialah habitat darat yang didominasi rerumputan serta sedikit tumbuhan kayu atau semak. Curah hujan tahunan di wilayah dan perwilayahan padang rumput lebih besar jika dibandingkan dengan curah hujan tahunan di wilayah gurun.

Manfaat Bioma Padang Rumput

Manfaat yang menjadi fungsi dalam bioma padang rumput diantaranya yaitu:

  1. Sebagai lahan peternakan

Ekosistem padang rumput seperti yang terdapat di Sumba Timur yang terletak di wilayah Indonesia Bagian Timur, merupakan  padang rumput yang sangat luas, yang umumnya dimanfaatkan untuk lahan peternakan oleh penduduk sekitar, sehingga terdapat banyak hewan yang dilepas secara bebas, misalnya kuda liar Sumbawa.

  1. Sebagai penyerap karbon

Padang rumput penting secara global karena merupakan penyerap karbon alami, sehingga menjadi bagian penting dari proses alami yang disebut Siklus Karbon. Dalam siklus karbon, bumi mengeluarkan dan menangkap kembali serta menyimpan sejumlah besar Karbon Dioksida (CO2) dari lapisan atmosfer bumi sehingga suhu global kurang lebih seimbang.

  1. Sebagai pencegah erosi

Selain sebagai penyerap karbon, padang rumput juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi, karena akar-akar rumput mempunyai daya ikat tanah yang besar sehingga permasalahan erosi atau tanah longsor dapat dikurangi atau bahkan dihindari.

  1. Menjaga keseimbangan air tanah

Dengan keberadaan padang rumput, air tanah yang berasal dari hujan dapat disimpan di tanah atau tidak langsung mengalir ke sungai atau danau. Hal itu tentunya penting untuk menjaga keseimbangan air tanah, sehingga masalah kekeringan dapat dihindari.

  1. Mengurangi polusi

Diakui ataupun tidak setiap bioma padang rumput juga turut berperan dalam meminimalkan terjadinya polusi yang terjadi, khususnya pencemaran udara. Alasannya karena proses pemanasan global yang terjadi sangat jarang disisi lain industri-indutsri yang merusak juga tidak ditemukan di bioma ini.

  1. Sumber senyawa organik

Padang rumput juga dapat berguna sebagai sumber senyawa anorganik, yaitu senyawa alami di alam dalam tabel periodik yang merupakan penyusun material atau benda tidak hidup. Contoh sumber senyawa anorganik misalnya air dan karbon dioksida yang mendukung dalam proses fotosintesis tumbuhan.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat yang menjadi fungsi adanya bioma padang rumput.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *