Macam Gerhana Bulan dan Penjelasannya

Diposting pada

Sepanjang sejarah, gerhana bulan yang terjadi telah mengilhami kekaguman dan bahkan ketakutan, terutama ketika gerhana bulan total yang mampu mengubah bentuk bulan menjadi merah darah, sebuah efek yang tentusaja sangat menakutkan, khususnya bagi orang-orang yang tidak memiliki pemahaman tentang apa yang menyebabkan gerhana dan karena itu menyalahkan peristiwa alam ini terjadinya.

Efek menakutkan tersebut sebenarnya terjadi karena slama gerhana bulan total, planet bumi sepenuhnya memblokir sinar matahari langsung. Sehingga, satu-satunya cahaya yang dipantulkan dari permukaan bulan telah dibiaskan oleh lapisan atmosfer Bumi. Cahaya ini tampak kemerahan karena alasan yang sama seperti matahari terbenam atau matahari terbit. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menjelaskan terkait macam-macam gerhana bulan dan penjelasannya.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah peristiwa alam semesteta yang terjadi ketika rotasi bulan melewati tepat di belakang Bumi dan memasuki bayangannya. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa terjadi gerhana ialah ketika Matahari, Bumi, dan Bulan tepat atau sangat selaras (dalam syzygy), dengan itulah letak Bumi di antara dua lainnya.

Macam Gerhana Bulan

Sedangkan untuk jenis-jenis gerhana pada bulan, antara lain sebagai berikut;

Gerhana Bulan Total

Gambar Gerhana Bulan Total
Gambar Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan yang terjadi ketika bayangan dari permukaan bumi menutup seluruh permukaan bulan secara sempurna, sehingga kondisi ini menciptkan tidak adanya arti cahaya matahari yang dipantulkan ke Bumi.

Gerhana bulan total atau keseluruhan ini pada akhirnya akan membuat bulan seolah-olah menghilang perlahan dan akhirnya menjadi hitam sempurna. Ketika terjadi gerhana bulan total, bulan berada pada daerah bayangan umbra.

Gerhana Bulan Separuh

Gambar Gerhana Bulan Separuh
Gambar Gerhana Bulan Separuh

Gerhana bulan sebagian/separuh merupakan jenis gerhana bulan yang terjadi ketika hanya sebagian daerah bulan yang memasuki daerah umbra, sedangkan sebagian yang lain berada pada bayangan penumbra ketika mencapai fase maksimum.

Hal tersebut mengakibatkan sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan hanya sebagian saja, sehingga kita hanya bisa melihat sebagian bentuk bulan.

Gehana Bulan Penumbra

Gambar Gehana Bulan Penumbra
Gambar Gehana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra merupakan gerhana bulan yang terjadi ketika posisi bulan ada di daerah penumbra. Hal ini mengakibatkan bulan bisa terlihat tapi mempunyai warna yang suram. Gerhana penumbra dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu gerhana penumbra sebagian dan gerhana penumbra total.

Peristiwa Gerhana Bulan

Banyak pertanyaan yang melintas, terkait kapan sejatinya gerhana bulan akan terjadi. Khususnya melandasi pada terakhir kalinya gerhana bulan sebagian terjadi yaitu pada tanggal 16 Juli 2019. Hal inilah membuat kami memberikan jadwal gerhana bulan yang akan datang pada tahun 2020, yang dikutib dari space(dot)com.

  • 10 Januari: Gerhana penumbral. Terlihat dari bagian Amerika Utara, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.
  • 5 Juni: Gerhana Penumbral. Terlihat dari bagian Amerika Selatan, Eropa, Afrika, sebagian besar Asia dan Australia.
  • 5 Juli: Gerhana Penumbral. Terlihat dari sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat dan Afrika.
  • 30 November: Gerhana Penumbral. Terlihat dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Utara, Asia Timur, dan Australia.

Itulah tadi serangkain artikel yang telah kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam gerhana bulan yang ada di penjuru dunia. Semoga melalui melalui ulasan ini memberikana wawasan dan menambah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *