5 Manfaat Batu Sekis di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada
Fungsi Batu Sekis
Fungsi Batu Sekis

Batu bisa dikatakan sebagai bagian daripada benda alam yang disusun oleh kumpulan mineral penyusun kerak dalam permukaan bumi yang menyatu secara padat ataupun berserakan. Batu sendiri terbentuk sebagai hasil dari proses alamiah yang didalamnya bisa terkandung satu atau beberapa jenis mineral.

Namun yang pastinya, dalam siklus batuan setidaknya ada yang dinamakan dengan batu sekis. Dimana untuk batu sekis memiliki beragam kegunaan. Wujudnya seperti halnya dengan dekorasi taman.

Batu Sekis

Sekis adalah bagian bentuk batuan metamorf tingkat menengah yang biasanya terbentuk dari batu lumpur atau serpih. Sehingga dalam jenis bantuan ini memiliki kristalisasi mineral mika yang lebih baik, antara lain biotit, klorit dan muskovit sehingga disebut tekstur schistosity.

Disisi lainnya, sekis sebagian besar adalah batuan berusia prakambrium yang biasanya terjadi karena metamorfisme regional batuan yang ada. Sehingga dalam penjelasan ini biasanya merupakan batuan sedimentasi atau batuan beku. Oleh sebab itu dapat ditemukan di mana gunung-gunung yang terkikis mengungkapkan batuan tersebut, atau di daerah-daerah pengendapan glasial dari sekis yang terkikis.

Manfaat Batu Sekis

Manfaat batu sekis yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Bahan bangunan

Batu sekis dapat digunakan dalam membangun rumah atau dinding. Hal itu disebabkan karena batu sekis memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Di Australia, rumah yang dibangun menggunakan sekis pada tahun 1800-an masih berdiri sampai sekarang.

  1. Bahan dekorasi taman

Selain digunakan sebagai bahan bangunan, batu sekis digunakan pula untuk keperluan dekorasi taman, untuk perhiasan, paving dan terkadang patung. Sekis juga bisa dimanfaatkan untuk membuat batu dimensi yang indah, batu lanskap, atau lempengan meja.

  1. Bahan pembuatan kondensator

Sekis merupakan sumber utama mika, yang memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu sifat mika yang mempunyai kekuatan dielektrik yang tinggi dan stabilitas kimiawi yang sempurna, membuat mika bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kondensator untuk penerapan frekuensi radio.

  1. Memisahkan konduktor listrik

Mika dapat digunakan untuk memisahkan konduktor listrik dalam kabel yang dirancang untuk  mempunyai sifat tahan api agar menyediakan integritas sirkuit.

Idenya yaitu untuk mencegah bersatunya konduktor yang terbuat dari logam agar kemudian tidak terjadi korsleting sehingga kabel tetap operasional ketika kebakaran terjadi, ini penting untuk berbagai aplikasi seperti penerangan darurat.

  1. Menyediakan struktur bagi kawat pemanas

Pelat mika dalam bentun batuan ini sejatinya dapat dipergunakan untuk menyediakan struktur bagi kawat pemanas. Seperti halnya dengan Kanthal, Nikrom, dan lain-lain. Sehingga dalam unsur pemanasan dan bertahan sampai 900 °C (1,650 °F).

Itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan penjelasan tentang manfaat batu sekis di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus literasi yang mendalam.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.