Manfaat Danau Bagi Manusia dan Penjelasannya

Diposting pada

Manfaat Danau Bagi Manusia dan Penjelasannya

Hidrologi merupakan objek studi geografi yang membahas segala bentuk perairan di permukaan bumi seperti sungai, rawa, payau, danau, dan lain sebagainya. Materi tentang sungai dapat dijelaskan secara banyak pokok bahasan dari mulai jenis, terbentuknya, dan lain-lain. Begitu pula dengan payau dan rawa yang memiliki pokok bahasan panjang. Untuk danau, spesifik kajiannya lebih sedikit dari pada sub bab keilmuan hidrologi lainnya.

Dilihat dari fungsinya, danau memiliki kandungan manfaat yang paling banyak diantara sub bab ilmu hidrologi yang lain. Manfaat danau terdapat berbagai macam. Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit pengertian danau dan beberapa manfaat danau bagi manusia.

Danau

Pengertian danau adalah mata air yang merupakan muara kecil dari beberapa daerah aliran sungai. Ekosistem yang mendiami dasar danau biasanya berupa ikan-ikan kecil, tanaman laut, beberapa dijumpai predator seperti ular, biawak, dan buaya.

Danau ini sendiri dapat terbentuk secara alami maupun proses buatan. Contoh danau alami adalah danau Toba yang terbentuk karena proses vulkanik gunung Toba pada masa pra sejarah. Yang kedua, yaitu danau buatan atau yang biasa disebut dengan waduk.

Danau buatan dibentuk oleh manusia karena berbagai tujuan. Pembentukan waduk disinyalir karena manfaat yang diberikan sangat besar. Berikut adalah manfaat danau bagi manusia.

Manfaat Danau

Lelah seharian bekerja saat weekdays senin sampai jumat tentunya memerlukan refreshing untuk mereset otak dan tubuh agar siap bekerja kembali. Refreshing bisa dilakukan dengan olahraga, berbelanja, dan mengunjungi tempat wisata.

Pembahasan tentang manfaat danau tidak terlepas dari manfaatnya sebagai tempat wisata. Manfaat lain dari danau dapat disimiak pada uraian materi sebagai berikut.

Pemenuhan Kebutuhan Hidup

Pengertian air adalah kebutuhan pokok makhluk hidup terutama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setelah oksigen. Inilah yang menyebabkan planet bumi menjadi satu-satunya ciri planet yang terdapat di jajaran tata surya dengan unsur kehidupan di dalamnya. Manusia dapat bertahan hidup 10 hari tanpa makan, namun hanya dapat bertahan hidup sekitar 3 sampai dengan 5 hari tanpa minum.

Itulah mengapa fungsi air sangat vital bagi manusia. Danau merupakan sumber air yang menyediakan kebutuhan minum untuk manusia. Selain untuk minum, air danau juga dapat digunakan sebagai masak, mandi, mencuci alat masak/makan, mencuci baju, membantu proses produksi dan lain sebagainya.

Jenis air yang terdapat di danau merupakan air tawar. Mengapa air danau tawar padahal juga merupakan muara bagi beberapa daerah aliran sungai? Hal ini dikarenakan kompleksitas kandungan kimia danau tidak sebanyak lautan yang memiliki kandungan air asin. Meskipun beberapa danau yang luasnya cukup besar terdapat sebagian kandungan air asin di dalamnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Danau atau waduk dapat pula dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Hal ini dikarenakan intensitas debit air danau mencukupi kebutuhan sarana PLTA. Fungsi listrik sangat vital bagi manusia selain sebagai penerangan, dapat digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan alat elektronik seperti menonton televisi, mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, setrika baju, menggunakan alat pengeras suara pada masjid, dan lain-lain.

Sarana Irigasi

Irigasi merupakan pengaliran air dari sumbernya menuju ke daerah pertanian. Irigasi berfungsi sebagai kebutuhan air agar pertanian tetap terjaga. Makanan pokok yang dirasakan sehari-hari oleh manusia berasal dari pertanian dengan irigasi yang memadahi. Salah satu irigasi berasal dari danau. Itulah sebabnya fungsi danau erat kaitannya dengan makanan pokok manusia.

Sebagai Proses Produksi

Selain untuk mengairi lahan petanian, danau juga berfungis sebagai media bantuan pada proses produksi. Sebagai contoh industri pembuatan tahu dan tempe. Industri tersebut memerlukan air bersih dalam jumlah yang besar dalam proses produksinya. Jika menggunakan air PDAM, maka pengusaha tahu dan tempe memerluka biaya yang cukup besar sehingga harga tahu dan tempe bisa mahal.

Tahu dan tempe yang kita konsumsi selama ini dapat dijangkau dengan harga yang murah. Pernyataan tersebut tidak terlepas dari manfaat danau yang memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan kegiatan perindustrian makanan.

Sarana Hiburan

Danau bisa dijadikan salah satu sarana hiburan. Banyak danau yang dibuka untuk umum sebagai sarana melepas penat. Kegiatan hiburan yang biasa dilakukan di danau seperti memancing, melakukan olahraga air, atau sekedar berjalan-jalan saja menikmati pemandangan yang disuguhkan di sekitar kawasan danau.

Tempat Memelihara Ikan Air Tawar

Kandungan air yang terdapat dalam danau adalah air tawar. Danau yang memiliki air tawar cocok digunakan sebagai sarana budidaya ikan air tawar seperti koi, arwana, lele, dan jenis ikan air tawar lainnya.

Tempat Budidaya Tanaman Air

Tanaman air tawar seperti enceng gondok banyak diperlukan manusia untuk pengobatan penyakit atau bahkan digunakan sebagai penghias saja. Namun enceng gondok memerlukan tempat perairan yang luas agar dapat tumbuh secara maksimal.

Fungsi danau dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman air tawar tak terkecuali untuk pemanfaatan enceng gondok.

Untuk Kebudayaan

Negara Indonesia kaya akan kebudayaan warisan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga masa sekarang. Contoh kebudayaan yang berhubungan dengan air adalah larung sesajen. Larung sesajen diyakini masyarakat untuk berterima kasih terhadap Tuhan karena telah disediakan berbagai macam makanan pokok hingga dapat bertahan hidup selama ini. Pelestarian kebudayaan dapat berpotensi mempererat persaudaraan antar warga sekitar.

Untuk Penelitian

Danau juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana penelitian ilmiah. Contoh penelitian yang dilakukan di danau adalah Hubungan Kualitas Air dengan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat, Pemanfaatan Tanaman Enceng Gondok Terhadap Budidaya Perairan, dan lain sebagainya.

Proses Kesuburan Tanah

Tanah memiliki sifat alami menyerap air. Dengan hadirnya danau yang memiliki jumlah air yang sangat banyak, maka kebutuhan pada lapisan tanah dalam menyerap air menjadi terpenuhi sehingga tanah akan subur, akhirnya tanaman pertanian dapat menuai hasil yang maksimal.

Tempat Pengendalian Banjir dan Erosi

Danau dapat digunakan sebagai pengendalian banjir dan erosi. Aliran air sungai akan dialirkan ke danau, kandungan air tanah jika telah penuh maka akan dikembalikan menuju danau. Sehingga drainase akan baik dan mencegah terjadinya banjir maupun erosi.

Sarana Olahraga

Sarana olahraga air seperti balap perahu, berenang, banana boat, dan lain sebagainya dapat dilakukan di atas danau. Sarana olahraga ini dapat membantu pemasukan devisa pemerintah sehingga dana APBD terpenuhi untuk keperluan pembangunan daerah. Alhasil, daerah menjadi maju dari segi infrastruktur.

Nah, penjelasan diatas merupakan materi yang menjelaskan pengertian danau dan manfaat danau bagi manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam tujuan menambah ilmu pengetahuan. Semangat dan terima kasih !

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *