Fungsi Air Bagi Kehidupan Manusia

Diposting pada

Kegunaan Air

Air menutupi 71% permukaan Bumi, sebagian besar berada di laut dan lautan. Sebagian kecil air muncul sebagai air tanah (1,7%), dan sebagian lagi sebagai gletser dan lapisan es di Antartika dan Greenland (1,7%), serta berada di udara sebagai uap, awan (terbentuk es dan air cair yang tersuspensi di udara), dan presipitasi (0,001%). Air memainkan peran penting dalam perekonomian dunia. Sekitar 70% dari air tawar yang digunakan oleh manusia dalam bidang pertanian.

Sejumlah besar air, es, dan uap digunakan untuk pendinginan dan pemanasan, di industri dan rumah. Air adalah pelarut yang sangat baik untuk berbagai macam zat kimia; seperti itu banyak digunakan dalam proses industri, dan untuk memasak dan mencuci. Air juga dapat dimanfaatkan untuk olahraga dan bentuk hiburan lainnya, seperti berenang, berperahu, balap perahu, berselancar, memancing olahraga, dan menyelam. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang manfaat air, artikel ini akan mengulas tentang fungsi air bagi kehidupan manusia.

Air

Air muncul sebagai cairan di permukaan Bumi dalam kondisi normal, yang membuatnya sangat berharga untuk transportasi, rekreasi, dan sebagai habitat untuk tumbuhan dan hewan. Kenyataan bahwa air mudah berubah menjadi uap (gas) memungkinkannya untuk diangkut melalui atmosfer dari laut ke daratan menjadi embun.

Air telah lama memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Pada abad ke-6 SM, Thales of Miletus, kadang-kadang dikreditkan untuk memulai filsafat Yunani, menganggap air sebagai satu-satunya bahan dasar pembangun materi.

Dua ratus tahun kemudian, Aristoteles menganggap air menjadi salah satu dari empat elemen mendasar, selain bumi, udara, dan api. Kepercayaan bahwa air adalah substansi dasar yang bertahan selama lebih dari 2.000 tahun hingga percobaan pada paruh kedua abad ke-18 menunjukkan bahwa air adalah senyawa yang terdiri dari unsur-unsur hidrogen dan oksigen.

Air di permukaan Bumi ditemukan terutama di lautan (97,25 persen) dan es di kutub dan gletser (2,05 persen), dengan keseimbangan di danau, sungai, dan air tanah. Ketika populasi di Bumi tumbuh dan permintaan untuk air segar meningkat, pemurnian air dan daur ulang menjadi semakin penting.

Yang menarik, persyaratan kemurnian air untuk keperluan industri sering melebihi konsumsi manusia. Misalnya, air yang digunakan dalam boiler bertekanan tinggi setidaknya harus 99,999998 persen murni. Karena air laut mengandung garam-garam terlarut dalam jumlah besar, air laut harus disterilkan untuk sebagian besar penggunaan, termasuk konsumsi manusia. Baca jugaPengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Air

Air adalah zat kimia yang transparan, tidak berasa, tidak berbau, dan hampir tidak berwarna, yang merupakan konstituen utama dari aliran, danau, dan lautan Bumi, dan cairan dari sebagian besar organisme hidup. Air sangat penting untuk semua bentuk kehidupan, meskipun tidak menyediakan kalori atau nutrisi organik. Rumus kimianya air adalah H2O, yang berarti bahwa setiap molekulnya mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan dengan ikatan kovalen.

Air sebagai sumber utama bagi kehidupan di muka bumi. Terdapat beberapa fakta tentang air yaitu :

  • Manusia hanya mampu bertahan hidup selama satu minggu tanpa air.
  • Kebutuhan air rata – rata pada manusia adalah 50 liter minimal per hari.
  • Melalui bernafas tubuh memerlukan air sekitar 1,7 liter setiap hari.
  • Air merupakan substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam bentuk cair, gas dan padat.

Pengertian Air Menurut Para Ahli

Adapun pengertian air menurut para ahli yaitu:

Britannica

Air adalah zat yang terdiri dari unsur-unsur kimia hidrogen dan oksigen dan ada dalam keadaan gas, cair, dan padat. Ini adalah salah satu senyawa yang paling banyak dan esensial. Cairan yang tidak berasa dan tidak berbau pada suhu kamar, memiliki kemampuan penting untuk melarutkan banyak zat lainnya.

Fleksibilitas air sebagai pelarut sangat penting untuk organisme hidup. Kehidupan diyakini berasal dari perairan yaitu dari lautan di dunia, dan organisme hidup bergantung pada larutan berair, seperti darah, untuk proses biologis.

Dalam jumlah kecil air tampak tidak berwarna, tetapi air sebenarnya memiliki warna biru intrinsik yang disebabkan oleh sedikit penyerapan cahaya pada panjang gelombang merah.

How Stuff Works

Air adalah satu-satunya zat yang terjadi secara alami sebagai zat padat (es), cairan dan gas (uap air). Ini mencakup sekitar 70 persen dari Bumi dengan total sekitar 332,5 juta mil kubik (1.386 juta kilometer kubik). Sebagian besar air yaitu sekitar 97 persen air di permukaan bumi tidak dapat diminum karena air asin. Hanya 3 persen dari pasokan air dunia yang merupakan air tawar.

Fungsi Air Bagi Kehidupan Manusia

Air menjadi kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia untuk beragam fungsi dan keperluan. Berikut ini akan dijelaskan 10 fungsi air bagi kehidupan manusia, diantaranya yaitu:

Air sebagai kebutuhan pokok bagi manusia

Sebagai kebutuhan pokok bagi manusia, air berfungsi untuk berbagai macam kegiatan, misalnya untuk keperluan rumah tangga (memasak, mandi, mencuci, membersihkan kotoran).

Air sangat berguna untuk pencernaan tubuh manusia. Dengan meminum air, minimal delapan gelas per hari, maka pencernaan dan metabolisme dalam tubuh akan berjalan lebih baik. Selain itu, air juga memiliki fungsi sebagai penunjang keseimbangan fungsi tubuh.

Air berperan untuk memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh

Jika kebutuhan air di dalam tuguh kita tercukupi, maka  kita akan mampu untuk bekerja lebih keras, air juga mampu memperkuat daya tahan tubuh kita karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot yang digunakan sebagai energi saat bekerja.

Air sebagai pembangkit listrik dalam air terjun

Air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik yang dikenal dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). PLTA yaitu pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini yaitu generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Tapi, secara luas, PLTA tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, tapi juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

Air berfungsi untuk keperluan irigasi dalam bidang pertanian

Irigasi  merupakan usaha untuk menyediakan dan mengatur air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa.

Seluruh proses kehidupan dan kejadian di dalam tanah yang merupakan tempat media pertumbuhan tanaman hanya dapat terjadi apabila ada air, baik bertindak sebagai  pelaku (subjek) atau air sebagai media (objek).  Proses-proses utama yang dapat menyubukan tanah atau degradasi tanah hanya bisa terjadi jika terdapat air.  Oleh karena itu, tepat jika dikatakan bahwa air merupakan sumber kehidupan.

Air berfungsi untuk keperluan industri

Air dalam bidang industri memiliki beberapa fungsi misalnya untuk memindahkan kotoran atau impuritis beberapa barang industri; untuk pendingin pabrik yang berukuran besar atau skala besar yang menggunakan AC central atau biasa disebut dengan HVAC; sebagai bahan baku untuk membuat produk dalam suatu pengertian industri, khususnya industri yang produknya adalah minuman kemasan.

Air berfungsi untuk keperluan sarana transportasi

Air dapat dimanfaatkan untuk keperluan transportasi. Contoh alat transportasi yang memanfaatkan air sebagai saranya yaitu kapal. Salah satu wilayah yang memanfaatkan trasnportasi air yaitu Pulau Kalimantan, bahkan disana air memerankan posisi transportasi yang vital.

Air berfungsi untuk menjaga kelestarian lingkungan

Selain bermanfaat secara intern bagi kehidupan manusia, air juga memiliki manfaat secara ekstern, contohnya yaitu untuk menjaga pelestarian lingkungan yang ada di sekitar manusia akibat kerusakan lingkungan.

Dengan keberadaan air yang cukup, pepohonan yang berada di lingkungan sekitar kita dapat tumbuh dengan subur, sehingga udara yang ada di sekitar rumah kita pun menjadi sejuk dan terhindar dari penyebab pencemaran udara (pulusi udara).

Air berfungsi untuk melancarkan perekonomian masyarakat

Air memiliki peran untuk melancarkan perekonomian masyarakat. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja dalam bidang agraris yang sangat membutuhkan ketersediaan air dalam memperlancar kegiatannya.

Bukan hanya dalam bidang agraris, namun pekerjaan lainnya yang membutuhkan air. Di pabrik- pabrik yang menggunakan mesin besar pun, air sangat berfungsi untuk dapat mendinginkan mesin setelah digunakan.

Air berfungsi untuk keperluan peternakan

Air juga memiliki fungsi yang penting dalam bidang peternakan, khususnya keperluan air untuk makanan ternak, karena air pada makanan ternak berfungsi sebagai penghantar panas yang baik; untuk memudahkan dalam pencernaan makanan pada ternak; untuk melarutkan & mengedarkan nutrient keseluruh tubuh; untuk membawa sisa-sisa metabolisme untuk dikeluarkan; sebagai penyusun cairan tubuh & mempertahankan bentuk sel.

Air untuk keperluan yang bersifat umum

Selain untuk beragam keperluan di atas, air juga berfungsi untuk keperluan yang bersifat umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.

Baca juga;

  1. Penyebab Pencemaran Air dan Upaya Menanggulanginya
  2. Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, Dampak, dan Contohnya
  3. Pengertian Arus Laut, Faktor, Jenis, dan Persebarannya

Demikianlah materi atas pengertian air menurut para ahli dan fungsinya bagi kehidupan manusia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih.

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *