Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Kegunaan Minyak Bumi

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia kian marak hingga menimbulkan kemacetan di berbagai titik lalu lintas. Dampak positif hadirnya kendaraan bermotor adalah mobilitas (perpindahan dari satu tempat ke tempat lain) menjadi lebih mudah dan cepat. Dampak negatif hadirnya kendaraan bermotor adalah keluarnya gas beracun berupa karbondioksida yang dapat mengancam lapisan ozon.

Kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar berupa bensin/solar. Bahan dasar pembuatan bensin/solar diambil dari minyak bumi. Persebaran tambang minyak bumi di Indonesia tersebar secara merata dari Sabang sampai Merauke. Tambang minyak bumi yang terkenal terdapat di daerah Cepu, Jawa Tengah. Selain sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, minyak bumi mengandung manfaat lain sebagai berikut;

Minyak Bumi

Pengertian minyak bumi adalah bahan bakar yang terbentuk dari fosil makhluk hidup berjuta-juta tahun yang lalu yang bertekstur kental dan berbentuk cair. Sifat alami minyak bumi yaitu mudah terbakar. Sifat minyak bumi yang mudah terbakar disebabkan karena kandungan senyawa kimia alkana sangat besar. Minyak bumi tergolong sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Jadi sebagai manusia kita harus bijak dalam pemanfaatan minyak bumi.

Warna minyak bumi beragam, kadang berwarna coklat kehitaman, hijau kehitaman, dan juga hitam pekat. Warna yang menampakkan minyak bumi bergantung pada bahan komposisinya. Selain kandungan alkana, senyawa kimia pada minyak bumi juga terdapat oksigen, nitrogen, sulfur, dan logam.

Sejak lebih dari 4.000 tahun yang lalu minyak bumi selalu berperan penting dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat penggunaan minyak bumi.

Manfaat Minyak Bumi

Di pom bensin sering kita jumpai poster larangan merokok dan menyalakan api. Hal ini dikarenakan bensin yang di pom bensin mengandung minyak bumi bersifat mudah terbakar.

Pembakaran minyak bumi sangat cepat yaitu hanya berkisar 0,1-0,2 detik untuk menyulut api. Maka dari itu jika tidak dibutuhkan dalam proses membakar sesuatu sebaiknya tidak menggunakan minyak. Pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia sebagai berikut;

Salah Satu Jenis Gas dalam Bentuk Cair

20 tahun yang lalu, kegiatan memasak umumnya menggunakan kompor minyak. Beberapa daerah pelosok di timur Indonesia masih menggunakan kompor minyak sebagai bahan utama dalam memasak. Namun kompor minyak penggunaannya mulai jarang karena tergantikan oleh kompor gas. Bahan bakar yang digunakan kompor gas menggunakan gas elpiji. Gas elpiji adalah salah satu jenis gas dalam bentuk cair yang berasal dari minyak bumi.

Penggunaan kompor gas lebih praktis daripada kompor minyak. Api yang dihasilkan kompor gas juga lebih besar dan stabil. Namun harga gas elpiji lebih mahal daripada minyak tanah.

Pergantian kompor minyak menjadi gas elpiji dikarenakan mengurangi kelangkaan minyak bumi akibat sumberdaya tersebut tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi yang telah disuling dan dimurnikan baru bisa digunakan sebagai bahan dasar pengisian gas elpiji.

Untuk Bahan Bakar

Sebelum minyak bumi dimanfaatkan secara maksimal, penggunaan bahan bakar umumnya memakai batubara. Penggunaan batubara tidak praktis karena berat dan menyebabkan kotor pada orang yang bergumul dengan batubara.

Oleh sebab itu minyak bumi mulai menggeser batubara sebagai bahan bakar utama pada kendaraan. Pesawat mustahil dapat terbang jika memakai bahan bakar batubara.

Sebagai Produsen Polimer

Polimer mungkin merupakan sebuah istilah yang asing bagi beberapa orang. Polimer adalah salah satu komponen industri yang menjadi bahan utama dalam pembuatan plastik.

Meskipun arti sampah plastik merugikan bagi manusia yang disebabkan penguraiannya secara alami membutuhkan waktu ±200 tahun, namun tidak dapat dipungkiri bahwa plastik sangat menguntungkan dalam membantu keperluan manusia.

Industri Kimia

Tembok, kayu, besi, dan lain-lain jika ingin berwarna harus dicat. Bahan campuran pembuatan cat adalah minyak bumi.

Pemanfaatan minyak bumi bisa digunakan dalam pengertian industri kimia. Cat air merupakan jenis cat yang tidak terdapat campuran minyak bumi di dalamnya. Kekuatan cat minyak lebih tahan lama dibandingkan dengan cat air karena cat minyak mendapatkan campuran minyak bumi. Baca jugaJenis Industri di Indonesia dan Contohnya

Bahan Poliuretan

Poliuretan adalah bahan dasar dalam pembuatan busa. Busa dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti jok motor, jok mobil, kasur, sofa, dan lain sebagainya. Bahan poliuretan harus dicampur dengan minyak bumi supaya tidak mudah mengeras. Bayangkan saja jika kasur busa tempat kita tidur mudah mengeras, tentunya sangat menganggu dan tidak nyaman untuk dijadikan alas tidur.

Salah Satu Sembako

Lauk yang paling mudah dibuat sendiri di pagi hari saat sedang sibuk-sibuknya adalah menggoreng telur. Untuk menggoreng telur membutuhkan minyak goreng. Bahan dasar minyak goreng yaitu minyak bumi. itulah sebabnya salah satu pemanfaatan minyak bumi yaitu sebagai salah satu bahan sembako yang diperlukan setiap orang untuk mengisi dapur mereka.

Sumber Bahan Serat

Bahan serat kita kenakan sehari-hari dalam bentuk pakaian. Pakaian terbuat dari kain yang berasal dari benang. Benang awal mula dibentuk dari kapas.

Perjalanan pembentukan dari kapas, benang, kain, hingga pakaian seluruhnya membutuhkan bantuan minyak bumi. Jika tidak diberi imbuhan minyak bumi dalam proses produksinya, pakaian yang kita kenakan bisa kasar dan tidak nyaman untuk dikenakan.

Campuran Bahan Baku Pembuatan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor memerlukan minyak bumi sebagai bahan bakar. Penggunaan minyak bumi pada kendaraan bermotor tidak terbatas disitu saja. Kampas rem memerlukan pelumas supaya bisa digunakan untuk mengurangi kecepatan pada saat melaju.

Pelumas dibuat dari bahan dasar minyak bumi. Jika tidak diberi pelumas dikhawatirkan kendaraan bermotor sulit untuk dikendalikan.

Sebagai Pembangkit Listrik

Tidak ada pembangkit listrik tenaga minyak bumi. Yang ada pembangkit listrik tenaga uap. Mesin uap memerlukan bahan bakar dari minyak bumi untuk menggerakkan turbin. Turbin tersebut diterima oleh kumparan magnet sehingga menghasilkan tenaga listrik. Pembangkit listrik tenaga uap cocok dipakai di beberapa daerah plosok timur Indonesia yang belum terjamah listrik.

Sebagai Bahan Campuran Pembuatan Pupuk

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui jenis pupuk terbatas pada pupuk organik dan kimia. Terdapat jenis pupuk yang belum banyak digunakan oleh petani bernama pupuk sintesis. Pupuk ini mengandung minyak bumi sebagai bahan campuran.

Campuran dalam Dunia Farmasi

Aspirin merupakan obat sakit kepala. Kandungan aspirin salah satunya terdapat kafein yang sering dijumpai pada kopi. Konsumsi aspirin secara berlebihan tidak baik karena terdapat campuran minyak bumi di dalamnya.

Sebagai Lapangan Pekerjaan

Pertamina merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selalu merekrut kandidat terbaik setiap tahunnya untuk membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Pertamina merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang pemanfaatan minyak bumi menjadi bahan bakar.

Menyetabilkan Perekonomian Negara

Devisa dalam pengertian negara yang didapatkan dari industri minyak bumi setiap tahun mengalami peningkatan. Oleh karena itulah minyak bumi bermanfaat sebagai penyetabil ekonomi negara. Namun minyak bumi tidak boleh dimanfaatkan secara terus-menerus mengingat benda ini merupakan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Stabilitas Ekonomi Dunia

Minyak bumi ditetapkan sebagai penyetabil ekonomi dunia. Negara-negara pengekspor minyak bumi tergabung dalam organisasi OPEC yang bermarkas di Wina, Austria. OPEC lahir pada tanggal 14 September 1961 di Bagdad, Irak.

Penjelasan diatas adalah uraian materi yang membahas arti dari minyak bumi beserta manfaat-manfaatnya dalam kehidupan masyarakat secara umum. Besar harapan artikel ini berguna bagi sumber wawasan pembaca. Terima kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *