2 Jenis Atlas Berdasarkan Isinya

Diposting pada
 Pengertian Atlas Berdasarkan Isinya
Pengertian Atlas Berdasarkan Isinya

Sejarah atlas sebenarnya sudah ada pada ratusan tahun lalu, negara yang paling pertama menemukan adalah negara yunani, akan tetapi saat itu jenis-jenis atlas masih tergolong sedikit dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Unsur-unsur yang terdapat atlas pada zaman dahulu juga masih sederhana berbeda dengan atlas yang zaman sekarang, sudah banyak sekalai pembaharuannya.

Atlas berdasarkana kegunaanya mempunyai beberapa macama diantaranya, jenis atlas berdasarkan tujuannya, jenis atlas berdasarkan wilayahnya dan pengertian jenis atlas berdasarkan isinya. Nah sebenarnya informasi yang terkandung dalam atlas tersebut itu hanya untuk satu manfaat saja akan tetapi juga berisi tentang politik, ekonomi, dan sumber daya alam, flora dan fauna dan lain-lain, yang dalam hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari sumber informasi yang dibutuhkan. Pada kesempatan kali ini artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian jenis atlas berdasarkan isinya.

Atlas

Arti atlas adalah buku yang berisi bermacam – macam peta dan dilengkapi dengan diagram, gambar, data statistik, dan uraian penjelasannya serta mempunyai isi dan tujuan tertentu. Secara garis beras makna kata atlas adalah sekumpulan peta yang di bukukan. Atlas adalah contoh dari peta yang sudah dibuat dan diasatukan menjadi sebuah atlas, akan tetapi pembaruan atlas kini juga bisa berbentuk seperti multimedia sehingga dapat menarik para minta pembacanya untuk melihatnya.

Asal-usul atlas sudah termaktub dari peta yang dibuat sehingga penggunaan atlas ini bermaksud hanya untuk mempermudah bagi para pembacanya. Isi atlas harus mencantumkan tahun pembuatannya dengan maksud untuk memberikan informasi dan keupdatean info terkini dan juga jika tahun depan bisa di perbaharui lagi. Peta pada atlas memiliki bermcam-macam simbol untuk mendukung penjelasan suatu peta memang diperlukan simbol baik itu warna ataupun garis. Simbol pada peta yang digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur yang memiliki luas dan Garis menggambarkan jalan dan aliran air.

Jenis-Jenis Atlas

Atlas, baik dalam bentuk konvensional atau elektronik, menggambarkan (1) wilayah yang jelas secara geografis atau (2) topik atau tema tertentu dengan demikian atlas dapat menyajikan wilayah negara tertentu atau meyajikan seluruh bumi. Berikut ini jenis atls berdasarkan isinya.

  1. Atlas Referensi Umum

Atlase dapat menggambarkan area tertentu atau mencakup seluruh Bumi. Yang terakhir ini sering disebut sebagai atlas referensi umum dan terutama berisi peta fisik skala kecil untuk menekankan lokasi suatu tempat dan hubungan spasialnya. Pada jenis atlas umum ini kita mudah menemukan yang dimaksud dalam atlas jenis ini bila melihat keterangan simbol-simbolnya, karena pada simbol tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dalam hal pencarian informasi yang terkandung.

Atlas referensi umum biasanya juga berisi informasi nonkartografik tambahan seperti data tabel, foto (udara), citra satelit, teks penjelasan, dan, yang terpenting, indeks nama tempat dan objek geografis yang ditautkan ke koordinat (misalnya lintang dan bujur atau lokasi internal grid yang terdiri dari angka dan huruf di sepanjang sisi peta atlas).

Atlas referensi umum yang menggambarkan area tertentu daripada seluruh planet bumi, biasanya terdiri dari peta topografi skala besar hingga menengah, bergantung pada ukuran wilayah yang ditampilkan, dan sering disebut sebagai atlas topografi. Atlas duni merupakan salah satu contoh jenis atlas refrensi umum.

  1. Atlas Tematik

Berbeda dengan referensi umum atau atlas topografi, atlas tematik menggambarkan satu tema geografis yang dipilih (atau sejumlah kecil topik terkait). Jumlah tema hampir tidak terbatas. Tema dapat berkisar dari geologi, klimatologi, demografi, penggunaan lahan, perencanaan, dan lain-lain.

Atlas tematik adalah atlas yang menginformasikan hanya pada satu informasi saja, dan mempunyai simbol-simbol tertentu untuk menjelaskan isinya. Jenis khusus dari atlas tematik adalah atlas sekolah. Ini didasarkan pada didaktik, mengikuti prinsip dari hal yang familiar ke hal yang tidak diketahui, dari dekat ke jauh, urutan peta dan topik yang lebih umum ditemukan dalam atlas referensi umum. Karakteristik atlas jenis tematik adalah hanya terdapat satu informasi khusu.

Secara tradisional, atlas sekolah berfokus pada peta fisik skala kecil tetapi semakin dilengkapi dengan peta tematik tentang berbagai topik. Atlas sekolah biasanya diterbitkan menurut kurikulum sekolah resmi. Atlas tematik dapat diproduksi dan didistribusikan sebagai versi kertas konvensional atau sebagai versi elektronik.

Nah, demikianlah materi yang dapat kami bagikan kepada segenap pembaca mengenai pengertian jenis atlas berdasarkan isinya. Semoga dapat memberikan tambahan pengathuan dan wawasan, sehingga artikel ini dapat menjadi salah satu sumber referensi untuk mencari rujukan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.