Pengertian Atlas, Macam, Ciri, dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada

Atlas Adalah

Atlas adalah kumpulan berbagai peta bumi atau wilayah dan perwilayahan tertentu di bumi. Peta adalah representasi permukaan Bumi pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu dan melalui sistem proyeksi tertentu. Peta-peta di atlas menunjukkan fitur-fitur geografis, topografi lanskap dan batas-batas politik daerah. Selain itu juga menunjukkan statistik iklim, sosial, agama dan ekonomi dari suatu daerah.

Peta yang membentuk atlas secara tradisional teangkai dalam bentuk buku. Buku tersebut dapat berbentuk hardcover jika digunakan sebagai atlas referensi atau softcover jika digunakan sebagai panduan perjalanan. Atlas memiliki banyak jenis peta yang berbeda, yang menampilkan informasi menggunakan berbagai teknik. Atlas juga memuat informasi tambahan dalam bentuk ilustrasi, tabel, diagram dan grafik. Atlas tidak hanya berguna ketika mencoba menemukan tempat, tetapi juga dapat  memperoleh dan membandingkan informasi di berbagai wilayah di seluruh dunia. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang atlas, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, macam-macam, ciri-ciri, dan contoh penggunaan atlas.

Atlas

Atlas adalah kumpulan dari proyeksi peta yang dibukukan. Banyak atlas juga mengandung fakta dan sejarah tentang tempat-tempat tertentu. Ada banyak jenis atlas khusus, seperti atlas jalan dan atlas historis. Ada juga atlas bintang, yang memberitahu lokasi dan penempatan bintang, planet, dan benda-benda langit lainnya.

Selain menampilkan daripada pengertian peta dari semua negara dan benua, atlas dunia juga dapat memberikan fakta tentang negara-negara tersebut. Peta kota-kota besar atau tempat menarik lainnya juga dapat dimasukkan dalam atlas dunia. Statistik populasi, lokasi sumber daya alam, informasi budaya dan agama dan data politik juga sering ditemukan di atlas.

Meskipun orang telah menggunakan peta selama ribuan tahun, tapi peradaban mereka belum menghasilkan atlas hingga tahun 1500-an. Selama waktu tersebut, negara-negara di Eropa dan Asia menjelajahi dunia melalui perdagangan dan kolonisasi. Mereka bergantung pada atlas untuk membimbing mereka melalui wilayah asing. Ketika para penjelajah Eropa memetakan “Dunia Baru” (Amerika), mereka juga memperbarui peta dengan penemuan mereka.

Pada 1595, koleksi peta yang disiapkan oleh pembuat peta Flemish, Gerardus Mercator, diterbitkan dengan kata “atlas” di judulnya. Atlas merujuk pada potret Raja Atlas, sebuah mitologi dari monarki Afrika. Raja Atlas menemukan bola langit (globe selestial) pertama. Globe selestial adalah peta berbentuk bola bintang dan rasi bintang.

Globe selestial sangat penting dalam navigasi, ketika para pelaut menggunakan bintang untuk menentukan posisi mereka di laut. Mercator menunjukkan pada Raja Atlas untuk mendemonstrasikan pentingnya navigasi. Ini adalah pertama kalinya istilah itu diterapkan pada koleksi peta. Akhirnya, “atlas” digunakan untuk buku peta apa pun. Baca juga; pengertian globe, macam, ciri, dan contohnya.

Pengertian Atlas

Kata “Atlas” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Atlas” yang artinya “dewa penopang bumi”. Dalam ilmu pemetaan (kartografi) atlas diartikan sebagai kumpulan bermacam-macam peta yang disusun dengan simbul, tulisan, dan bahasa yang sama.

Meskipun terdiri atas beberapa peta, tetapi sebenarnya atlas bukanlah peta, tapi atlas berupa buku yang berisi bermacam-macam peta yang dilengkapi dengan diagram, gambar, data statistik, dan uraian penjelasannya dan berwarna.

Pengertian Atlas Menurut Para Ahli

Adapun defiisi atlas meuurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Pengertian atlas merupakan kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku, tetapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia. Atlas bisa memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi. Selain itu juga menyajikan informasi tentang beragam syarat peta dan tempat-tempat di dalamnya.

Study

Definisi atlas adalah buku peta. Orang-orang telah membuat peta selama ribuan tahun, tetapi peta-peta itu tidak dimasukkan ke dalam buku sampai tahun 1500-an. Hari ini, bahkan atlas dapat ditemukan secara online. Atlas sering memiliki informasi tambahan tentang peta yang kita cari. Misalnya, jika kita melihat atlas bintang dan pengertian planet, mungkin ada informasi tentang rasi bintang.

Atlas bisa menunjukkan apa saja. Sebagian besar peta di atlas menunjukkan negara, jalan, atau kenampakan fisik seperti sungai dan gunung. Ada beberapa atlas yang memiliki peta makanan di berbagai negara atau peta tempat hidup hewan yang berbeda.

Seperti buku non-fiksi lainnya, atlas memiliki daftar isi di bagian depan buku dan indeks di bagian akhir buku. Indeks, yang dalam urutan abjad, membantu kita menemukan halaman untuk informasi yang lebih spesifik.

Bagian terpenting dari atlas adalah legenda peta, yaitu kotak kecil di setiap peta yang menjelaskan berbagai simbol atau warna sehingga kita dapat memahami peta.

Britannica

Arti atlas adalah koleksi peta atau bagan yang biasanya terikat bersama dalam bentuk buku. Selain peta dan grafik, atlas sering mengandung gambar, data tabular, fakta tentang area, dan indeks dari nama tempat yang disertai koordinat lintang dan bujur atau grid lokasi dengan angka dan huruf di sepanjang sisi peta.

Rujukan umum menekankan lokasi tempat, hubungan di antara tempat tersebut, dan ukuran relatif atau signifikansi tempat-tempat yang ditunjuk. Atlas biasanya menyajikan satu subjek khusus (tematik), seperti pertanian, geologi, iklim, sejarah, industri, bahasa, populasi, agama, sumber daya, atau karakteristik lain dari suatu wilayah geografis. Baca jugaPengertian Peta Topografi, Ciri–Ciri, Fungsi, dan Manfaatnya

Your Dictionary

Makna atlas adalah buku peta atau beberapa jenis informasi yang mencakup gambar dan/atau tabel dan grafik.

Macam Atlas

Terdapat beragam jenis atlas, antara lain:

Atlas berdasarkan cakupan wilayahnya

Berdasarkan cakupan wilayahnya, atlas dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  1. Atlas dunia, yaitu atlas yang mencakup hampir seluruh wilayah yang ada di dunia. Atlas ini biasanya digambarkan menurut benua di dunia seperti sub judul Benua Asia, Benua Amerika, Benua Eropa dan lainnya. Pada atlas dunia juga akan digambarkan batas-batas wilayah suatu negara dengan negara lainnya.
  2. Atlas regional, yaitu atlas yang mencakup wilayah regional pada salah satu benua saja, misalnya yaitu Benua Asia, maka atlas tersebut akan menjelaskan tentang Benua Amerika saja beserta negara-negara yang termasuk didalamnya, dan menunjukkan berbagai informasi yang ada di dalamnya.
  3. Atlas nasional, yaitu atlas yang hanya akan memuat informasi mengenai satu negara saja. Isinya akan menjelaskan secara detail mengenai wilayah-wilayah di dalamnya atau tiap provinsinya. Jadi, atlas nasional akan lebih detail dengan berbagai informasi di dalamnya yang juga lebih detail seperti adanya sungai, danau, stasiun, bandara dan lainnya.

Atlas berdasarkan tujuan penggunaannya

Berdasarkan tujuan penggunaannya, atlas dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Atlas anak-anak, penggunannya ditujukan untuk anak-anak sehingga anak-anak akan mudah dalam mempelajarinya. Gambar yang disajikan dalam atlas akan lebih besar disertai dengan warna yang menarik supaya anak-anak tidak mudah bosan.
  2. Atlas sekolah, penggunaannya ditujukan untuk  anak-anak yang masih sekolah SMP maupun SMA. Konten atau isi yang ada di dalamnya lebih disesuaikan dengan materi pelajaran terutama pada pelajaran geografi, biologi, bahasa dan sejarah.
  3. Atlas nasional, atlas ini dapat dikatakan sebagai atlas umum karena penggunaannya ditujukan pada semua orang dan untuk berbagai profesi. Masyarakat umum juga dapat dengan mudah membaca atlas ini karena memang disesuaikan dengan orang awam pada umumnya.

Atlas berdasarkan isinya

Berdasarkan isinya, atlas dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Atlas umum, yaitu atlas yang mencakup berbagai lokasi yang ada di dalam dunia namun hanya menunjukkan peta secara umumnya saja.
  2. Atlas khusus, yaitu atlas yang berisi tema khusus, misalnya peta pertambangan, perikanan, persebaran flora dan fauna seperti flora dan fauna asli Indonesia dan lainnya, sehingga isinya lebih detail dan lebih rinci.

Ciri Atlas

Terdapat beberapasyarat dan ciri yang harus dimiliki oleh atlas yang baik dan benar, diantaranya yaitu:

  1. Mencakup beberapa hal seperti judul, yang memang mencerminkan isi dari atlas tersebut.
  2. Memiliki daftar isi untuk memudahkan pencarian, dan terdapat judul tersendiri di setiap halaman yang berisikan peta.
  3. Menggunakan tata warna pada peta-peta umum yang disesuaikan dengan simbol-simbol yang ada.
  4. Pada halaman depan dicantumkan legenda peta dengan penjelasan mengenai arti dari simbol-simbol di dalam atlas.
  5. Pada halaman akhir memuat indeks berisikan nama-nama terkait yang ada dalam peta.

Contoh Penggunaan Atlas

Atlas (hardcopy) umumnya terstruktur seperti kebanyakan buku referensi lainnya. Di bagian depan atlas biasanya terdapat halaman isi, yang berisi daftar semua peta yang ditampilkan dalam buku beserta letak halamannya.

Isi utama atlas pada dasarnya adalah berbagai jenis peta yang menampilkan apa saja dari seluruh benua hingga kota kecil. Di belakang atlas biasanya ada halaman indeks. Halaman indeks mencantumkan semua negara, kota dan kota yang dapat ditemukan di atlas. Selain itu, dalam atlas biasanya ada referensi halaman, referensi grid (terdiri dari huruf dan angka) dan referensi garis lintang dan bujur.

Berikut contoh-contoh penggunaan atlas, yaitu:

  1. Atlas merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan peta, sehingga dapat digunakan untuk menemukan banyak tempat di dunia.
  2. Atlas dapat digunakan untuk menemukan arah. Atlas juga dapat memuat populasi kota dan informasi geografis lainnya.
  3. Atlas adalah kompilasi berbagai peta dari berbagai daerah di dunia. Ini sangat berharga dalam bidang navigasi dan topologi.
  4. Atlas dapat digunakan untuk menemukan posisi global suatu negara atau daratan dan untuk merekam kedalaman laut dan ketinggian tanah.
  5. Atlas juga penting untuk mendukung proses pembelajaran, misalnya digunakan ketika mengajar sejarah suatu daerah (tentang perang yang pernah terjadi, perubahan cuaca, medan yang tidak dikenal, dampak sejarah, dimana suatu hal terjadi dan siapa yang mengalaminya, efek geografi pada sejarah) dapat membuat studi yang menarik.

Demikianlah rangkaian penjelasan serta pengulasan tentang pengertian atlas menurut para ahli, macam-macam, ciri-ciri, dan contoh penggunaannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta referensi mendalm bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *