3 Jenis Atlas Berdasarkan Tujuannya

Diposting pada

Pengertian Jenis Atlas Berdsarkan Tujuannya

Jenis-jenis atlas pada dasarnya memiliki tujuan dan manfaa masing-masing, maka dari itu pengelompokkan tentang atlas di klasifikasikan dalam bentuk tujuannya masing-masing.  Dapat dikatakan menjadi atlas bilamana memiliki unsur-unsur diantaranya daftar atlas, petunjuk, isi atlas, indeks atlas dan lain-lain.

Informasi geografis yang dapat kita dapatkan dalam membaca atlas dapat berupa tentang informasi pendidikan, sumber daya alam, flora fauna, persebaran penduduk dan masih banyak lagi. Dalam macam jenis atlas sudah terbagi dari mulai jenis atlas berdasarkan isinya, jenis atlas berdasarkan wilayahnya serta atlas berdasarkan tujuannya, kesemuannya itu mempunyai manfaat dan peran masing-masing. Nah pada kesempatan kali ini tulisan ini akan menjelaskan tentang jenis atlas berdasarkan tujuannya.

Pengertian Atlas

Arti atlas adalah sebuah kumpulan peta yang dibukukan menjadi satu dengan maskud tertentu dan bertujuan untuk mempermudah pembacanya untuk memahami.  Atlas memiliki bermacam-macam simbol untuk mendukung penjelasan suatu atlas memang diperlukan simbol baik itu warna ataupun garis. Simbol pada Atlas yang digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur yang memiliki luas dan garis dilambangkan untuk menjelaskan unsur-unsur perairan, jalan, dan lain-lain. Kumpulan peta yang dibukukan itu disebut atlas.

Atlas merupakan kumpulan peta dalam bentuk buku, sebenarnya atlas merupakan kumpulan peta dalam bentuk adalah dalam bentuk penyajiannya. Unsur-unsur yang terdapat di atlas terbagi dari simbol, lokasi dan tempat. Manfaat dari atlas adalah sebagai salah satu cara untuk petunjuk lokasi atau tempat dalam gambaran wilayah.

Jenis Atlas Berdasarkan Tujuannya

Jenis atlas yang sudah terbagi dalam klasifikasi jenisnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manusia. Berikut adalah Jenis atlas berdasarkan tujuannya.

  1. Atlas Referensi

Atlas referensi adalah Jenis atlas yang dibuat untuk kegunaannya dalam menemukan referensi. Jenis atlas referensi ini dibuat berdasarkan tujuannya yaitu untuk memudahkan pembacanya dalam mencari informasi berupa kenampakan letak geografis yang ada di permukaan bumi berserta willayah dan kewilayahanya.

Nah selain itu jenis atlas referensi ini berguna untuk seseorang dalam mencari kepentingan-kepentingan publik. Atlas refrensi digunakan untuk fungsi politik (batas negara) jadi nanti atlas tersebut berisi tentang keadaan dan penampakan dari suatu wilayah tersebut, serta bisa juga atlas refrensi berguna untuk menjelaskan kepentingan perencanaan suatu wilayah dan perjalanan.

  1. Atlas Wisata

Atlas wisata adalah atlas yang berguna untuk menggambarkan tempat atau destinasi wisata di berbagai daerah yang tersebar di dunia.  Pada jenis atlas wisata ini dibuat untuk orang-orang yang membutuhkannnya saja karena tidak semuanya orang juga pasti akan membutuhkan jenis peta ini. Manfaat atlas wisata adalah memudahkan seseorang dalam mencari destinasi wisata yang akan dituju.

  1. Atlas Pendidikan

Atlas pendidikan adalah atlas yang menggambarkan tentang kependidikan dari mulai lokasi, keadaan hingga persebaran sekolah. Jenis atlas pendidikan ini biasanya dibuat oleh pihak lembaga-lembaga pendidikan yang akan meneliti bagaimana persebaran sekolah atau keadaan sekolah di daerah yang dituju.

Nah demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada seluruh segenap pembaca mengenai tentang jenis atlas berdasarkan tujuannya. Semoga dapat memberikan kebermanfaat untuk menambah wawasan sekaligus oengetahuan bagi segenap pembaca dan tulisan ini bisa dijadikan salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.