3 Jenis Atlas Berdasarkan Wilayahnya

Diposting pada

Pengertian Jenis Atlas berdasarkan wilayahnya

Dalam sejarah atlas sebenarnya yunani terlebih dahulu menemukanya, diawali dengan sejarah tentang atlas yaitu ada dewa yang mendongengi bentu permukaan bumi. Perkataan atlas pertama kali digunakan pada tahun 1636. Kata Atlas pertama kali digunakan pada buku yang berjudul sive cosmographicae meditationes de fabrica mundi. Hingga sekarang nama atlas masih populer di kalangan pengguannya

Secara sedehana jenis-jenis atlas mempunyai beragam seperti contoh atlas berdasarkan wilayahnya, atlas berdasarkan isinya dan atlas berdasarkan tujuannya. Nah untuk memperdalam materi tentang pengertian atlas, maka artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian atlas berdasarkan wilayahnya.

Atlas

Arti dari atlas adalah kumpulan arti peta dalam bentuk buku yang menjelaskan tentang planet bumi, akan tetapi atlas juga ditemukan dalam bentuk mutlimedia. Materi tentang atlas mencakup tentang syarat pembuatan atlas, funsi atlas, jenis atlas dan pembagian atlas berdasarkan penjelasannya.

Maka tidak bisa dipungkiri bahwa atlas in berkaitan selalu berkaitan dengan peta dan juga globe, yang artinya adalah kesemuannya saling berkesinambungan. Contoh Atlas Indonesia jadi atlas tersebut menggambarkan Indonesia dalam bentuk buku.

Pengertian Atlas Berdasarkan Wilayahnya

Beberapa macam jenis atlas berdasarkan wilayahnya dijelaskan sebagai berikut:

  1. Atlas Kota

Atlas kota adalah bagian yang paling kecil dari jenis atlas yang berdasarkan wilayahnya. Atlas kota berisi tentang bagiamana keadaan fisik alam di kota, letak tat kota tersebut dan letak beberapa tempat yang ada dikota terkait. danjug segala hal yang berkaiatn dengan kota termasuk juga dalam segi geografis kota maka juga ikut tercantum.

Berbagai Informasi geografi dapat ditemukan di atlas, Misalnya saja atlas kota jadi isi dari atlas tersebut adalah unsur-unsur tentang kota tersebut mulai dari jalan, sungai, bangunan dan lain-lain. Manfaat jenis atlas berdasarkan wilayahnya, termasuk atlas kota adalah seseorang dapat mengetahui tentang kota yang terkait secara mendalam.

  1. Atlas Regional

Beberapa atlas berkonsentrasi pada wilayah tertentu, misalnya, negara tertentu, provinsi atau negara bagian, atau wilayah lain yang ditentukan secara geografis atau budaya dan menggambarkannya secara lebih komprehensif. Atlas regional adalah jenis atlas yang menggambarkan beberapa daerah yang saling berkaiatan atau mempunyai kerjasama dalam segala bidang.

Atlas, yang menggambarkan suatu wilayah, provinsi, atau negara bagian daripada negara tertentu, disebut sebagai atlas regional. Selain atlas referensi umum, atlas regional tidak terbatas pada tampilan lingkungan fisik dan topografi tetapi mendokumentasikan suatu wilayah secara lebih luas. Dengan demikian, topik dapat bervariasi dan mencakup semua bidang subjek geografi fisik dan manusia.

Suatu wilayah atau area dapat bervariasi dari wilayah yang relatif kecil seperti kota hingga sekelompok negara bagian atau bahkan benua. Kebanyakan atlas regional juga dianggap sebagai atlas tematik karena berfokus pada satu tema utama atau bidang subjek. Macam-macam jenis atlas regional misalnya Atlas ASEAN, Atlas EROPA, Atlas ASIA dan lain sebagainya.

  1. Atlas Nasional

Tipe khusus dari atlas wilayah adalah atlas nasional. Sebagai atlas wilayah yang kompleks yang mengacu pada suatu wilayah negara atau negara bagian, atlas tersebut menampilkan informasi tematik terkini tentang lingkungan fisik dan manusia, biasanya dalam rangkaian peta skala menengah hingga kecil.

Pada saat yang sama, atlas negara juga menggambarkan status visualisasi geografis dan teknologi informasi geografis yang digunakan dalam produksinya dan oleh karena itu dapat dilihat sebagai kartu kartografis resmi suatu negara. Biasanya, lembaga pemerintah atau lembaga penelitian mengedit dan menerbitkan atlas nasional, yang sebagian besar ditujukan untuk penelitian, dan bersifat berorientasi pada masalah.

Atlas nasional juga dapat dilihat sebagai kumpulan komprehensif dari pengetahuan geografis terkini dari negara-negara yang mereka dokumentasikan. Bergantung pada desain dan strukturnya, banyak atlas nasional juga ditujukan kepada masyarakat umum untuk meningkatkan kesadaran akan karakteristik khusus suatu negara. Asal usul atlas nasional adalah dibuat guna menjelaskan tentang kadaan nasional mulai dari sumber daya alamnya, persebaran penduduk, tata jalan, sugai, laut dan lain-lain.

Selain itu, atlas nasional memainkan lebih dari satu peran: di satu sisi, atlas memberikan ringkasan komprehensif tentang geografi fisik dan manusia suatu negara dengan menampilkan hasil terkini dari penelitian dan pencapaian geografi dan kartografi; di sisi lain, atlas adalah simbol persatuan dan kemerdekaan politik suatu negara. Oleh karena itu, atlas nasional telah memainkan peran penting dalam pembangunan bangsa.

Karena kompleksitas dan banyaknya kemungkinan tema dan beban kerja terkait, atlas nasional sering kali diterbitkan dalam sejumlah volume terpisah, masing-masing menggambarkan satu tema tunggal (misalnya, demografi, lingkungan fisik, dan iklim). Atlas nasional lainnya diterbitkan sebagai rangkaian lembaran peta tunggal, yang disusun secara berurutan dalam sebuah peti peta.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh segenap pembaca mengenai materi tentang pengertian atlas berdasarkan wilayahnya. Semoga dapat menambah wawasan sekaligus pengetahuan kepada seluruh segenap pembaca dan menjadikan artikel ini sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.