Macam-Macam Pemandangan Alam

Diposting pada

Gambar Pemandangan Alam

Pada hakekatnya seluruh alam semesta ini adalah milikNya, keindahan alam yang diciptakan merupakan anugrah dariNya sehingga sebagai manusia wajib untuk mensyukuri apa yang telah tersedia di alam untuk semua mahluk di bumi dan menjaga pelestarian lingkungan agar keseimbangan alam dapat terjaga. Pemandangan alam yang indah akan menjadi kebanggaan sendiri bagi suatu masyarakat, seperti halnya di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu primadona bagi pencinta wisata karena letaknya yang membentang indah di sekeliling garis khatulistiwa sehingga dari Sabang hingga Merauke memiliki banyak pemandangan indah yang patut dibanggakan, untuk itu banyak para wisatawan yang tertarik dan berkunjung ke indonesia. Selain itu di negara di dunia juga memiliki keindahan alam yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Untuk memperluas pengetahuan kita tentang beragamnya pemandangan yang ada di muka bumi, artikel ini akan mengulas tentang macam-macam pemandangan alam.

Pemandangan Alam

Pemandangan adalah suatu keadaan atau situasi yang terlihat mata dengan nyata yang terjadi dalam bermacam kondisi. Pemandangan alam adalah keindahan yang dapat dipersepsikan manusia dengan nyata dalam bermacam kondisi melalui komponen mata sebagai pancra indra manusia.

Orang secara umum menyukai pemandangan alam, misalnya di pegunungan, pantai, danau, dan lain sebagainya. Suatu wilayah yang memiliki keindahan alam berpotensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat di sekitarnya.

Karena diyakini ataupun tidak dengan dijadikannya suatu pemandangan alam sebagai obyek wisata bisa menjadi salah satu sumber mata pencaharian bagi masyarakat di sekitar, misalnya dengan menawarkan barang maupun jasa wisata. Selengkapnya, baca; Jenis-Jenis Sumber Daya Alam di Indonesia dan Contohnya

Macam-Macam Pemandangan Alam

Jenis-jenis pemamdangan alam yang ada di Indonesia dan dunia, antara lain sebagai berikut:

Pemandangan Alam Pegunungan

Pegunungan merupakan gugusan atu kumpulan beberapa gunung besar dan kecil yang sangat memanjang dan saling menyambung satu sama lain. Pegunungan dibagi menjadi pegunungtan rendah  (yaitu antara 500-1.500 m diatas permukaan laut) dan pengunungan tinggi (memiliki ketinggian lebih dari 1.500 m di atas permukaan laut).

Untuk membentuk pegunungan dibutuhkan waktu jutaan tahun. Pegunungan terjadi karena adanya gerakan tektonik (gerakan yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan naik turunnya permukaan bumi). Pada syarat peta simbol pegunungan berwarna kuning atau coklat.

Pada umumnya daerah pegunungan memiliki udara yang sejuk. Banyaknya rerumputan dan pohon yang menghiasi sekitar daerah pegunungan akan menjadi nilai plus tersendiri. Keindahan daerah pegungungan akan terjaga apabila manusia dapat merawat tumbuhan dan hewan yang ada di daerah tersebut.

Contoh pemandangan alam berupa pegunungan yang ada di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Gunung Rinjani di NTB
  2. Gunung Bromo di Jawa Timur
  3. Gunung Semeru di Jawa Timur
  4. Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung
  5. Gunung Kerinci di Sumatra Barat
  6. Gunung Jaya Wijaya di Papua
  7. Dan lain sebagainya

Pemandangan Alam Pantai

Pantai merupakan bentuk geografis yang terdori dari pasriryang berada di daerah pesisir laut. Pantai merupakan batas antara daratan dan perairan di pengertian laut. Pada daerah pantai terdapat garis pantai, yaitu pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi pasang tertinggi air laut.

Panjang garis pantai diukur mengelilingi seluruh pantai yang dijadikan sebagai daerah teritorial suatu negara. Perubahan garis laut dapat terjadi karena adanya abrasi sehingga areal daratan menjadi berkurang. Untuk mengurangi abrasi pada air laut dapat ditanamai pohon bakau, hal tersebut sekaligus menjadikan tempat yang sangat bermanfaat untuk binatang serta sebagai tempat berkembang biak jenis ikan-ikan tertentu.

Selain itu terumbu karang juga berguna untuk pemecah gelombang alami, sehingga juga sangat diperlukan kelestariaannya untuk mempertahankan garis pantai.

Contoh pemandangan pantai yang terkenal, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pantai Pink di Lombok
  2. Pantai Kuta di Bali
  3. Pantai Papuma di Jember
  4. Pantai Panjang di Provinsi Bengku
  5. Pantai Parang Tritir (Paris) di Yogjakarta
  6. Dan lain sebaginya

Pemandangan Alam Bawah Laut

Alam bawah laut memiliki pemandangan yang luar biasa. Negara kita, Indonesia memiliki pemandangan alam bawah laut dijadikan sebagai destinasi wisata. Indonesia termasuk dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia. Beberpa wilayah di Indonesia yang memiliki pemandangan alam bawah laut yang dijadikan sebagai destinasi wisata.

Misalnya Taman laut Bunaken yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, Taman Laut terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira dan Taman Laut Wakatobi yang terletak di wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Pemandangan Alam Danau

Danau merupakan cekungan besar di permukanan bumi yang tergenang oleh air tawar maupun air asin dan dikelilingi oleh daratan. Secara umum danau ditemui di daerah pegunungan dan digunakan untuk sarana rekreasi dan olahraga karena paronamanya yang cukup indah.

Selain sebagai keindahan alam danau juga memiliki manfaat yang penting bagi kehidupan mahluk hidup khususnya di sekitar danau.

Contoh danau yang terkenal di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara
  2. Danau Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru di Jawa Timur
  3. Danau Sentani di Papua
  4. Danau Ranau di Provinsi Lampung (Kabupaten Lampung Barat)
  5. Dan lain sebaginya

Pemandangan Air Terjun

Air terjun merupakan formasi geologi arus air yang mengalir melalui suatu formasi batuan yang telah mengalami erosi dan jatuh kebawah dari ketinggian. Terdapat juga air terjun yang merupakan buatan manusia. Biasanya air terjun terbentuk di daerah lingkungan pegunungan yang sering terjadi erosi.

Contoh air terjun yang terkenal di Dunia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Air terjun Niagara di Kanada
  2. Air terjun Nohkalikai di India
  3. Air terjun Dettifoss di Islandia

Pemandangan Alam Sungai

Sungai ialah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sungai juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Beragam kegiatan yang dapat dilakukan ketika berwisata di sungai misalnya arung jeram atau rafting, river tubing dan river boarding.

Contoh sungai di Indonesia yang dijadikan sebagai destinasi wisata alam ini, misalnya Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Sungai ini menyandang predikat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia dengan panjang mencapai 1.141 km, Sungai yang merupakan sungai terbesar yang ada di Kalimantan Timur dengan panjang sekitar 920 km.

Selain pemandangan alam berupa sungai Kapus, di Indonesia ada juga Sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang 750 km, nama sungai tersebut adalah Sungai Musi dengan Jembatan terkenalnya ialah Ampera.

Pemandangan Alam Karst

Karst merupakan bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah karst terutama dibentuk oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Selengkapnya, baca; Pengertian Karst, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Indonesia merupakan salah satu negara yang kawasan karstnya mempunyai nilai yang sangat strategis. Potensi bentang alam karst Indonesia 154.000 km2 setara dengan 0.08% dari luas daratan Indonesia, karst mempunyai potensi yang bukan saja unik dan khas tetapi juga sangat kaya dengan sumberdaya alam baik itu hayati maupun non hayati.

Salah satu kawasan karst di Indonesia yaitu Kawasan Karst Maros Pangkep (KKMP) memiliki tipe menara karst (tower karst) yang terbesar dan terindah kedua di dunia setelah kawasan karst di Cina Selatan seluas ±46.200 ha, dimana ±22.800 ha KKMP termasuk dalam kawasan Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung.

Pemandangan Alam Salju

Salju merupakan air yang jatuh dari awan seperti hujan namun telah membeku menjadi padat. Salju biasanya terjadi di negara yang beriklim sedang dan subtropis, namun sebagai negara beriklim tropis Indonesia juga sering turun salju yaitu terjadi di Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman di Papua.

Selain di Indoensia, pegunungan di Korea ketika musim dingin berubah menjadi pegunungan dengan pemandangan salju yang begitu indah.

Pemandangan Alam Hutan

Hutan merupakan wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Keindahan pepohonan yang ada di hutan juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang menarik, keadaan ini kerapkali dikenal dengan manfaat hutan.

Contoh hutan-hutan di Indoensia yang memiliki keunikan serta keindahan alam dintaranya, yaitu;

  1. Hutan Jawatan Benculuk di Banyuwangi yang menawarkan keindahan pohon-pohon trembesi raksasa yang tertata rapi
  2. Hutan Hutan Trinil berada di Kecamatan Brondong, Lamongan. Bukan hanya rimbun dan segar, namun tempat ini memiliki pohon yang unik. Keunikannya muncul dari tangkai juga batang yang melingkar dan menjalar sehingga lebih mirip dengan akar
  3. Hutan Lumut Gunung Singgalang di Sumatera Barat

Pemandangan Alam Bukit

Bukit merupakan suatu bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan merupakan rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas.

Keindahan alam di perbukitan juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Sebagai contoh bukit yang menjadi obyek wisata di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bukit Belong Gunaksa di Bali
  2. Bukit Panguk Kediwung di Yogjakarta

Demikianlah serangkaian penjelasan serta pembahasan tentang macam-macam pemandangan alam di Indonesia dan Dunia yang terkenal sangat indah, semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *