Tumbuhan Langka di Indonesia

Diposting pada

Tumbuhan Langka di Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah satu golongan dalam pengertian negara berkembang yang bertajuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dikatakan kesatuan karena di Indonesia itu sendiri terdapat belasan ribu pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau–pulau hingga membentuk negara Indonesia. Negara kita ini memiliki berbagai macam kekayaan alam secara alami yang tidak akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Kekayaan alam yang ada di negara Indonesia ini beragam, mulai dari kekayaan alam bahan galian, fauna, hingga tanaman yang tersebar di Indonesia. Namun, karena faktor tertentu kita sudah jarang menjumpai beberapa jenis tanaman langka yang ada di Indonesia ini.

Tanaman Langka di Indonesia

Berbagai jenis tanaman langka yang ada di Indonesia bisa menjadi penyebab ancaman dalam macam-macam pemandangan alam. Apalagi jikalau dilihat dari segi manfaat, tumbuhan ini memiliki beregam kegunaan bagi kehidupan manusia pada saat ini. Dengan demikianlah kelangkaan jenis tanaman tersebut dapat kita simak pada ulasan materi sebagai berikut;

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai memilik bau yang mirip dengan tanaman rafflesia arnoldi yaitu bau yang busuk. Perbedaan bunga bangkai dan rafflesia arnoldi adalah bunga Bangka bunganya berwarna hijau dan berbentuk lonjong dengan tumbuh ke atas. Namun rafflesia arnoldi bunganya berwarna merah dan tubuh melebar.

Bunga bangkai merupakan tanaman asli daerah tropis tepatnya di Indonesia yang kita dapat menemukannya secara alami di daerah Kalimantan dan Papua.

Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman yang berbau busuk dan ditemukan di Indonesia. Rfflesia Arnoldi ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1890 di Palembang, Sumatera Selatan. Tanaman ini merupakan tanaman raksasa dengan ukurannya jika mekar mencapai 55 kg dan lebar 3 meter. Tanaman ini mekar setiap 5 tahun sekali.

Kita dapat menyaksikan tanaman langka ini di dalam kebun raya bogor. Namun untuk melihat tanaman tersebut saat mkita perlu menunggunya sekitar 5 tahun sekali dan pada saat mekar jangan harap tanaman ini bunganya akan tercium wangi, melainkan baunya sangat amat busuk. Baca jugaTumbuhan Langka di Dunia

Cendana

Cendana merupakan jenis tanaan khas darerah Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Tanaman cendana sering diburu manusia karena pada tanaman jenis ini seluruhnya bermanfaat dari mulai daun, buah, batang, hingga akar. Cendana sering dimanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai bahan campuran pembuatan parfum.

Pemanfaatan buah cendana serin digunakan sebagai bahan campuran penambahan bumbu masakan, batang pada tanaman cendana dapat dibuat sebagai kerajianan, akar pada tanaman cendana dapat digunakan sebagai obat asam urat, pegal line, nyeri otot, dan lain – lain.

Persebaran alami tanaman cendana dapat kita temukan secara alami di Pulau Jawa tepatnya di lereng Gunung Slamet, lereng Gunung Gede, Lereng Gunung Merbabu, dan Lereng Gunung Lawu.

Damar

Damar adalah tanaman alami khas negara Indonesia yang berbentuk pohon. Pohon dammar dapat dimanfaatkan kayunya untuk bahan dasar pembuatan rumah. Namun karena pertumbuhan pohon dammar yang relatif lama maka pohon dammar saat ini menjadi langka.

Kantong Semar

Kantong semar adalah tanaman karnivora. Disebut karnivora dikarenakan kantong semar ini adalah tanaman pemakan serangga. Kantong semar memiliki buah yang berupa kantong dengan beberapa duri mirip gigi taring disekitar buahnya. Buah pada kantong semar mengeluarkan madu atau semacam nektar yang menjadi daya tarik serangga.

Serangga yang tertarik pada persediaan nektar di dalam buah kantong semar akan masuk ke dalam kantong tersebut. Saat serangga sudah masuk ke dalam kantong buah milik kantong semar maka tumbuhan kantong semar akan menutup katup kantongnya tersebut sehingga serangga akan terperangkap ke dalam kantong.

Serangga yang terperangkap ke dalam kantong akan dicerna kantong semar sebagai makanan bagi tumbuhan tersebut. Jenis serangga yang menjadi makanan kantong semar adalah serangga bersayap berukuran kecil seperti lebah, kecoa, dan lain – lain.

Kantong semar merupakan jenis tumbuhan yang langka karena jumlah persebaran alaminya memang sedikit. Manusia jarang ada yang memanfaatkan kantong semar sebagai tanaman hias karena jumlahnya yang relatif sedikit. Kantong semar persebaran alaminya dapat di temukan di hutan daerah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Seluruh Pulau Kalimantan, Sulawesi bagian tengah, Maluku, dan Seluruh Pulau Papua.

Ulin

Tanaman ulin merupakan jenis tanaman yang memiliki habitat asli disekitaran daerah pantai. Ulin dapat tumbuh dalam pengertian rawa–rawa yang memiliki air asin. Keberadaan rawa air asin itu sendiri hanya terjadi pada saat air laut surut. Jika air laut kembali pasang, maka yang akan terjadi rawa tersebut akan tertutupi oleh air laut dan pertumbuhan tanaman ulin akan terganggu. Keadaan inilah yang menyebabkan tanaman ulin menjadi langka. Baca jugaPengertian Arus Laut, Faktor, Jenis, dan Persebarannya

Anggrek Tebu

Anggek tebu merupakan bunga anggrek yang tumbuh di tanaman tebu. Tebu adalah tanaman pertanian yang diambil batangnya untuk dijadikan gula. Tanaman tebu akan dipanen apabila sudah mencapai ketinggian 1 meter. Padahal bunga anggrek tebu itu sendiri baru akan muncul di batang tanaman tebu apabila batang tersebut sudah mencapai ketinggian 2 meter. Hal inilah yang menyebabkan bunga anggrek tebu menjadi tanaman yang langka.

Tengkawang

Tengkawang merupakan jenis tanaman obat yang memiliki habitat asli di daratan tinggi. Tengkawang dapat hidup pada iklim sejuk yang memiliki ketinggian 1000 sampai dengan 2000 meter diatas permukaan laut. Tengkawang memiliki ciri – ciri yang sekilas mirip dengan daun jeruk. Namun tengkawang tidak memiliki buah. Hanya memiliki bunga yang pada saat mekar berwarna putih.

Pemanfaatan tengkawang dalam dunia medis adalah dengan diambil daunnya. Daun tengkawang tersebut dipercaya mampu untuk menyembuhkan gatal–gatal dengan cara mengoleskan bagian tubuh yang gatal dengan daun tengkawang. Keberadaan tanaman tengkawang menjadi suatu tanaman yang langka karena pertumbuhan tanaman ini relatif lama yaitu hanya sekitar 30 cm per tahunnya. Baca jugaPengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Daun Payung

Daun payung merupakan tumbuhan yang memiliki habitat asli di Pulau Kalimantan dan Papua. Daun payung memiliki ciri – ciri berdaun lebar. Ukuran lebar daun payung adalah berdiameter sekitar 1 meter. Tanaman daun payung sekilas mirip dengan tanaman pohon jati. Perbedaannya adalah jika pohon jati mampu tumbuh hingga 15 meter sedangkan tanaman daun payung hanya mampu tumbuh sekitar 3 meter.

Edelweiss Jawa

Edelweiss jawa merupakan tanaman jenis bunga yang memiliki habitat asli di Pulau Jawa. Edelweiss jawa sekarang ini keberadaan alaminya sudah jarang ditemukan dikarenakan tanaman jenis ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Edelweiss jawa selain merupakan tanaman yang memiliki bunga yang indah tanaman ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena keindahan bunganya.

Bantal Sulam

Bantal sulam merupakan jenis tanaman hias yang memiliki habitat asli di Kepulauan Nusa Tenggara dan Maluku. Bantal sulam memiliki ciri – ciri berbatang, berdaun, dan berbunga yang memiliki ukuran lebar. Pertumbuhan ketebalan batang tanaman bantal sulam ini dapat mencapai 1 meter dengan tinggi mencapai 3 meter. Ukuran kelebaran daun dan bunga bantal sulam ini dapat mencapai diameter 1 meter.

Bayur

Bayur adalah pohon khas daerah pantai. Pohon bayur keberadaannya sekarang sulit ditemukan karena pohon ini sering dimanfaatkan kayunya untuk keperluan bangunan dan kayu bakar. Pohon bayur sekarang ini sedang dibudidayakan di beberapa kawasan pantai yang memiliki kawasan konservasi seperti Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bunaken di Sulawesi Utara, dan Karimun Jawa di Jawa Tengah.

Jelutung

Jelutung adalah tanaman yang berhabitat di hutan tropis. Jelutung keberadaannya saat ini sudah jarang ditemukan karena jelutung banyak diambil tanamannya untuk tanaman hias. Jelutung juga dapat dijadikan sebagai tanaman obat dengan cara diambil daunnya. Manfaat jelutung untuk dunia medis adalah untuk menyembuhkan luka pada tubuh yang tergores luka dengan cara mengoleskan daun jelutung pada bagian luka.

Sarang Semut

Sarang semut merupakan tanaman khas daerah Pulau Papua. Sarang semut memiliki nilai ekonomis tinggi karena membawa efek kesehatan yang beragam. Pemanfaatan tanaman sarang semut adalah dengan cara diambil daunnya lalu dikeringkan. Setelah daun sarang semut kering dilanjutkan dengan menyeduh sarang semut menggunakan air panas seperti saat membuat teh.

Purwaceng

Purwacenga adalah tanaman yang memiliki habitat asli di Pulau Jawa terutama di hutan yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Tanaman purwaceng ini memiliki khasiat yang menarik pria dewasa untuk mengonsumsinya. Purwaceng memiliki khasiat menambah stamina pada pria dewasa agar mampu tahan lama pada saat bercinta.

Demikianlah serangkaian penjelasan atas beragam tumbuhan langka di Indonesia dan manfaatnya yang sudah terancam keberadannya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *