Pengertian Meteoroid, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Meteoroid Adalah

Meteoroid adalah bagian dari adanya benda padat di ruang antar planet sebelum mencapai lapisan atmosfer Bumi. Sebagian besar meteor hasil dari meteoroid diameternya tidak lebih dari beberapa sentimeter. Dalam penggunaan modern istilah meteoroid, bukannya terbatas pada objek yang memasuki atmosfer Bumi, tapi diterapkan pada objek kecil di sekitar orbit Matahari yang memiliki sifat yang sama dengan yang menghasilkan meteor. Ketika sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi, ia melakukan perjalanan dengan kecepatan sangat tinggi-lebih dari 11 km per detik (25.000 mil per jam) minimal, yang berkali-kali lebih cepat daripada peluru yang meninggalkan senapan.

Pemanas gesekan, dihasilkan oleh tabrakan meteoroid yang energik dengan atom dan molekul atmosfer, menyebabkan permukaannya mencair dan menguap serta memanaskan udara di sekitarnya. Hasilnya adalah fenomena bercahaya yang dikenal sebagai meteor atau yang kita kenal dengan bintang jatuh. Sebagian besar meteoroid yang bertabrakan dengan Bumi terbakar di atmosfer atas.

Meteoroid

Meteoroid terbakar di dalam pengertian atmosfer dan jatuh ke Bumi sebagai debu. Setiap hari, sekitar 3000 ton material ruang berdebu jatuh ke Bumi. Meteoroid secara signifikan lebih kecil dari asteroid, dan ukurannya mulai dari butir kecil hingga objek selebar 1 meter. Sebagian besar adalah fragmen dari komet atau asteroid, sementara yang lain adalah puing-puing dampak tabrakan yang dikeluarkan dari benda langit seperti Bulan atau Mars.

Cahaya terang yang terlihat dari puing-puing ruang angkasa adalah hasil dari panas saat memasuki atmosfer planet, dan jejak partikel bercahaya yang dilaluinya disebut meteor, atau dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai “bintang jatuh”. Serangkaian meteor yang muncul beberapa detik atau menit, dan muncul dari titik tetap yang sama di langit, disebut hujan meteor.

Sekitar 15.000 ton meteoroid, micrometeoroid dan berbagai bentuk debu angkasa memasuki atmosfer bumi setiap tahun.

Meteoroid senantiasa berjalan mengelilingi Matahari dalam berbagai orbit dan pada berbagai kecepatan. Yang tercepat bergerak sekitar 42 kilometer per detik melalui ruang di sekitar orbit Bumi. Bumi bergerak sekitar 29,6 kilometer per detik.

Jadi, ketika meteoroid memenuhi atmosfer Bumi secara langsung (yang hanya terjadi ketika meteor berada dalam orbit retrograde seperti Eta Aquarids, yang terkait dengan Komet Halley yang mundur), kecepatan gabungan dapat mencapai sekitar 71 kilometer per detik. Meteoroid bergerak melalui ruang orbit Bumi rata-rata sekitar 20 km per detik.

Ketika meteoroid bersinggungan dengan atmosfer Bumi di malam hari cenderung terlihat sebagai meteor. Jika meteoroid bertahan masuk melalui atmosfer dan mencapai permukaan Bumi, maka disebut meteorit.

Pengertian Meteoroid

Meteoroid adalah batu-batu angkasa berukuran kecil-kecil yang melayang-layang bebas di angkasa dan bergerak cepat. Meteoroid ialah benda-benda kecil di dalam sistem tata surya yang ukurannya lebih kecil dibandingkan asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul. Tatkala meteoroid masuk ke dalam lapisan atmosfer bumi, maka meteoroid tersebut dikenal sebagai meteor.

Meteor merupakan dalah pecahan benda langit yang masuk ke dalam atmosfer bumi dan menyebabkan terjadinya gesekan antara permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi. Proses tersebut menimbulkan sebuah fenomena pijaran api dan cahaya dari kejauhan yang biasa kita sebut dengan fenomena bintang jatuh.

Meteorit merupakan sisa dari meteor yang menyentuh permukaan bumi karena tidak habis terbakar di atmosfer.

Perbedaan ketiga objek benda langit tersebut ditinjau dari segi letaknya yaitu:

  1. Meteoroid       : Terletak di di luar atmosfer Bumi (ruang angkasa).
  2. Meteor             : Terletak di dalam atmosfer Bumi (langit).
  3. Meteorit          : Terletak di permukaan Bumi (tanah, danau atau lautan).

Meteoroid memasuki atmosfer planet (Bumi) karena tertarik oleh gravitasi planet (misal Bumi). Kecepatannya memasuki atmosfer Bumi sangat tinggi. Adanya gesekan dengan atmosfer Bumi tersebut mengakibatkan munculnya pijar dan terlihat seperti cahaya di langit. Ukuran meteoroid mulai dari sebutir biji padi sampai batu besar, yang habis terbakar karena panas gesekan sebelum sampai ke permukaan Bumi.

Pengertian Meteoroid Menurut Para Ahli

Adapun definisi meteoroid menurut para ahli diantaranya yaitu:

  1. International Astronomical Union (Persatuan Astronomi Internasional)

Pengertian meteoroid adalah sebuah benda padat yang berada/bergerak dalam ruang antarplanet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul.

  1. National Geographic

Definisi meteoroid adalah gumpalan batu atau besi yang mengorbit pada pengertian matahari, seperti halnya planet, asteroid, dan komet. Meteoroid, terutama partikel kecil yang disebut mikrometeroid, sangat umum di seluruh tata surya. Mereka mengorbit matahari di antara planet-planet dalam yang batuan, serta raksasa gas yang membentuk planet luar. Meteoroid bahkan ditemukan di tepi tata surya, di daerah yang disebut sabuk Kuiper dan awan Oort.

Meteoroid yang berbeda berjalan mengelilingi matahari dengan kecepatan yang berbeda dan dalam orbit yang berbeda. Meteoroid tercepat melakukan perjalanan melalui tata surya dengan kecepatan sekitar 42 kilometer per detik (26 mil per detik).

Banyak meteoroid terbentuk dari tabrakan asteroid, yang mengorbit Matahari antara jalur planet Mars dan planet Jupiter di wilayah yang disebut sabuk asteroid. Ketika asteroid saling menghancurkan satu sama lain, mereka menghasilkan puing-puing yang hancur – meteoroid.

Kekuatan tabrakan asteroid dapat melemparkan puing-puing meteoroid, dan kadang-kadang asteroid itu sendiri yang keluar dari orbit reguler mereka. Ini dapat menempatkan meteoroid pada jalur tabrakan dengan planet atau bulan.

Meteoroid lainnya adalah puing-puing yang dihasilkan oleh komet saat mereka melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. Saat komet mendekati matahari, “bola salju” dari inti komet menumpahkan gas dan debu. Ekor berdebu mungkin mengandung ratusan atau bahkan ribuan meteoroid dan mikrometeroid. Meteoroid yang ditumpahkan dalam pengertian komet biasanya mengorbit bersama dalam formasi yang disebut aliran meteoroid.

Persentase meteoroid yang sangat kecil adalah potongan-potongan berbatu yang pecah dari Bulan dan Mars setelah benda langit (seperti asteroid atau meteoroid lainnya) memengaruhi permukaannya. Dampak meteoroid mungkin merupakan penyumbang terbesar untuk “pelapukan angkasa”.

Pelapukan angkasa menggambarkan proses yang terjadi pada benda angkasa yang tidak memiliki atmosfer yang lapang, seperti asteroid, beberapa satelit atau bulan, atau planet Mars dan Merkurius. Meteroroids menabrak badan-badan ini, menciptakan kawah dan membuang debu angkasa (lebih banyak meteoroid) kembali ke tata surya.

Kebanyakan meteoroid terbuat dari silikon dan oksigen (mineral yang disebut silikat) dan logam yang lebih berat seperti nikel dan besi. Meteoroid besi dan nikel-besi sangat masif dan padat, sementara meteoroid berbatu lebih ringan dan lebih rapuh.

  1. Wikipedia

Meteoroid diartikan sebagai benda-benda kecil di tata surya yang mempunyai ukuran lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul.

Meteoroid secara signifikan lebih kecil dari asteroid, dan ukurannya mulai dari butir kecil hingga benda seukuran satu meter. Objek yang lebih kecil dari ini diklasifikasikan sebagai micrometeoroids atau debu ruang. Sebagian besar adalah fragmen dari komet atau asteroid, sedangkan yang lain adalah serpihan yang merupakan dampak adanya tabrakan yang dikeluarkan dari benda langit seperti Bulan atau Mars.

  1. New World Encyclopedia

Definisi meteoroid yang diberikan oleh International Meteor Organization (IMO, yaitu sebuah organisasi amatir yang mempelajari meteor) adalah, “Benda padat yang bergerak di ruang antarplanet, dengan ukuran yang jauh lebih kecil daripada asteroid dan jauh lebih besar daripada atom atau molekul.

Royal Astronomical Society telah mengusulkan definisi baru, di mana ukuran meteoroid berada di antara 100 mikrometer (µm) dan sepuluh meter (m).

Ciri Meteoroid

Karakteristik meteorid diantaranya yaitu:

  1. Meteoroid mengelilingi matahari dan terdapat di ruang antarplanet.
  2. Meteoroid tidak tergolong bintang, sebab meteoroid adalah anggota tata surya yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri.
  3. Meteoroid berupa batu-batu kecil yang memiliki diameter antara 0,2-0,5 mm dan massanya tidak lebih dari 1 gram.
  4. Meteoroid berupa semacam debu angkasa yang bergerak dengan kecepatan rata-rata 60 km/detik.
  5. Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi dan bergesekan dengan lapisan atmosfer akan menimbulkan panas dan tampak berpijar. Pada fenomena inilah meteoroid berubah menjadi meteor.
  6. Meteoroid yang memiliki ukuran sangat besar dapat mencapai permukaan Bumi karena tidak habis terbakar dengan panasnya gesekan atmosfer Bumi. Pada fenomena ini, apabila meteoroid menyentuh permukaan bumi maka akan berubah menjadi meteorit.

Contoh Meteoroid

Sebuah meteoroid yaitu 2008 TC3, berdasarkan hasil pengamatan di ruang angkasa bertabrakan dengan Bumi pada 6 Oktober 2008 dan memasuki atmosfer dalam struktur bumi pada hari berikutnya, menyerang daerah terpencil di Sudan Utara. Ini adalah pertama kalinya sebuah meteoroid teramati di angkasa dan dilacak sebelum mempengaruhi Bumi.

Dampak terhadap Bumi 

Ketika sebuah meteoroid melewati atmosfer Bumi, ia memanas karena hambatan udara. Panas menyebabkan gas di sekitar meteoroid bersinar terang. Meteoroid bercahaya ini disebut meteor, kadang-kadang dijuluki “bintang jatuh“. Sebagian besar meteoroid yang memasuki atmosfer Bumi hancur sebelum mencapai tanah. Potongan-potongan yang menyerang permukaan bumi disebut meteorit.

Baik meteor maupun meteorit dapat menjadi bahaya alami bagi komunitas yang terkena dampaknya. Meteor yang sangat besar yang disebut bolides dapat meledak di atmosfer dengan kekuatan 500 kiloton TNT. Meteor ini dan gelombang kejut yang mereka hasilkan dapat menyebabkan luka bakar dan bahkan kematian, serta kerusakan pada bangunan dan tanaman.

Dampak yang sebenarnya, di mana bagian dari batu ruang angkasa benar-benar menabrak Bumi dapat menjadi lebih dahsyat. Sebuah peristiwa dampak tunggal sekitar 65 juta tahun yang lalu, misalnya, kemungkinan menyebabkan kepunahan dinosaurus dan hampir setiap bentuk kehidupan di Bumi.

Nah, demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai pengertian meteorid menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *