Ciri Planet Mars dalam Tata Surya dan Penjelasannya

Diposting pada

Karakteristik Planet Mars

Sistem tata surya kita memiliki matahari sebagai pusat yang dikelilingi oleh planet. Paham ini disebut dengan heliosentris, yaitu bintang (matahari) sebagai pusat tata surya. Mengapa matahari bisa dikatakan sebagai bintang? Hal ini dikarenakan matahari mengeluarkan cahaya sendiri yang dapat dikategorikan salah satu bintang di jagat raya. Berapakah planet yang mengitari matahari? Jumlahnya 8 yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan planet Neptunus.

Sekitar 2 dekade silam, Pluto masih menjadi bagian planet dalam gugusan tata surya. Namun karena beberapa faktor, maka secara resmi Pluto akhirnya dikategorikan dalam planet kerdil. Membahas materi tentang tata surya paling asyik jika mengkaji planet satu-persatu. Pada artikel kali ini penjelasan akan berfokus pada planet mars. Apa pengertian planet mars? Dan karakteristik apakah yang dimilikinya? Ulasannya akan diuraikan pada pembahasannya.

Planet Mars

Planet mars dalam berbagai bahasa dikenal dengan istilah beragam. Bangsa arab menyebut nama lain planet ini dengan julukan Marikh. Sedangkan bahasa sansekerta menamai planet ini dengan nama Anggoro. Nama planet Mars diambil dari bahasa yang digunakan bangsa Yunani, yaitu penamaan dari salah satu dewa perang. Penamaan tersebut dipakai atas dasar warna merah menyala yang dimiliki planet mars.

Merah melambangkan arti keberanian. Dalam peperangan, prajurit dan segala jajaran di atasnya harus memiliki sifat pemberani agar dapat memenangkan setiap peperangan. Warna merah yang terjadi pada planet mars berasal dari tanahnya berupa kandungan besi. Planet mars bisa diamati dengan mata telanjang tanpa menggunakan teleskop. Yaitu pada saat tanggal 15 kalender jawa di sore hari saat langit cerah.

Mars akan menampakkan wujudnya pada barat timur bumi. Bagi orang awam yang tidak mempelajari ilmu astronomi, kenampakan planet mars tersebut terlihat seperti matahari terbenam. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di arah barat. Kenampakan planet mars hanya berkisar beberapa menit sebelum akhirnya lenyap dan digantikan oleh bulan dari arah timur. Planet mars memiliki ciri khas sebagai berikut.

Ciri Planet Mars

Hampir 75% bagian planet mars dipenuhi oleh kandungan besi pada lapisan tanahnya. Sisanya adalah kandungan air. Beberapa pakar astronomi beranggapan bahwa saat bumi sudah tidak layak humi kelak, manusia dapat dipindahkan ke planet mars.

Pernyataan ini didasarkan dari temuan kadar oksigen pada lapisan atmosfer planet mars. Jadi, kandungan yang terdapat di planet mars meskipun sedikit telah memenuhi unsur syarat adanya kehidupan. Ciri lain planet mars terdapat di bawah;

Adanya Tudung Es Kutub

Planet mars memiliki tudung es di kutubnya. Tudung ini dalam istilah internasional disebut polar icecaps. Tudung tersebut berbentuk es yang “memayungi” bagian utara dan selatan planet mars.

Sifat tudung es di kutub planet mars bentuknya tidak tetap. Tergantung pada pergantian musim yang terjadi. Saat pergantian musim dingin menuju panas, tudung tersebut mencair, itulah asal-muasal ditemukannya kandungan air dalam planet mars.

Memiliki 2 Macam Satelit Alami

Satelit alami yang dimiliki planet mars berjumlah 2, yaitu phobos dan deimos. Keduanya ditemukan oleh pakar astronomi berkebangsaan Amerika Serikat bernama Asaph Hall pada tahun 1877. Deimos diambil dari bahasa Yunani yang artinya teror, sedangkan phobos juga berasal dari bahasa Yunani yang artinya rasa takut. Pengambilan makna kata mencekam tersebut dasarnya adalah bentuk satelit yang tidak teratur.

Jangka Waktu Rotasi Hampir Mirip dengan Planet Bumi

Planet mars memiliki jangka waktu rotasi yang hampir mirip dengan bumi. Rotasi adalah perputaran planet pada porosnya untuk meratakan bagian agar terkena sinar matahari secara menyeluruh.

Planet mars mengalami rotasi dengan jangka waktu 24 jam 37 menit. Hampir sama dengan planet bumi yang rotasinya memakan waktu 23 jam 20 menit. Artinya, satu hari dalam planet mars sama dengan satu hari lebih sedikit pada planet bumi.

Jangka Waktu Revolusi 2x Lipat Bumi

Planet mars mengalami waktu revolusi 2x lipat dari planet bumi. Revolusi adalah perputaran planet dalam orbitnya yang merupakan sifat alami heliosentris.

Planet mars dalam melakukan revolusi mengelilingi matahari memakan waktu 687 hari. Bandingkan dengan planet bumi yang hanya membutuhkan 365 hari. Artinya, apabila kita sedang berada di planet mars dalam 1 tahun, usia kita di bumi telah bertambah 2 tahun, dan seterusnya.

Tidak Memiliki Cincin

Planet mars tidak memiliki cincin. Dalam gugusan tata surya, hanya planet saturnus dan Uranus yang memiliki cincin.

Itupun hanya planet saturnus yang cincinnya terlihat jelas. Cincin yang mengitari planet terbentuk dari gas dan debu yang memadat. Sedangkan partikel gas serta debu yang membentuk planet mars tidak terpengaruh dengan medan magnetnya. Maka dari itu tidak ditemukan cincin pada planet mars.

Memiliki Kadar Karbondioksida

Kandungan senyawa karbondioksida yang terdapat dalam planet mars berasal dari gas alam. Gas tersebut diperlukan untuk menyuplai kandungan besi pada tanah. Besi tersebut berbeda dengan yang terdapat di planet bumi.

Partikel padatan tanah yang berubah menjadi besi tidak memiliki medan magnet yang kuat. Sehingga kuat saat berada di permukaan planet mars, namun rapuh jika sudah melewati ruang angkasa.

Ditemukan Padang Gurun

Perusahaan peneliti astronomi asal Amerika Serikat yaitu NASA menemukan hal yang mengejutkan dari planet mars. Yaitu ditemukannya padang gurun. Sifat padang gurun planet mars sama seperti yang terdapat di permukaan bumi, yakni kering dan panas. Pasir-pasir yang terdapat di padang gurun tersebut berasal dari reruntuhan tebing besi yang terdapat di planet mars.

Ditemukan Flora Endemik Bioma Padang Gurun

Penemuan mengejutkan yang diperoleh NASA tidak hanya berupa padang gurun, namun juga flora endemik. Flora endemik adalah tanaman khas yang hanya bisa tumbuh di daerah tertentu. Tanaman yang hidup di planet mars bentuknya unik, yaitu berupa batang besi yang bisa mengeluarkan air. Nama tanaman tersebut adalah Ephyrochelis Marschotis. Tumbuhan tersebut saat dibawa ke planet bumi tidak dapat hidup.

Tertutupi oleh Awan Tebal

Ilmuwan astronomi yang sedang meneliti planet mars menggunakan teleskop biasanya menemui permasalahan, yaitu tertutupi oleh awan tebal. Jenis awan tebal yang menutupi antara planet bumi dan mars ini terbentuk dari partikel gas luar angkasa.

Termasuk dalam Planet Eksterior

Planet mars menempati posisi terdekat nomor 4 dari matahari. Menurut letaknya dengan bumi, planet ini masuk jajaran eksterior. Letaknya setelah bumi berdampak pada suhu yang stabil pada planet mars.

Planet Merah

Planet ini berwarna merah yang berasal dari kandungan besi. Maka sebutan planet merah cocok ditujukan untuk planet mars. Warna merah ini juga nampak terang saat terlihat dari permukaan bumi.

Nah, pembahasan di atas merupakan uraian materi yang menjelaskan tentang karakteristik planet mars dalam sistem tata surya. Semoga artikel ini dapat menjadi sarana edukasi bagi pembaca dalam tujuan menambah ilmu pengetahuan. Sekian dan terima kasih !

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *