Dampak Pencemaran Air di Masyarakat dan Solusinya

Diposting pada

Dampak Pencemaran Air Adalah

Sebesar 2/3 wilayah di struktur bumi adalah perairan. Hal ini mengandung arti bahwa 1/3 wilayah bumi adalah daratan. Air menjadi ciri khas yang dimiliki bumi dibandingkan dengan planet lain yang tidak mengandung unsur air. Air merupakan unsur yang paling penting untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Air termasuk ke dalam sumberdaya alam yang dapat diperbarui karena air jumlahnya tidak akan habis.

Air berguna bagi tumbuhan karena air adalah unsur utama tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Jika tidak ada air maka tumbuhan akan kesulitan melakukan proses fotosintesis. Jika tumbuhan tidak dapat melakukan proses fotosintesis maka kandungan oksigen di dalam bumi akan berkurang.

Penunjang kehidupan dari manusia dan hewan adalah. Air berfungsi untuk kehidupan manusia dan hewan melalui proses meminum. Namun apabila air yang diminum itu telah tercemar maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Pencemaran juga akan dapat mengakibatkan bencana alam banjir. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dampak pencemaran air.

Pencemaran Air

Pengertian pencemaran air adalah kondisional perairan yang sudah tidak terjaga lagi kemurniannya. Air yang tercemar sudah tidak memiliki kualitas yang  bagus. Kualitas air yang menurun dapat menyebabkan berkurangnya nilai fungsi guna air.

Pencemaran air biasanya berawal dari meningkatnya jumlah penduduk di suatu wilayah, hal ini banyak di dasarkan pada ciri-ciri negara berkembang ditunjukkan dari tingginya angka kelahiran. Angka kelahiran yang tinggi disetiap tahunnya dapat menyebabkan laju kepadatan penduduk yang tidak terbendung.

Akibatnya banyak penduduk yang menjadikan bantaran sungai sebagai permukiman. Hal ini dapat merusak kualitas air sehingga menyebabkan pencemaran air karena banyak warga yang membuang sampah di sungai sehingga air dapat tercemar. Selengkapnya, baca; Pengertian Negara Berkembang, Ciri , dan Contohnya

Dampak Pencemaran Air

Adapun penyebab pencemaran air akan berdampak pada hal-hal sebagai berikut;

Mengurangi Kadar Oksigen Bumi

Air dan udara memiliki hubungan yang saling berkesinambungan. Air yang tercemar dapat membawa dampak berkurangnya kadar oksigen yang ada di bumi. hal ini disebabkan karena oksigen dihasilkan oleh tumbuhan lewat proses fotosintesis.

Proses fotosintesis adalah fenomena dimana tumbuhan menghasilkan oksigen sebagai udara yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lain dengan cara menyerap kadar kandungan karbon dioksida di permukaan bumi lalu dengan dibantu dengan sinar matahari dan juga menyerap air maka akan menghasilkan oksigen.

Jika tanah tempat berdirinya tumbuhan terkena dampak pencemaran dengan kata lain kualitas tanah menjadi jelek maka proses fotosintesis akan terganggu. Hal yang sama terjadi apabila air yang diserap oleh tumbuhan kualitasnya jelek maka proses fotosintesis tetap akan terganggu. Gangguan tumbuhan dalam upaya melakukan proses fotosintesis akibat terburuknya adalah berkurangnya kadar oksigen di struktur bumi.

Upaya mencegah pengurangan dari jumlah kadar oksigen adalah memastikan tumbuhan hidup dengan baik dengan cara tidak membuang sampah di sungai dan tetap menjaga kelestarian kualitas air untuk kepentingan bersama.

Membunuh Binatang Air

Pencemaran air dapat membawa dampak buruk yaitu dapat menyebabkan hewan yang hidup di air akan mati. Sebagai contoh ikan yang tinggal di pesisir pantai selatan Pulau Jawa pada tahun 2016 kemarin jumlahnya banyak yang mati. Ikan yang mati tersebut jumlahnya mencapai 5 ton. Setelah dikaji melalui laboratrium maka ditemukan hasil bahwa kematian ikan tersebut diakibatkan karena ikan memakan sampah plastik dalam jumlah yang besar.

Sampah plastik tidak dapat terdekomposisi dengan baik. Artinya adalah sampah plastik dapat terurai hanya dengan cara dibakar. Sampah plastik yang berada di dasar tanah atau di laut tidak akan terurai dengan sendirinya.

Malah jika terkonsumsi oleh binatang laut seperti ikan akan menyebabkan kematian missal pada ikan. Untuk itu menjaga pelestarian lingkungan, terutama kualitas air laut dengan tidak membuang sampah di laut adalah cara terbaik. Baca JugaPengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Menyebabkan Reaksi Kimia

Reaksi kimia yang disebabkan oleh air yang tercemar maksudnya adalah apabila suatu wilayah lautan atau perairan yang lain terkena dampak pencemaran maka jumlah kandungan kimianya akan bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu. Reaksi kimia akan berjalan pesat diiringi dengan jumlah sampah yang mencemari air dalam waktu yang singkat.

Membunuh Tumbuhan Air

Selain dapat membunuh hewan air, air yang tercemar dapat menyebabkan gangguan kehidupan tumbuhan air. Pada dasarnya air merupakan kandungan unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang air. Sama seperti oksigen yang dibutuhkan untuk kehidupan hewan dan tumbuhan darat sekaligus dibutuhkan oleh manusia.

Air yang tercemar akan menganggu kehidupan dari tumbuhan air. Akibatnya apabila air yang tercemar baik itu air laut, sungai, danau, rawa-rawa, jika tercemar dapat membawa gangguan kehidupan untuk tumbuhan air.

Menyebabkan Gangguan Kualitas Tanah

Air yang tercemar dapat menyebabkan lapisan tanah terganggu kualitasnya. Sifat alami tanah adalah menyerap air untuk menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah. Air dengan kualitas baik yang terjaga kemurniannya dapat membawa efek baik pada tanah sehingga tanah menjadi subur.

Sebaliknya jika air yang sudah tercemar diserap oleh tanah maka tanah akan berkurang unsur haranya sehingga mengganggu kesuburan tanah.

Produktivitas Tanaman Terganggu

Sifat alami tumbuhan adalah hidup menopang diatas tanah. Kesuburan tumbuhan bergangung dari kualitas unsur hara tanah. Kualitas kesuburan tanah bergantung pada kualitas air yang diserap untuk menjaga kualitas unsur hara tanah. Air juga akan diserap tumbuhan melalui tanah juga merupakan syarat utama pertumbuhan tanaman.

Jika air yang berada di sekitar tumbuh kembang tanaman memiliki kualitas yang buruk serta tidak terjaga kemurniannya maka yang terjadi adalah tanah mengalami pengurangan kesuburan, tanah yang tidak subur dapat mengganggu produktivitas tanaman.

Mengganggu Kesehatan Manusia

Air adalah benda cair yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Tubuh manusia mengandung kadar air sejumlah 80% dari tubuhnya. Air selalu dibutuhkan manusia setiap waktu. Apabila air yang dikonsumsi manusia telah tercemar maka yang terjadi adalah kesehatan manusia akan terganggu.

Penyakit yang terjadi pada manusia karena mengkonsumsi kualitas air yang buruk akan membawa sakit perut untuk dampak yang ringan dan menyebabkan kanker untuk dampak yang paling berat.

Mengganggu Kesehatan Binatang

Selain dibutuhkan manusia air juga dibutuhkan hewan untuk bertahan hidup. Binatang juga mengkonsumsi air. Air yang telah tercemar dapat mengganggu kesehatan binatang. Maka dari itu penting untuk menjaga kualitas air dan menjaga kemurnian air agar manusia dan binatang dapat hidup berdampingan.

Membawa Bencana Alam

Air yang tercemar dapat membawa bencana alam. Sebagai contoh apabila air sungai tercemar karena banyaknya sampah yang menumpuk di sungai dapat menyebabkan aliran sungai menjadi mampet. Aliran sungai yang mampet tersebut dapat menyebabkan pengertian bencana alam berupa banjir. Selengkapnya, baca; Pengertian Banjir, Jenis, Penyebab, dan Dampaknya

Menjadi Sarang Penyakit

Pencemaran air membawa dampak buruk yaitu air menjadi sarang penyakit. Air yang tercemar menjadi tempat hidup favorit bagi nyamuk. Tidak terkecuali dengan nyamuk Aides Aygepti yang merupakan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

Nah, penjelasan diatas adalah artikel yang berisi materi yang lengkap untuk membahas dampak pencemaran air di masyarakat. Semoga melalui tulisan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi para pelajar Indonesia, terutama yang sedang mencari ulasannya. Terima Kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *